Inspiratif

Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?

Pernahkah kamu bertanya-tanya tentang apa itu content creator dan mengapa semakin banyak orang yang terjun di dalam dunia content creator?

Pada dasarnya siapapun bisa menjadi seorang content creator. Mulai dari anak-anak hingga orang tua sekalipun bisa menjadi seorang content creator. Maka jangan heran jika content creator lintas usia dengan latar belakang yang berbeda-beda semakin banyak bermunculan. Tentu kamu pun bisa menjadi seorang content creator.

Meskipun menjadi seorang content creator memerlukan langkah yang cukup mudah dibandingkan profesi lainnya, akan tetapi seorang content creator juga dituntut untuk terus meningkatkan dan mengasah skill. Sehingga mereka bisa menjadi seorang content creator yang berpengaruh di tengah masyarakat.

Baca Juga: Ketahui Segala Hal Penting Tentang Content Marketing Bisnis Berikut Ini!

Lalu, apa itu content creator dan bagaimana sih menjadi seorang content creator yang bermanfaat bagi banyak orang lewat ranah digital? Yuk, mari kita bahas!

Apa Itu Content Creator?

Bagaimana menjadi content creator ?

Dilansir dari State of Digital Publishing, content creator sendiri didefinisikan sebagai seseorang yang memiliki tanggung jawab pada setiap informasi yang dibagikan lewat media digital.

Kebanyakan content creator juga memiliki topik khusus sehingga mereka memiliki target audiens tersendiri. Sebut saja Raditya Dika di mana kanal Youtube dan akun sosial medianya banyak yang membahas tentang hal-hal yang dekat dengan anak muda mulai dari soal finance hingga berbagai video yang membahas hal-hal unik dan kreatif.

Nah, jika kamu mampir di kanal Youtube Suhay Salim ataupun Tasya Farasya maka yang konten-konten yang kamu temui akan berhubungan dengan dunia make up dan skincare. Begitu halnya jika kamu mampir di kanal Youtube Najwa Shihab maka kebanyakan video yang akan kamu tonton pada umumnya akan mengarah pada hal-hal yang berbau politik.

Pada dasarnya, kebanyakan content creator tak hanya memiliki satu akun sosial media saja. Mereka cenderung melebarkan sayap ke berbagai jenis akun sosial media yang memiliki banyak target audiens. Salah satu sosial media dengan engagement yang sangat tinggi saat ini adalah TikTok. Maka tidak heran jika banyak content creator yang juga beramai-ramai membuat akun TikTok.

Jeli Melihat Permasalahan

Intinya, untuk menjadi seorang content creator maka kamu harus lebih jeli melihat perkembangan dunia digital saat ini. Menjadi content creator juga tak harus berawal dari menjadi seorang artis, blogger ataupun youtuber seperti kebanyakan content creator saat ini karena tidak semua content creator sukses hari ini berawal dari artis kenamaan ataupun youtuber yang sudah lama populer.

Jika kamu telah memutuskan membuat sebuah video tentang memasak, mendaki gunung ataupun video jalan-jalan lalu menguploadnya lewat sosial media maka secara otomatis kamu pun sudah menjadi seorang pembuat konten. Namun, terlepas dari itu semua, seorang content creator yang paling banyak dicari dan dilirik oleh audiens ialah jenis content creator yang kreatif dan juga unik. Kebanyakan brand ternama dan perusahaan-perusahaan besar pun banyak yang mencari content creator dengan konsep yang unik dan beda dari yang lainnya. Content creator seperti ini dianggap mampu menaikkan promosi dan penjualan produk ataupun jasa sebuah perusahaan.

Bagaimana Menjadi Content Creator Yang Berpengaruh?

Nah, setelah mengetahui apa itu content creator selanjutnya mari membahas tentang bagaimana menjadi seorang content creator yang berkualitas, berpengaruh dan bermanfaat bagi para audiens.

1. Menggali Informasi Baru

Untuk menjadi seorang content creator yang berkualitas maka kamu pun harus tetap rutin melakukan update beragam informasi. Baik itu lewat buku ataupun referensi-referensi terkait dunia digital maupun trend yang banyak di bahas di internet. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas konten yang akan kamu buat untuk para audiens.

2. Menuliskan Setiap Ide

Menjadi Content Creator dengan menuliskan setiap ide yang ingin dibuat

Ide kadang bisa datang kapan saja dan di mana saja. Oleh sebab itu, ketika ide muncul di kepala kamu maka segeralah menuliskannya. Cobalah untuk berhenti melakukan aktifitas sekitar 10 hingga 15 menit saja dalam sehari. Kegiatan ini akan merangsang otak kamu dalam menemukan inspirasi baru.

3. Mempelajari Setiap Audiens

Selain mempelajari industri digital yang terus berkembang, content creator ada baiknya juga mempelajari kebutuhan audiensnya. Karena, pada akhirnya sebuah content yang dilirik banyak orang berawal dari para audiens di sosial media kamu.

Oleh sebab itu, pelajarilah para audiens yang kamu punya. Mulai dari usia, gender, lokasi, keluarga, pekerjaan hingga gaji dari audiens. Dengan begitu, konten yang kamu buat pun akan lebih relate dengan para audiens.

4. Membuat Konten yang Original

Jangan Lupa Membuat Ide Original

Usahakan untuk membuat video, foto ataupun tulisan yang original pada akun sosial media yang kamu punya. Konten yang unik dan punyak khas tersendiri alias tidak menjiplak content creator memiliki nilai tersendiri di mata para audines.

Jika hanya meniru dan menjiplak gaya konten orang lain maka karya yang akan dihasilkan cenderung dikesampingkan oleh para audiens. Temukanlah passion dan gaya khasmu sendiri dalam membuat setiap content.

Baca Juga: Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

5. Membuat Penilaian Dari Kontenmu

Karena dunia digital adalah tempatnya beragam jenis konten dari seluruh penjuru dunia maka kamu pun bisa menjadikan dunia digital ini sebagai tempat penilaian terhadap konten yang kamu buat.

Lewat sosial media, direct dan organic traffic dari konten yang kamu buat maka kamu pun juga bisa menilai beberapa aspek dari konten tersebut. Mulai dari kelayakan publish, jumlah audiens yang menyukai video kamu, hingga banyaknya viewers yang membaca atau menonton konten yang dibuat.

Tak hanya itu saja, lewat penilaian kelayakan konten ini kamu pun bisa membuat konten baru berdasarkan data yang sudah ada sebelumnya.

6. Menjalin Link Dengan Para Content Creator Lainnya

Untuk mengembangkan network kamu dalam dunia digital maka kamu pun perlu yang namanya menjalin network atau link dengan para content creator lainnya. Selain menambah teman baru, menjalin link dengan para content creator lainnya juga akan menambah ilmu kamu dalam membuat konten.

Berkumpul dengan para content creator juga bisa menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran ataupun berdiskusi soal dunia content digital hari ini. Tentu saja bertemu dengan para content creator dari berbagai lini akan menambah ide dan ilmu baru yang berbeda-beda.

7. Buatlah Konten yang Menghadirkan Solusi 

Buatlah Konten yang Menjadi jawaban atas pertanyaan

Tak hanya persoalan unik, menarik dan berbeda saja. Dalam dunia digital ataupun content creator, kamu pun harus menghadirkan solusi dari setiap karya yang kamu buat.

Tidak bisa dipungkiri jika banyak content creator yang hanya mengandalkan posting video saja tanpa adanya solusi dan manfaat yang dihadirkan di dalamnya. Sebut saja beragam video yang muncul demi kebutuhan viral dan eksis di sosial media saja. Tentu seorang content creator yang sukses dan berkualitas tidak menerapkan strategi dan trik seperti ini.

Selain digemari oleh para audiens, konten yang menarik dan berkualitas juga mendatangkan banyak manfaat dan ilmu baru. Oleh sebab itu, jenis konten yang seperti ini lebih dihargai oleh banyak orang dibandingkan jenis konten yang sekedar numpang viral saja.

Baca Juga: 7 Orang Sukses Di Indonesia yang gak Lulus Sekolah

Nah, setelah paham tentang apa itu content creator dan cara menjadi seorang content creator apakah kamu juga sudah siap menjadi content creator selanjutnya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *