Sosial Media

Influencer dan Manfaatnya Untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?

Influencer dan Manfaatnya untuk Bisnis

Perkembangan zaman di era yang serba digital ini setiap individu bahkan sebuah bisnis harus mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman. Muncul berbagai profesi dan bisnis baru terkait dunia digital. Salah satunya adalah influencer yang semakin banyak digandrungi sekian banyak kawula muda terutama pengguna aktif sosial media. Pentingnya influencer dan manfaatnya untuk bisnis

Namun banyak yang belum sadar bahwa profesi satu ini sangat berpotensi untuk menaikkan sebuah brand maupun produk.

Bahkan dengan cara yang tepat influencer dapat membantu meningkatkan omset pada sebuah bisnis, terutama bisnis yang sedang berkembang. Bagi para pelaku bisnis yang sudah lama berkecimpung pada bisnis online mungkin sudah tidak asing dengan profesi ini.

Karena memang influencer dan manfaatnya untuk bisnis sangat menggiurkan. Banyak dari mereka yang menggunakan influencer untuk membantu mendorong pemasaran sebuah produk menuju tingkat yang lebih tinggi. Namun tak sedikit juga pelaku bisnis yang enggan bahkan acuh pada profesi ini.

Padahal jika para pelaku bisnis tersebut tahu, influencer bisa sangat berpengaruh penting untuk menarik opini masyarakat terutama para pengikut atau followersnya didunia maya. Melihat dan menimbang betapa pentingnya influencer dan manfaatnya untuk bisnis. Maka tidak ada salahnya untuk para pelaku bisnis mulai tahu dan mengenal profesi ini.

Baca Juga: Apa itu Content Creator dan Bagaimana Menjadi Seorang Content Creator?

Lalu, apa yang dimaksud influencer itu? Apa saja yang dia lakukan? Mengapa harus influencer? Dan apa sih manfaat dari influencer untuk bisnis berkembang? Sebagai jawaban dari rasa penasaran diatas maka artikel ini akan membahas satu persatu rasa penasaran tersebut.

Apa Itu Influencer?

Apa itu influencer dan pentingnya influencer untuk bisnis

Pengertian influencer sendiri secara umum ialah individu yang aktif didunia maya khususnya sosial media yang dimana konten yang dibuat dapat memberikan influence atau menarik opini masyarakat terutama followersnya sesuai yang diinginkan. Karena konten yang menarik biasanya inflluencer memiliki banyak followers.

Bagi sebuah bisnis influencer sering dijadikan untuk membantu pemasaran dan meningkatkan value sebuah produk kepada masyarakat. Karena pada dasarnya influencer dapat membawa sekian banyak followersnya untuk mengetahui knowledge produk atau jasa dalam waktu yang singkat.

Perkembangan zaman ini banyak bermunculan wajah wajah baru di dunia influencer mereka biasanya berada di beberapa platform seperti sosial media, youtube, blog bahkan hingga dunia hiburan televisi. Memiliki followers hingga ribuan bahkan jutaan menjadi salah satu cirinya.

Influencer biasanya membuat konten pada platformnya secara lebih beda dari orang pada umumnya. Hal adalah cara influencer untuk membangun image pada pengunjungnya untuk meningkatkan jumlah followers. Meraka tak jarang membuat konten dengan cara yang unik, kreatif pastinya sedap untuk dipandang.

Melihat kolam yang luas tersebut para pelaku bisnis harus peka dan dapat menggali potensi dari seorang influencer. Karena memiliki banyak manfaat dengan impact yang cukup besar, jadi sangat direkomendasikan para pelaku bisnis menggunakan jasa influencer

Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba

Jenis Influencer

Secara umum influencer memiliki kesan untuk bisnis adalah sama, yaitu menggiring opini calon pelanggan atau pengunjung laman situs dan media sosialnya untuk membeli atau membangun kepercayaan kepada sebuah produk.

Namun masih banyak yang belum tahu bahwa influencer dibagi dalam beberapa jenis dari jumlah pengikutnya. Berikut ini beberapa jenis influencer yang pebisnis wajib tahu!

1.   Influencer Mikro

Seperti nama jenisnya yaitu influencer mikro memiliki ciri khusus dari jumlah pengikutnya yang berada pada kisaran angka 10 ribu orang bahkan bisa lebih sedikit. Nah bagi para pelaku bisnis yang ingin bekerjasama dengan influencer mikro harus tahu treatment yang tepat untuk pemasaran produknya.

Walaupun memiliki pengikut yang sedikit biasanya malah influencer mikro memiliki kelebihan tersendiri hal ini biasa disebut dengan engagement (keterikatan). Maksudnya adalah pengikut dan influencer memiliki hubungan mungkin teman, saudara  maupun rekan kerja yang bisa diambil kesimpulan bukan pengikut palsu atau real akun,

Dengan begitu biasanya akan lebih berpeluang karena influencer lebih dapat memahami pengikut dan pengikut biasanya lebih aware kepada aktifitas influencer tersebut. Jadi pelaku bisnis dapat menentukan niche (topik) yang sesuai dengan influencer untuk memasukkan nilai produk kedalam konten yang akan dibuat.

2.   Influencer Makro

Jenis-jenis influencer dan manfaatnya untuk bisnis

Lalu yang berikutnya ada influencer makro yang memiliki lebih dari 100 ribu follower pada laman pribadinya. Biasanya influencer ini lebih dikenal banyak orang dalam lingkup lebih kecil daripada selebriti tanah air.

Dengan treatment yang baik influencer makro dapat berpotensi besar untuk memasarkan produk local pride. Treatment yang baik akan membuat produk local pride terliohat lebih eksklusif dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.

Namun bagi para pelaku bisnis harus lebih berhati hati dan memilih dengan teliti. Pastikan followers yang dimiliki adalah real account dengan aktifitas yang aktif dengan begitu pemasaran menggunakan influencer makro tidak sia-sia. Karena dalam majunya teknologi kini pengikut dapat dibeli.

3.   Influencer Premium

Sosok influencer yang satu ini memiliki keistimewaan dari kedua influencer sebelumnya. Hal ini di sebabkan karena kebanyakan influencer premium selain memiliki jumlah pengikut yang banyak, influencer ini juga bisa membungkus knowledge sebuah produk dengan kontek yang apik.

Sehingga dapat lebih efektif meningkatkan jumlah keberhasilan pemasaran sebuah produk. Selain itu jangkauan yang lebih luas dapat melebarkan sayap pada sebuah brand maupun bisnis lebih luas lagi. Misalnya saja pada platform Instagram, influencer ini sering disebut selebgram atau selebritis Instagram.

Keunggulan Influencer Dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Setelah pelaku bisnis mengetahui apa itu influencer dan jenis jenisnya. Selain dapat meningkatkan penjualan, inilah beberapa alasan kenapa pelaku bisnis wajib banget tahu dan menggunakan jasa influencer. Berikut keunggulan influencer dan manfaatnya untuk bisnis.

1.    Memperluas Jaringan dan Pangsa Pasar

Sudah pasti karena memiliki pengikut yang banyak dengan menggunakan jasa influencer dapat memperluas pangsa pasar karena pengikut yang dimiliki bisa saja dari daerah berbeda dengan lokasi pelaku bisnis. Selain itu jaringan pelaku bisnis dapat bertambah dan lingkungan baru bisa jadi pelajaran di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Perbedaan antara Influencer dan Key Opinion Leader

2.    Membangun Rasa Kepercayaan Konsumen Pada Produk

Jika membicarakan influencer dan manfaatnya untuk bisnis pasti tidak lepas dari konten yang dibuat influencer. Melalui ini juga pelaku bisnis dan influencer bekerjasama untuk membangun kepercayaan konsumen kepada produk dengan menyuntikkan knowledge produk melalui sebuah konten.

3.    Membuat Produk Lebih Eksklusif

Dengan bantuan influencer produk yang dijual akan menjadi pusat perhatian dengan cara yang instan. Konsep dan pengambilan gambar yang mendukung akan membuat produk terlihat lebih eksklusif. Hal ini menjadi nilai tambah bagi konsumen.

Ternyata Influencer Sangat Penting Untuk Bisnis

Para pelaku bisnis kini dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer. Karena seperti yang dijelaskan artikel mengenai influencer dan manfaatnya untuk bisnis, dapat disimpulkan influencer dapat menjadi peran penting dalam pemasaran sebuah produk. Dengan  daya pikat, kreativitas konten dan jumlah  follower  yang banyak,  seorang influencer bisa membuat sebuah produk menjadi viral.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *