Web Development

Responsive Web Design dan Alasan Kenapa Perlu

responsive web design untuk memanjakan pegunjung

Kehadiran website di era digital seperti saat sekarang ini memang sangat diperlukan. Tetapi website bukan sekedar buat lalu sekedar jadi. Tampilan website juga harus lebih menarik. Apa lagi website harus mampu tampil diberbagai device, bukan hanya monitor komputer dan laptop. Disinilah pentingnya responsive web design yang bisa membuat website tampil lebih bermakna.

Kamu perlu tahu bahwa sekitar 94 persen pengguna internet melihat sebuah website berdasarkan desainnya yang responsive. Desain responsive yang dimaksud di sini ialah desain pada situs website yang memudahkan audiens untuk menggunakan atau menjelajahi situs tersebut. Baik itu melalui tablet, desktop hingga lewat smartphone.

Sebuah website yang tidak responsive terhadap beragam device tentu akan membuat banyak penggunanya terganggu. Nah, jika ingin tahu lebih jauh tentang apa itu responsive design beserta kelebihannya, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Rekomendasi CMS Website Terbaik Untuk Membuat Website

Mengenal Responsive Web Design

Responsive web design yang optimal

Semakin berkembangnya teknologi digital memaksa para developer website terus merancang laman website yang lebih update lagi. Semakin banyak jenis gadget yang ada, membuat para developer dan programmer terus menyesuaikan tampilan sebuah website.

Website dengan desain yang responsive bisa dibilang menjadi primadona oleh banyak pengguna. Selain bisa diakses pada berbagai jenis perangkat, website yang telah memiliki desain yang responsive ini juga bisa mendatangkan banyak viewers sehingga bisnis kamu pun bisa memiliki peluang untuk mendapatkan profit yang sangat tinggi.

Secara umum sebuah website yang memiliki tampilan yang responsive pada dasarnya menggunakan CSS atau sering juga disebut dengan istilah Cascading Style Sheets. Fitur yang satu ini juga sering dimanfaatkan untuk mendesain tata letak yang fleksibel di dalam sebuah website. Sebut saja saat kamu menggunakan ponsel, tablet hingga laptop maka website tersebut akan menyesuaikan resolusinya berdasarkan perangkat yang kamu digunakan. Selain itu, responsive web design juga memudahkan para penggunanya untuk beradaptasi baik itu dari segi pengaturan hingga penampilan situs website.

Fungsi Kehadiran Responsive Web Design

Salah satu fungsi penting dari sebuah website yang responsive ialah untuk menghadirkan situs user friendly. Pada umumnya, resolusi gambar adalah fokus utama para developer dalam mengembangkan sebuah website. Jika gambar yang digunakan terlalu kecil maka kualitas gambar yang dihasilkan pun akan menjadi kasar jika ditampilkan pada device berukuran besar seperti pada desktop atau tablet. Begitu pun sebaliknya, jika gambar yang digunakan oleh para developer terlalu besar maka akan berpengaruh pada kecepatan situs atau web.

Oleh sebab itu, elemen desain CSS sangat diperlukan untuk mengatur tata letak serta resolusi gambar untuk setiap perangkat yang digunakan. Tentu desain website yang fleksibel akan mampu beradaptasi dengan berbagai jenis device tanpa harus mengalami loading yang terlalu lama atau pun menghasilkan gambar yang pecah-pecah. Dengan begitu, para pengguna pun bisa mengakses website tersebut tanpa mengalami kesulitan lagi.

Kemudian, kehadiran website yang responsive juga menjadi hal penting bagi para pemilik bisnis di era digital yang semakin berkembang saat ini. Tidak bisa dipungkiri jika banyak pengguna gadget saat ini telah beralih ke jenis device yang lebih canggih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu hal ini akan berpengaruh pada jumlah viewers yang akan berkunjung ke website kamu. Terlebih lagi jika kamu memiliki website bisnis maka website yang responsive adalah salah satu hal yang mutlak untuk mempromosikan bisnis kamu di era digital.

Kelebihan Responsive Web Design

Membuat website responsive

Semakin Banyaknya Perangkat Seluler

Jumlah perangkat seluler yang semakin meningkat tentu berbanding lurus pula dengan banyaknya jumlah pengguna seluler saat ini. Tak hanya itu saja, kebanyakan jumlah traffic website juga dihasilkan dari para pengguna smartphone. Oleh sebab itu, desain website yang responsive pada smartphone memang memiliki hasil konversi penjualan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pengguna desktop.

Biaya Maintenance yang Rendah

Awal mulanya, responsive web design dibuat ke dalam dua kategori yang terpisah yaitu desktop dan seluler. Karena dibuat secara terpisah maka kamu harus mengeluarkan cukup banyak biaya untuk mengurus keduanya. Namun, hanya dengan menggunakan responsive web design kamu tidak perlu repot-repot lagi mengeluarkan banyak biaya karena semua perangkat telah terintegrasi secara lebih mudah tanpa dibedakan menjadi dua kategori.

Meningkatkan User Experience

Saat memiliki sebuah website bisnis maka user experience adalah hal yang perlu kamu prioritaskan. Tampilan situs yang rapi, professional serta mudah digunakan akan memberikan pengalaman yang nyaman kepada para pengguna. Tak hanya itu saja, user experience ini juga berperan besar dalam mendapatkan bounce rate yang tinggi.

Meningkatkan Conversion Rates

Tak hanya meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung, website yang responsive juga berpengaruh besar dalam meningkatkan conversion rate. Mengapa demikian? Ya, karena jika sebuah website tidak berfungsi dengan baik pada smartphone ataupun device sejenisnya maka proses konversi pun akan sulit bahkan hingga tidak bisa dilakukan. Sebuah data juga menunjukkan bahwa sekitar 69 persen orang berbelanja menggunakan gadget mereka. Oleh sebab itu, semakin responsive website design yang kamu miliki di setiap jenis device maka akan semakin banyak pula nilai konversi belanja yang bisa kamu dapatkan.

Sebagai contoh, jika beberapa pelanggan ingin berbelanja di website kamu yang tidak mobile friendly maka tentu besar kemungkinan mereka tidak melanjutkan konversi tersebut. Website yang lambat serta memiliki tampilan yang buruk terutama dalam masalah tata letaknya tentu akan ditinggalkan oleh pelanggan. Terlebih jika desain website bisnis yang digunakan hanya diperuntukkan untuk desktop saja. Jika hal ini terjadi tentu akan lebih menyulitkan banyak pelanggan saat ini yang pada dasarnya telah lebih banyak beralih menggunakan tablet atau ponsel pintar.

Desain website yang tidak mobile friendly tentu menjadi masalah yang harus dituntaskan pelaku bisnis yang belum melek akan pentingnya desain website yang responsive. Oleh sebab itu, saat ini banyak developer atau programmer professional yang diandalkan oleh beragam brand dan perusahaan dalam memasarkan produk mereka lewat website.

Mudah Untuk Dikelola

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika website yang digunakan masih terbagi menjadi dua kategori yaitu desktop dan mobile maka kamu akan mengeluarkan banyak biaya untuk mengurus kedua kategori ini. Selain persoalan biaya, kedua kategori pada website ini juga berpengaruh pada pengelolaan SEO. Situs dengan desain yang responsive pada desktop dan mobile tentu akan lebih memudahkan kamu dalam urusan pengelolaan SEO.

Mampu Bersaing

Website dengan desain yang responsive akan lebih disukai oleh Google. Sehingga laman bisnis kamu pun bisa masuk ke daftar pencarian teratas. Dengan demikian maka kamu pun mampu bersaing dengan para kompetitor bisnis kamu yang lainnya. Situs bisnis dengan laman teratas juga tentu akan memiliki citra baik di mata para pelanggan sehingga akan lebih banyak pengunjung yang akan mampir website kamu.

Baca Juga: Panduan Menghapus Halaman URL Dari Mesin Pencarian Google

Dari ulasan di atas tentu sudah sangat jelas responsive web design adalah prioritas utama oleh para pelaku bisnis. Jika website bisnis kamu masih lemot maka segeralah upgrade ke versi yang lebih responsive dan mobile friendly. Jika Anda masih bingung bagaimana caranya, Anda bisa berkolaborasi bersama Buzzup.id untuk menghadirkan web responsive.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *