Membuat landing page mobile friendly sangat penting untuk sebuah website bisnis. Fitur mobile friendly tak hanya mampu meningkatkan traffic tetapi juga untuk memudahkan para pengunjung dalam mengakses website tersebut.
Para pelaku bisnis yang memiliki website atau online shop sangat perlu mengoptimalkan websitenya menjadi website yang mobile friendly. Dengan demikian, para konsumen akan lebih betah saat mengaksesnya.
Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu landing page mobile serta bagaimana cara membuatnya, maka silahkan mengikuti ulasan selengkapnya lewat artikel berikut ini.
Baca Juga: Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis
Perbedaan Landing Page Dan Homepage
Sebelum membahas tentang cara membuat landing page yang mobile friendly, mari mengenal perbedaan dari landing page dan homepage terlebih dahulu. Homepage sendiri merupakan halaman depan pada sebuah website dan pengunjung akan langsung diarahkan ke bagian homepage ini saat pertama kali mengetikkan nama domain di halaman pencarian. Adapun landing page ialah salah satu halaman pada website yang berdiri sendiri dan menjadi halaman pertama yang dituju dari pihak ketiga, sebut saja dari iklan PPC, media sosial ataupun lewat email marketing.
Tujuan utama homepage pada dasarnya ialah agar pengunjung bisa langsung memahami tujuan bisnis Anda secara menyeluruh. Website dengan homepage yang rapi dan menarik juga akan memudahkan pengunjung dalam mengeksplor halaman-halaman penting lainnya di dalam website seperti halaman About Us, Contact Us dan lain-lainnya.
Berbeda dengan homepage, landing page sendiri lebih bertujuan untuk mendapatkan conversion. Link yang ada di laman landing page tak sebanyak homepage karena desain dari landing page ditujukan agar pengunjung bisa langsung membuat keputusan pembelian saat berada di dalam website. Oleh sebab itu, landing page sangat cocok digunakan bagi para pelaku usaha online.
Cara Membuat Landing Page Mobile Friendly Gratis
Platform WordPress telah menyediakan plugin tersendiri dalam pembuatan atau kustomisasi tata letak website tanpa perlu coding lagi. Sehingga, Anda hanya perlu menarik beberapa elemen tertentu yang diinginkan pada WordPress. Adapun tutorial atau cara membuat landing page secara gratis menggunakan WordPress ialah sebagai berikut.
1. Install WordPress
Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan menginstall WordPress terlebih dahulu. Untuk memiliki halaman atau landing page secara mudah dan tentu saja gratis maka Anda perlu menginstal WordPress.
2. Install Page Builder
Jika Anda menggunakan worpress, sangat wajib untuk menginstall page builder. Page builder akan membantu Anda membuat tampilan website lebih menarik dibandingkan dengan lainnya. Anda bisa menginstall beberapa page builder yang disediakan secara gratis atau berbayar oleh wordpress.
3. Membuat Kerangka Landing Page
Pada tahapan ini silahkan membuka menu Pages > Add New untuk membuat kerangka landing page pertama Anda. WordPress sendiri telah menyediakan banyak tema template page builder atau template full width. Semua jenis template tersebut kompatibel dengan plugin landing page yang diinginkan. Jika tema WordPress yang Anda pilih tidak mempunyai full width maka Anda juga bisa membuatnya menggunakan platform Beaver Builder.
4. Mengubah Konten Landing Page
Setelah kerangka landing page telah dibuat maka Anda bisa mengedit elemen-elemen yang diinginkan pada template tersebut. Untuk menambah atau mengurangi item kolom pada template, Anda cukup mengklik tombol Add. Selanjutnya, Anda juga bisa berpindah ke tab module. Tab Module Beaver Builder ini membantu Anda dalam mengganti teks, warna background, gambar, heading, tombol, video, audio, countdown timer hingga mengganti lebar dan tinggi kolom.
5. Mengoptimalkan CTA Landing Page
Call to Action atau CTA juga perlu ada pada setiap halaman landing page website-website bisnis online. CTA berisikan instruksi untuk mempengaruhi pengunjung sehingga mereka melakukan instruksi tersebut. Contoh CTA yang menarik ialah “Ayo, Pesan Sekarang Juga!”.
Tips Membuat Landing Page Mobile Friendly yang Menarik
1. Desain Rapi dan Bersih
Tampilan halaman yang terstruktur dan rapi sangat berpengaruh besar terhadap peningkatan traffic pengunjung pada website Anda. Landing page yang rapi dan juga bersih tentu akan lebih disukai oleh para pengunjung jika dibandingkan dengan halaman yang memuat terlalu banyak fitur-fitur. Gunakanlah warna yang enak dipandang serta gambar yang menarik. Jangan menggunakan perpaduan warna yang terlalu mencolok karena hal ini hanya bisa membuat banyak pengunjung kabur dari website bisnis Anda.
2. Minimalis
Terkadang halaman website yang terlalu ramai justru membuat pengunjung tidak betah berada di halaman tersebut. Informasi yang disajikan dengan jumlah yang sangat banyak tidak akan efektif untuk meningkat traffic pengunjung. Oleh karena itu, buatlah tampilan halaman yang singkat, padat dan tepat sasaran.
3. Manfaatkan Header untuk Promosi
Untuk mendapatkan keuntungan lebih maka manfaatkanlah header website Anda untuk melakukan promosi. Tawarkanlah promo-promo menarik yang membuat pengunjung langsung melakukan pembelian pada website bisnis Anda.
4. Tampilkan Trust Signal
Trust signal merupakan kumpulan testimoni dari para pelanggan yang berbelanja di toko online Anda. Menghadirkan trust signal di halaman website Anda termasuk cara yang efektif untuk mendatangkan banyak pelanggan. Mengapa? Karena dengan banyaknya testimoni dari orang-orang maka orang lain akan percaya pada citra dan nama bisnis Anda. Sehingga mereka pun tidak akan ragu untuk berbelanja.
5. Buat Form yang Pendek
Kehadiran form untuk pengunjung pada sebuah website juga sangat diperlukan. Dengan adanya form pengunjung maka Anda bisa mengumpulkan banyak data dari pengunjung tersebut untuk melakukan promosi marketing bisnis Anda. Namun, banyak pengunjung yang malas melihat tampilan form yang sangat panjang pada sebuah website. Oleh sebab itu, buatlah form yang pendek, singkat dan jelas.
6. Buat Beberapa Versi Landing Page
Dalam membuat landing, Anda pun bisa membuat landing page sebanyak mungkin dengan tujuan yang berbeda-beda. Anda bisa membuat landing page khusus untuk traffic yang sumbernya berasal dari iklan PPC ataupun lewat email marketing lainnya. Begitu halnya dengan pengunjung yang berasal dari media sosial, Anda juga bisa membuat jenis landing page khusus dari sosial media.
Namun, dalam pembuatan landing page dengan banyak versi ini ada baiknya untuk melakukan A/B testing dulu agar Anda dapat lebih memahami jenis landing page mana yang paling sesuai dengan kebutuhan pengunjung. Dengan demikian, para pengunjung akan betah berada di website Anda. Dan bukan tidak mungkin mereka bisa saja melakukan keputusan pembelian saat itu juga.
Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Rekomendasi CMS Website Terbaik Untuk Membuat Website
Penutup
Menurut data dari Google, sekitar 94 persen pengguna internet di tanah air adalah pengguna smartphone atau mobile. Mereka menggunakan smartphone untuk mengakses internet karena lebih mudah dan lebih cepat. Karena mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan internet melalui smartphone maka para pemilik toko online atau website bisnis sudah seharusnya membuat landing page mobile friendly. Website dengan landing page yang mobile friendly akan lebih optimal dan efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung dan juga penjualan produk.