Marketing

Cara Memulai Affiliate Marketing: 3 Program Affiliate yang Bisa Kamu Coba

Cara menjadi Affiliate marketing dan berbagai keuntungannya

Mungkin kamu sudah sering mendengar istilah affiliate marketing tapi belum benar-benar memahaminya. Mungkin kamu juga sudah sering mendengar mengenai cara mendapatkan uang dari affiliate marketing tapi tidak tahu caranya. Bagaimana cara memulai affiliate marketing? Cara ini juga bisa diterapkan oleh pelaku bisnis loh.

Berikut ini Meets akan membagikan semua hal yang perlu kamu tahu mengenai affiliate marketing dan cara memulainya.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah salah satu cara mendapatkan uang dengan sistem komisi. Cara kerjanya cukup sederhana. Kamu mempromosikan suatu produk/jasa dari brand/perusahaan tertentu dan kamu akan mendapatkan komisi ketika berhasil membuat orang membeli produk/jasa tersebut.

Di sini terlihat jelas perbedaan antara affiliate marketing dengan pasang iklan. Ketika kamu menawarkan space untuk pasang iklan, biasanya tarif dikenakan berdasarkan durasi waktu atau frekuensi penayangan iklan. Sementara di affiliate marketing kamu baru akan dibayar ketika ada orang yang benar-benar membeli produk/jasa melalui link kamu.

Sistem ini sering disebut juga dengan revenue sharing, atau berbagi keuntungan antara pemilik produk dengan pelaku marketing yang turut mempromosikan produk/jasa mereka. Affiliate marketing adalah jalan tengah yang menawarkan win-win solution baik bagi pemilik bisnis maupun kamu sebagai pelaku marketing.

Kalau kamu memiliki produk yang ingin kamu tingkatkan penjualannya, kamu bisa mencoba program ini. Sebaliknya, kalau kamu tidak memiliki produk dan sedang mencari cara untuk mmendapatkan uang, maka bergabung dengan program affiliate marketing bisa menjadi sesuatu yang layak kamu coba.

Baca Juga: Apa itu Buyer Persona Dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Pihak yang Terlibat Dalam Affiliate Marketing

Dalam affiliate marketing, ada setidaknya empat pihak yang terlibat yaitu merchant, publisher, customer, dan network. Kita akan bahas satu per satu di bagian berikut:

1. Merchant

Dalam hal ini mengacu kepada pemiliki bisnis yang memiliki produk/jasa untuk dipromosikan. Merchant bisa berupa brand besar atau bisnis mandiri yang menyediakan produk/jasa. Mereka tidak perlu terlibat terlalu jauh dalam proses marketing. Mereka hanya perlu memiliki produk/jasa untuk dijual.

2. Publisher

Publisher atau affiliate adalah orang yang turut terlibat dalam aktivitas pemasaran produk/jasa. Misalnya kamu berminat untuk mencoba affiliate marketing maka kamu bertindak sebagai publisher di sini. Kamu tidak akan mendapatkan gaji tetap sebagai tenaga marketing. Kamu baru akan mendapatkan komisi setiap kali berhasil menjual produk/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu kamu juga dituntut untuk memiliki skill marketing yang baik jika ingin mendapatkan banyak komisi.

3. Customer

Customer adalah pembeli yang membeli produk/jasa tersebut. Kamu bisa menemukan customer dengan berbagai cara. Kamu bisa membuat website atau blog dan menaruh link affiliasi di web/blog kamu. Atau kita sering juga melihat Youtuber yang meletakkan berbagai link affiliasi di kolom deskripsi mereka.

4. Network

Network adalah jaringan yang menyediakan program affiliasi. Sebenarnya bersifat optional alias tidak harus ada dalam proses affiliasi. Namun network bisa membantu menghubungkan pemiliki produk/jasa dengan publisher. Biasanya network juga bisa membantu berbagai proses yang memudahkan baik pemilik bisnis maupun publisher.

Cara Menjadi Affiliate Marketer

Cara Menjadi Affiliate Marketing dengan mudah dan kaya
Source: Jubass.com

Setelah kita tahu apa itu affiliate marketing, sekarang tiba saatnya kita membahas bagaimana cara memulai program affiliate marketing. Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu coba untuk mendapatkan uang dari affiliate marketing:

1. Memiliki Platform

Langkah pertama dari cara memulai affiliate marketing adalah kamu perlu memiliki platform untuk mempromosikan bisnis yang kamu dukung. Platform ini bisa bermacam-macam mulai dari website sampai media sosial.

Sebelum memulai program affiliate marketing, kamu perlu membangun audiens terlebih dahulu supaya nanti saat kamu memulai program kamu sudah memiliki target market dan kemungkinan kamu melakukan penjualan akan lebih tinggi.

Baca Juga: Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

2. Memilih Produk yang Sesuai

Setelah itu, kamu perlu memilih produk-produk yang memang sesuai dengan niche konten kamu. Misal kamu adalah seorang beauty creator dan membuat banyak konten kecantikan dan makeup, tentunya akan sangat aneh kalau kamu malah mempromosikan sparepart kendaraan dan oli samping.

Pilihlah produk-produk yang sesuai dengan konten kamu karena audiensmu pasti mengikuti konten kamu karena tertarik dengan tema tersebut. Ketika kamu mempromosikan produk yang sesuai maka kemungkinan audiensmu membelli produk akan lebih tinggi.

3. Menemukan Program Affiliasi

Setelah kamu mempunyai platform dengan niche yang jelas, memiliki audiens tertarget, dan juga sudah memilih produk apa saja yang ingin kamu tawarkan, maka sekarang saatnya kamu menemukan program affiliasi yang tepat untuk kamu.

Ada banyak program affiliasi marketing yang bisa kamu coba. Beberapa program affiliate menetapkan seleksi ketat bagi pendaftar. Jadi sebelum mendaftar kamu harus mempelajari dengan seksama aturan dan syarat-syarat yang mereka tetapkan. Kemudian pastikan kalau kamu memenuhi semua syarat untuk menjadi partner affiliate mereka.

4. Mengedukasi Calon Customer

Langkah yang ketiga adalah kamu harus mengedukasi customer. Edukasi sendiri merupakan salah satu strategi marketing yang banyak digunakan. Dengan mengedukasi audiensmu mengenai produk/jasa yang kamu pasarkan, maka calon pembeli akan merasa mendapatkan manfaat sehingga tertarik untuk membelinya.

Kamu bisa memberikan edukasi ini dengan cara-cara yang halus seperti misalnya dengan membagikan tutorial atau review kemudian kamu sebutkan produk-produk yang kamu gunakan mengarah pada produk yang kamu pasarkan.

Program Affiliate yang Bisa Kamu Coba

Berikut ini daftar program affiliate yang bisa kamu coba:

1. Amazon Associates

Salah satu program affiliasi yang banyak dilakukan karena Amazon menjual produk dengan range niche yang sangat luas dan beragam. Selain mendapatkan komisi penjualan, kamu juga bisa mendapatkan komisi ketika audiensmu mendaftar uji coba gratis. Kamu harus tahu bahwa Amazon menetapkan tarif komisi yang berbeda untuk setiap kategori produk. Beberapa kategori dengan rate paling tinggi yaitu 10% adalah produk-produk kecantikan, fashion, dan Amazon Coins.

2. Shopify Affiliates

Shopify adalah platform e-commerce dengan berbaagai fitur menarik yang bisa kamu manfaatkan sebagai strategi pemasaran. cara kerja Shopify memberikan komisi berdasarkan paket yang berhasil terjual. Untuk paket standar, kamu akan mendapatkan 58 USD sedangkan untuk paket Shopify Plus, kamu bisa mendapatkan komisi sebesar 2.000 USD.

3. eBay Partner Network

eBay adalah salah satu marketplace tertua dan paling terpercaya. Setelah puluhan tahun beroperasi, eBay mewadahi lebih dari 1,1 milyar brand terbaik dari berbagai niche yang bisa kamu pilih. eBay Partner Network juga memberikan komisi cukup tinggi yaitu sekitar 50-70% dari keuntungan.

Itu tadi adalah daftar program affiliate paling terkenal dan paling banyak digunakan oleh para content creator. Selain program-program tersebut, tentunya di luar sana masih banyak sekali program dan network affiliate marketing yang bisa kamu cari dan sesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.

Kalau kamu baru mulai, tidak ada salahnya bergabung dengan affiliate network. Meski tidak harus, tapi sebenarnya bergabung dengan affiliate network akan sangat bermanfaat untukmu. Keberadaan network tidak hanya bisa membantumu menemukan produk/jasa untuk ditawarkan, tapi juga mengatur program mulai dari penentuan tarif sampai mekanisme pembayaran.

Mereka juga biasanya membantumu untuk membuat link unik penjualan kamu. Singkatnya, network akan membantumu mengatasi berbagai hal supaya kamu bisa fokus pada optimasi konten dan penjualan.

Demikian pembahasan mengenai affiliate marketing dan cara untuk memulainya. Setelah membaca artikel ini kamu bisa langsung memulai program affiliate kamu sendiri. Dapatkan informasi menarik lainnya mengenai digital marketing hanya di Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *