Inspiratif

Yuk, Belajar Menjadi Content Marketer yang Kompeten!

menjadi content marketer

Seiring dengan meluasnya istilah digital marketing dalam dunia bisnis dan pemasaran, membuat istilah content marketer pun semakin dikenal publik. Menjadi content marketer berarti bertanggung jawab sepenuhnya pada pendistribusian dan pemasaran konten hingga sampai ke audiens. Mereka pun adalah orang dibalik tercapainya tingkat brand awareness di publik dan juga perantara komunikasi antara pebisnis dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Baca Juga: Membuat Content Marketing Plan yang Optimal

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara menjadi content marketer, Anda harus mengetahui terlebih dulu mengenai beberapa hal tentang digital marketing.

Menjadi Content Marketer kompeten

Job Desk Dalam Digital Marketing

Content marketing sendiri adalah salah satu bagian dari job desk dalam digital marketing. Berikut ini adalah beberapa job desk dalam digital marketing:

  • Content Marketing; bertugas dalam menciptakan konten berkualitas agar memudahkan audiens mendapat informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Konten yang menarik dan relevan bagi target audiens adalah kunci keberhasilan pemasaran dalam media sosial.
  • Social Media Marketing; tugasnya menjangkau target pasar lewat beragam platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan lainnya. Ini juga merupakan strategi dalam membangun brand awareness produk atau jasa Anda di media sosial, hingga akhirnya mendapat pelanggan.
  • Search Engine Optimization (SEO); melakukan pemasaran lewat mesin pencarian seperti Google, Yahoo, Safari dan lainnya, untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan dengan website bisnis atau perusahaan. Dengan menggunakan SEO, website perusahaan akan berpeluang mendapatkan banyak pengunjung, hingga diharapkan pengunjung situs ini bisa terkonversi menjadi pelanggan atau pembeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
  • Affiliate Marketing; ini adalah metode pemasaran di mana orang akan mendapat komisi karena mempromosikan ataupun menjual produk. Strategi yang dilakukan affiliate marketing ini bertanggung jawab langsung pada pemasaran produk atau jasa Anda. Jadi, metodenya adalah dengan menggunakan jasa afiliasi atau dari orang lain yang terkenal (yang umumnya punya jumlah pengikut yang banyak) untuk membantu mempromosikan produk ke calon pembeli. Contoh affiliate marketing yang sering kita lihat adalah endorsement dan paid promote.

content marketing

Jadi, Apa Itu Content Marketer?

Content marketer adalah orang yang menjalankan content marketing. Dengan kata lain, menjadi content marketer berarti mereka yang menjalankan teknik marketing yang berkaitan dengan pembuatan dan juga pendistribusian konten yang berkualitas, relevan, penting dan konsisten untuk menarik audiens, yang dilakukan dengan tujuan untuk menarik mereka menjadi pelanggan. Mereka juga bertanggung jawab dalam membangun relasi kuat dengan audiensi.

Tugas content marketer ini sangat penting dalam pemasaran, karena mereka adalah orang yang bertanggung jawab langsung membangun kesadaran atau awareness audiens akan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Setelah audiens sudah aware akan produk atau jasa yang Anda miliki lalu tertarik untuk membeli, mereka pun akan melakukan riset terlebih dulu. Riset yang biasanya dilakukan yaitu mencari tau keunggulan produk, keunikannya ataupun apakah mereka memang membutuhkan produk atau jasa tersebut.

Kemudian, mereka tentu akan berpikir kembali sebelum memutuskan membeli. Mereka akan membandingkannya dengan kompetitor bisnis Anda, mulai dari segi harga dan juga kualitas. Lalu, barulah umumnya audiens akan memutuskan membeli bila memang produk tersebut sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Baca Juga: Influencer dan Manfaatnya Untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?

Nah, tujuan utama dalam content marketing adalah menjadikan tahapan-tahapan tersebut menjadi lebih singkat, yaitu aware (sadar) lalu mereka buy (melakukan pembelian). Tugas content marketer lah untuk meyakinkan calon pembeli tersebut untuk langsung ke tahap buy tanpa ragu.

menjadi content marketer

Kemampuan yang Harus Dimiliki Content Marketer

Berikut ini adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh content marketer:

Menjiwai konten yang dibuat

Konten yang dibuat dengan sepenuh hati tentunya akan sampai dengan rasa yang sama ke audiens yang membaca atau melihatnya. Untuk itu, menjadi content marketer harus dapat menjiwai konten yang dibuat, agar energi positif bisa ditularkan pada audiens lewat konten tersebut.

Menjadi editor

Bukan hanya bisa membuatnya saja, tapi content marketer juga harus bisa melakukan editing. Bukan hanya perihal membenarkan kata atau kalimat yang salah saja, tapi juga dapat membuat konten yang mudah dipahami oleh audiens.

Punya rasa empati

Content marketer harus belajar untuk memahami apa yang membuat audiens termotivasi dan apa yang diinginkan audiens. Sampaikan rasa empati ini lewat konten agar audiens pun tergerak untuk melakukan pembelian.

Pandai dan mau melakukan riset

Dibutuhkan riset agar Anda bisa menghasilkan konten yang berkualitas dan relevan bagi target pasar Anda. Terutama bila Anda ingin membuat konten yang original, maka Anda butuh bahan-bahan untuk mendukung argument-argumen yang Anda berikan.

Paham tentang SEO

Skill ini penting sekali untuk para content marketer, karena ini berhubungan dengan konten yang dibuat apa bisa muncul di mesin pencarian, sehingga audiens pun bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah dan jangkauan audiens pun jadi lebih luas. Untuk itu, diperlukan pengetahuan untuk mengoptimalkan SEO ini, mulai dari pencarian kata kunci yang relevan hingga penggunaan tools pembantu yang memudahkan.

Paham penggunaan media sosial

Media sosial adalah salah satu lahan bekerja dari content marketer. Maka dari itu, Anda harus paham penggunaannya dan cara mengoptimalkan pemasaran di media sosial. Seperti bagaimana cara yang efektif untuk mendistribusikan konten, meningkatkan engagement, menambah followers ataupun bagaimana melakukan promosi secara organik dan juga berbayar.

Baca Juga: Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?

Mampu membuat strategi

Sebelum membuat strategi, Anda harus melakukan analisis, misalnya menganalisis pengunjung website perusahaan. Anda bisa memanfaatkan Google Analytics untuk melihat kinerja website Anda. Anda juga dapat melihat jumlah dan aktivitas pengunjung website. Dari situlah, Anda bisa Menyusun strategi apa yang tepat dalam pembuatan konten untuk menarik dan menjangkau audiens lebih banyak dan lebih luas.

Tools Pendukung Untuk Menjadi Content Marketer

Untuk menjadi content marketer yang kompeten di bidangnya, selain butuh skill, Anda juga butuh beragam tools yang akan membantu kerja Anda, yaitu sebagai berikut:

1. BuzzSumo

Menjadi content marketer perlu Buzzsumo untuk melihat tren sosial media

BuzzSumo adalah alat yang bisa membantu Anda lebih mudah dalam menemukan konten yang paling banyak dibagikan pengguna internet. Tool ini berkemampuan dalam mengidentifikasi konten mana yang bekerja dengan baik sesuai niche yang diinginkan. Bila Anda ingin membuat konten yang punya interaksi pengguna yang tinggi, tool ini wajib Anda coba.

2. Evernote

Evernote

Para blogger umumnya bersahabat dengan tool satu ini. Evernote ini dapat melakukan pencatatan ide postingan blog, menyimpan artikel website untuk dibaca kapan saja dengan menggunakan web clipper, dan juga bisa merencanakan strategi pemasaran.

3. Editorial Calendar

Editorial kalender sangat penting untuk kamu yang ingin menjadi content marketer

Tool satu ini akan membantu para content marketer untuk mengatur jadwal dalam membuat dan juga mempublikasikan konten, serta aktivitas produktif lain. Konsistensi dalam posting konten adalah kunci untuk menjaga performa saluran marketing Anda, dan juga membuat interaksi dengan audiens pun lebih tinggi.

Anda dapat menggunakan Editorial Calender di WordPress yang tersinkronisasi otomatis dengan website Anda.

4. Google Keyword Planner

Keyword Tools

Tool ini akan membantu Anda melakukan riset keyword yang populer atau banyak dicari di mesin pencarian. Anda dapat mengekspor hasil riset keyword tersebut ke tabel Excel untuk melakukan Analisa lanjutan.

Dengan tool ini, strategi yang bisa dilakukan yaitu mencari keyword yang banyak dipakai kompetitor, melakukan riset pada keyword tersembunyi, serta menstrukturisasi website dan menemukan target audiens yang tepat di Tab Group Ideas.

Ada pula keyword tool lain yang bisa Anda coba yaitu Keywordtool.io.

5. Yoast SEO WordPress

Yoast

Sebelum mempublikasikan konten, sebaiknya lakukan optimasi terlebih dulu agar konten Anda mudah masuk dalam hasil teratas mesin pencari. Salah satu yang bisa digunakan adalah mengoptimalkan Yoast SEO pada konten, meta description, judul halaman dan juga permalink setiap halaman.

Anda juga bisa memakai Yoast SEO untuk mengatur judul serta meta description website. Dan bisa juga melakukan verifikasi website Anda dengan Google, Bing dan lainnya.

Nah, setelah mengetahui beberapa hal di atas, sekarang saatnya Anda untuk menjadi content marketer yang andal!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *