Marketing

Pelanggan Sering Kabur? Coba Tips Mendapatkan Leads Bisnis

Source: Alltopstartups.com
Mendapatkan leads bisnis potensial dengan mudah

Berbagai cara mendapatkan leads untuk bisnis memang membutuhkan beberapa tips dan strategi yang jitu. Hal ini dilakukan agar konsumen maupun calon konsumen tidak gampang kabur. Leads ini sendiri merupakan orang-orang yang berpotensi besar untuk bisa dijadikan sebagai pelanggan utama bisnis kamu. Namun, untuk menarik para pelanggan-pelanggan ini tentulah tidak mudah.

Sebagai pebisnis tentu kamu butuh yang namanya daya tarik dari produk atau layanan yang kamu tawarkan kepada konsumen. Maka tidak heran jika banyak pelanggan yang beralih ke sebuah produk atau layanan karena menemukan kelebihan atau daya tarik lain dibandingkan produk yang kamu miliki. Oleh sebab itu, lead generation sangat diperlukan untuk mendapatkan leads yang berkualitas. Beberapa metode leads generation yang patut kamu coba untuk manarik pelanggan ialah seperti memanfaatkan sosial media, memberikan diskon, membuat event, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Menarik! Apa itu Start Up dan Bedanya dengan UMKM?

Cara Mendapatkan Leads Bisnis

1. Membuat Landing Page

Tips pertama untuk bisa mendapatkan leads bisnis ialah dengan membuat landing page. Landing page ini sendiri merupakan sebuah halaman khusus yang berisikan semacam form untuk mengumpulkan data konsumen.

Pada halaman ini para konsumen biasanya akan langsung melihat informasi yang lebih detail tentang produk maupun layanan yang ditawarkan. Saat ini landing page lewat website khusus bisnis adalah strategi yang paling banyak digunakan untuk menarik leads. Hal ini dikarenakan landing page akan tetap terus ada pada halaman awal website bisnis kamu sehingga orang-orang dapat dengan mudah memasukkan data atau informasi mereka pada form yang telah disiapkan.

2. Membagikan E-book

Membuat e-book sebagai cara mendapatkan leads
Source: Maxmanroe.com

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba untuk menarik banyak leads ialah dengan membagikan e-book. Startegi yang satu ini biasanya juga diterapkan pada jenis bisnis B2B. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis B2B tidaklah mudah untuk dilakukan alias tidak langsung menghasilkan dengan waktu yang instan. Diperlukan waktu yang cukup lama agar pelanggan atau calon pelanggan benar-benar yakin untuk membeli produk atau layanan tersebut.

Lewat pembagian e-book secara gratis kepada calon pelanggan maka bisnis kamu pun akan meninggalkan kesan professional dan bisa dipercaya. Terlebih jika bisnis yang kamu tawarkan berupa layanan dan juga bersifat teknis, tentu para konsumen akan merasa sangat terbantu dengan e-book yang kamu berikan.

3. Membuat Freebies

Selain membagikan e-book, kamu juga bisa membagikan freebies kepada konsumen dan calon konsumen. Freebies sendiri merupakan konten yang dibuat untuk dibagikan secara cuma-cuma kepada pelanggan. Berbeda dengan konten berupa tulisan di blog ataupun video di berbagai platform sosial media, freebies lebih mengarah kepada konten yang bersifat bisa dicetak di atas kertas. Beberapa contoh freebies di antaranya seperti checklist, worksheet, lembaran panduan singkat maupun poster.

Pada dasarnya, e-book juga termasuk ke dalam bagian freebies ini. Dibandingkan dengan tips menarik leads menggunakan e-book, strategi freebies bisa dibilang lebih efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan proses pembuatan freebies tidak memakan waktu yang lama seperti pembuatan e-book. Tentu konsep konten freebies lebih cepat dan hemat tenaga.

4. Membuat Konten Yang Bersifat Premium

Cara yang satu ini sudah sering digunakan di berbagai portal berita dan majalah online populer dunia. Meskipun kebanyakan media yang menggunakan konten premium ini berasal dari luar negeri akan tetapi beberapa media di tanah air juga mulai banyak yang menerapkannya.

Membuat konten yang bersifat premium bisa dibilang salah satu strategi paling ampuh untuk mendapatkan leads yang berkualitas. Namun, jika kamu memang benar-benar ingin fokus pada pembuatan konten premium ini maka kamu juga harus memberikan konten yang benar-benar berkualitas dari segi informasi dan data yang disajikan. Konten yang dibuat tidak hanya sekedar unik tapi juga yang memberikan pengalaman sekaligus pengetahuan baru untuk para leads. Oleh sebab itu, pembuatan konten premium memang membutuhkan research atau analisis yang lebih mendalam.

Baca Juga: 7 Strategi Social Media Marketing Terbaru 2021

5. Menyediakan Live Chat di Website

Menyediakan live chat pada website bisnis bukan hanya untuk memudahkan konsumen menghubungi kamu. Kehadiran live chat ini juga bisa menjadi ukuran professional dan eksklusifnya layanan yang kamu berikan kepada mereka. Form yang menyediakan kontak dan alamat email juga menjadi strategi yang sangat potensial untuk mendapatkan leads dari para konsumen dan calon konsumen.

6. Manfaatkan Jejaring Media sosial

Memanfaatkan sosial media sebagai ilustrasi

Berbagai platform media sosial saat ini juga menjadi jalan ninja bagi para pelaku bisnis untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Kamu pun bisa memanfaatkan layanan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan TikTok untuk mendapatkan leads yang berkualitas.

Tentu konten media sosial yang kamu bagikan juga harus memiliki kesan ekslusif dan menarik di mata followers. Salah satu cara menarik pelanggan lewat konten yang kamu buat ialah dengan membagikan konten eksklusif secara gratis kepada mereka hanya dengan menyuruhnya untuk meninggalkan alamat email pada kolom komentar.

7. Membuat Event

Event offline berupa workshop atau seminar juga menjadi cara untuk menarik leads. Meskipun di tengah suasana pandemi saat ini event online masih lebih banyak dilakukan akan tetapi, acara-acara offline masih jauh lebih menarik dan lebih interaktif.

Kamu bisa membuat acara semacam ini untuk mendapatkan leads dengan cara membuat form registrasi secara online. Secara otomatis para peserta yang tertarik pun akan langsung masuk ke dalam list leads kamu lewat pendaftaran online tersebut.

8. Giveaway

Giveaway juga menjadi cara yang cukup menarik dalam mendapatkan leads. Berbagai brand ternama saat ini juga sering memakai cara yang satu ini. Tidak bisa dipungkiri, sistem metode giveaway ini adalah salah satu strategi yang bisa mendatangkan leads dengan jumlah yang luar biasa banyak.

9. Metode Referral

Selanjutnya terdapat pula metode referral yang bisa kamu coba untuk menarik para leads. Memang hasil dari metode referral ini tidak bisa didapatkan dalam waktu yang singkat akan tetapi untuk jangka panjang, cara yang satu ini cukup menjanjikan. Nah, perlu kamu ingat juga bahwa metode referral ini adalah program pemberian reward jadi kamu harus memberikan bonus kepada sang pemberi reward. Beberapa bonus yang kamu berikan bisa dalam bentuk kupon, poin ataupun uang.

10. Trial produk atau layanan

Jika produk yang kamu tawarkan berupa layanan maka tak ada salahnya menerapkan opsi trial produk kepada para calon pelanggan. Tentu opsi trial ini sebaiknya kamu gratiskan agar pelanggan lebih merasa terbantu lagi. Jika produk kamu benar-benar dibutuhkan para konsumen pasti mereka akan tertarik membelinya lagi.

11. Kupon diskon

Siapa yang tak suka dengan yang namanya diskon. Cukup menawarkan diskon sekian persen pasti banyak pelanggan yang langsung akan tertarik. Terlebih jika penawaran diskon hanya mengikuti prosedur memasukkan email dan info personal. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk rutin membagikan kupon diskon kepada konsumen bisnis kamu.

Baca Juga: 8 Tips Membuat CTA yang Nendang untuk Konversi

Beberapa tips mendapatkan leads di atas bisa kamu coba nih untuk bisnis kamu. Selain menjalankan tips-tips tersebut kamu juga harus tetap meningkatkan kualitas produk yang kamu jalankan.

Mau dapat informasi menarik tentang digital marketing dan bisnis lainnya? Terus pantengin blog Buzzup.id aja. Kita juga menyediakan layanan digital marketing untuk Anda yang ingin bisnis fokus pada digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *