Marketing

7 Channel Digital Marketing Terbaik Untuk Meningkatkan Performa Bisnismu

Source: foundersguide.com
Channel digital Marketing yang harus digunakan bisnis

Para pelaku bisnis di era digital saat ini sudah seharusnya memanfaatkan digital marketing untuk memasarkan produknya. Digital marketing menjadi strategi yang sangat berpengaruh untuk mendapatkan target pasar yang lebih luas. Terlebih jika bisnis yang kamu jalankan memang berfokus pada bisnis online. Tapi digital marketing bukan sekedar membuat postingan di Instagram atau Facebook saja, ada banyak channel digital marketing yang bisa Anda coba.

Digital marketing memang istilah yang masih baru dan masih sedikit yang menerapkannya pada dunia bisnis, akan tetapi dengan mengaplikasikan strategi digital marketing ini maka kamu sudah selangkah lebih maju dalam mempromosikan produk dan jasa kamu.

Jika kamu masih bingung dengan jenis-jenis channel digital marketing, semoga ulasan berikut ini bisa memberikan gambaran yang lebih jelas untuk kamu.

1. Content Marketing

Channel Digital marketing dengan konten
Source: Optimmonster.com

Content marketing termasuk salah satu tekhnik marketing yang fokus pada pendistribusian konten yang relevan, konsisten dan informative untuk menarik minat pasar. Berbagai brand dan perusahaan sudah banyak yang menerapkan kegiatan marketing yang satu ini. Tujuannya tak lain dan tak bukan ialah untuk menarik perhatian para audiens di dunia digital.

Sesuai namanya yaitu content marketing maka kamu pun harus memiliki konten untuk dipasarkan. Tanpa adanya konten maka tak ada yang bisa menarik perhatian para konsumen. Sebut saja jika kamu memiliki akun bisnis Instagram tapi tidak pernah memposting berbagai produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tentu hal ini menjadi langkah yang sia-sia dalam pemasaran digital.

Oleh sebab itu, kamu harus paham betul bagaimana mendapatkan target pasar di dunia digital saat ini. Salah satunya ialah dengan memanfaatkan akun sosial media yan kamu punya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, akun sosial media saja tidak cukup tanpa adanya produk yang ditawarkan di dalamnya. Kamu perlu memahami bahwa content marketing memiliki 3 elemen penting untuk bisa bersaing dengan bisnis lainnya di dunia digital saat ini.

Tiga hal yang harus ada dalam content marketing tersebut ialah penting, relevan dan konsisten. Sebelum memposting sesuatu di akun sosial media kamu, pastikan jika postingan tersebut memang penting dan bermanfaat untuk para followers. Postingan juga harus relevan dengan bisnis yang kamu tawarkan. Jangan sampai kamu memposting hal-hal yang berbau personal padahal akun sosial media yang kamu kelola lebih berfokus pada bisnis. Hal penting lainnya ialah harus konsisten. Karena telah memutuskan untuk memasarkan produk lewat dunia digital maka kamu pun harus rutin mempromosikan setiap produk yang kamu punya. Konsisten dalam membagikan content juga merupakan salah satu cara untuk bersaing dengan kompetitor lainnya.

Pastikan pula content-content yang kamu buat menarik di mata followers. Mulai dari foto produk hingga caption adalah hal yang benar-benar perlu kamu perhatikan.

2. Email Marketing

Meskipun terkesan kuno dan ketinggalan zaman, akan tetapi penggunaan email marketing masih tetap efektif dilakukan oleh banyak perusahaan hingga hari ini. Bahkan, email marketing memiliki tingkat keberhasilan lebih tinggi jika dibandingkan dengan melakukan promosi lewat akun sosial media.

Email marketing memang termasuk strategi marketing yang sudah sangat lama digunakan akan tetapi masih tetap relevan dengan dunia marketing saat ini. Oleh sebab itu, banyak pelaku bisnis yang tidak meninggalkan strategi marketing yang satu ini. Salah satu cara untuk meningkatkan promosi lewat email ini ialah dengan membuat newsletter yang unik dan menarik kepada para audiens.

Baca Juga: Panduan Email Marketing untuk Bisnis yang Perlu Diterapkan!

3. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization atau SEO adalah channel digital marketing yang mengandalkan optimasi pada mesin pencarian. Para pelaku bisnis yang ingin memperluas skala pemasaran produk dan jasanya memang sudah seharusnya memiliki situs webnya sendiri.  Namun, memiliki situs web dengan desain yang menarik sekalipun akan dirasa percuma tanpa adanya SEO di dalamnya.

Optimasi pencarian adalah hal penting untuk bisa meningkatkan viewers yang berkualitas dan ideal. Mengapa penerapan SEO itu penting? karena saat ini semua kalangan masyarakat masih mengandalkan mesin pencarian untuk menemukan berbagai hal yang mereka inginkan termasuk pencarian sebuah produk ataupun layanan.

Penerapan SEO ini berfokus pada mendapatkan trafik yang tinggi dan hasil pencarian yang organik. Dengan menerapkan SEO ini maka website bisnis kamu bisa berada di posisi paling atas di halaman pencarian seperti Google. Tentu hal tersebut menjadi peluang yang sangat besar untuk meningkatkan promosi penjualan.

Namun, untuk meraih rangking teratas sebuah mesin pencarian juga diperlukan yang namanya teknik atau strategi SEO. Secara umum SEO sendiri bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu SEO on page yang fokus pada konten yang kamu buat dan SEO off page yaitu optimasi mesin pencarian dari luar konten wesbite. Nah, untuk menjalankan teknik-teknik ini maka kamu perlu mengandalkan jasa pakar SEO di dalam bisnis kamu.

4. Affiliate Marketing

Selanjutnya kamu juga bisa mengandalkan metode affiliate marketing untuk meningkatkan promosi penjualan. Pada dasarnya metode yang satu ini mengacu pada pendapatan komisi lewat produk atau layanan sebuah perusahaan. Biasanya beberapa situs melakukan kerja sama untuk mendapatkan keuntungan masing-masing.

Simplenya, affiliate marketing adalah konsep pemasaran produk atau layanan di mana kamu bisa mendapatkan komisi atau bonus jika berhasil mempromoskan suatu produk dari sebuah perusahaan atau brand. Saat ini sudah banyak brand yang melakukan kerja sama dengan para influencers di sosial media dengan menerapkan metode affiliate marketing ini.

5. Social Media Marketing

Social media marketing
Source: Aqi.co.id

Social media marketing adalah hal yang tidak bisa ditinggalkan di zaman yang serba digital. Pemasaran produk berbasis sosial media ini sudah berhasil meningkatkan banyak penjualan para pebisnis hingga hari ini.

Untuk bisa menarik perhatian audiens agar membeli produk dan layanan kamu maka diperlukan konten unik dan kreatif. Foto produk, caption hingga pelayanan yang cepat dan ramah adalah hal penting dalam memasarkan produk di sosial media.

Pengguna sosial media yang terus meningkat menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para pebisnis online. Berbagai jenis platform sosial media bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk kamu. Jika dulu orang-orang hanya mengandalkan Facebook dan Instagram untuk berjualan, maka saat ini kamu juga bisa memanfaatkan platform TikTok yang telah memiliki banyak pengguna hari ini. Buatlah konten-konten yang menarik lalu unggah di akun sosial media kamu.

Baca Juga: 7 Strategi Social Media Marketing Terbaru 2021

6. Google My Business

Kamu juga bisa memanfaatkan platform Google My Business untuk mengelola bisnis online kamu. Platform yang satu ini dikenal sebagai metode tercepat dan paling mudah bagi para pebisnis untuk memasarkan produk dan jasanya. Lewat dasbor Google My Business maka kamu sudah bisa mengelola berbagai informasi terkini soal bisnis kamu.

7. Pay-Per-Click

Pay-per-click juga turut meramaikan strategi digital marketing hari ini. Para pemilik situs akan diberikan bayaran setiap mendapatkan klik pada link iklan dari para pengunjung situsnya. Kemudian, para penayang iklan ini akan memberikan bayaran kepada penerbit iklan seperti Google, pemilik situs web dan juga akun sosial media.

Menerapkan ketujuh channel digital marketing di atas tentu akan mendapatkan keuntungan dalam bisnis kamu. Karena digital marketing memiliki jangkauan yang sangat luas maka target pasar bisnis kamu pun juga akan semakin berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *