Uncategorized

Pengertian, Fungsi dan Rekomendasi CMS Website Terbaik Untuk Membuat Website

Source: Sagaratechnology.com
Memilih CMS website terbaik untuk berbagai keperluan

Bagi perusahaan ataupun perseorangan, mengelola website mungkin kini sudah jadi prioritas utama. Dengan memiliki website, Anda bisa mengembangkan bisnis Anda, menjadikan website sebagai sarana marketing ataupun menggunakannya sebagai tempat belajar. Untuk mengembangkan sebuah website atau blog ini butuh CMS website terbaik. Namun sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui apa itu CMS.

Kini, ada banyak sekali CMS website terbaik yang bisa Anda pilih untuk Anda gunakan dalam mengembangkan website yang Anda miliki. Penggunaannya pun sangat membantu para orang awam yang tidak memiliki pengetahuan mengenai bahasa pemrograman yang sebenarnya dibutuhkan ketika membuat website. Maka dari itu, umumnya mereka menggunakan bantuan dari CMS untuk membuat website mereka lebih menarik.

Memilih CMS website terbaik

Apa Itu CMS?

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Ini adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dipakai untuk mengatur serta membuat beragam konten di website, baik itu website company profile, blog, forum, landing page dan lainnya.

Seperti dikatakan sebelumnya, dengan penggunaan CMS ini, Anda tidak perlu lagi belajar lebih dalam tentang bahasa pemrograman dalam mengembangkan website Anda. Anda pun tetap bisa mengeksplor segala hal dan mengembangkan website sesuai keinginan dengan menggunakan CMS ini.

Baca Juga: Perbedaan Website dan Blog: Serupa Tapi tak Sama

CMS ini bisa dikatakan adalah gabungan dari 2 teknologi website dan blog. Dalam CMS, ada 2 elemen yang punya fungsi berbeda, yaitu CDA (Content Delivery Application) yang dipakai untuk meng-update konten dari pemilik website sebelumnya. Dan ada pula CMA (Content Management Application) yang berfungsi mengelola dan juga mengatur konten yang Anda buat.

Memahami CMS website terbaik dengan fungsi dan cara kerja

Fungsi CMS

Fungsi CMS yang utama adalah mengelola serta mengembangkan konten secara fleksibel, mudah dan juga cepat. CMS ini dibuat sebagai sebuah platform yang bisa memberi beragam kemudahan untuk pengguna dalam mengeksplorasi lebih dalam tentang konten yang dimuat dalam website itu. Anda pun bisa dengan mudah melakukan pengeditan konten atau artikel.

Umumnya, website yang menggunakan CMS merupakan website yang menyajikan banyak konten atau artikel. Kemudahan pengelolaan konten yang ditawarkan yaitu seperti proses penyortiran artikel yang lebih mudah dan cepat, terutama website yang punya konten yang cukup banyak. Anda cukup fokus pada pembuatan konten, untuk pengembangan dan juga struktur layout sudah disediakan oleh CMS.

Fungsi CMS yang lainnya yaitu CMS dapat menjaga kualitas desain dan tampilan website. Ini yang sangat diperhatikan pengunjung situs untuk mendapatkan pengalaman dari segi penampilan dan juga penggunaan di website Anda. Desain website ini fungsinya untuk membuat website punya tampilan yang menarik, lebih interaktif, dan tidak membosankan ketika pengunjung membaca konten di dalam situs Anda.

Terakhir, CMS yang punya fitur hak akses sebagai administrator yang dapat mengatur proses pengelolaan dan manajemen konten di dalam website. Di beberapa website ada banyak juga yang tidak menyediakan akses administrator seperti ini.

Memahmi fungsi masing-masing CMS sebelum memilihnya

Kelebihan CMS

Ketika menggunakan CMS, ini bisa dikatakan kita sudah memiliki ‘rangka’ untuk sebuah website. Jadi, kita siap memakainya dan mengisinya dengan konten yang Anda buat. dengan begitu, pembuatan website tentunya jauh lebih mudah dan cepat, dibandingkan harus memulainya dari awal secara manual.

Ini berhubungan dengan efisiensi dalam membuat website. Terutama bagi mereka yang tidak punya cukup waktu untuk mulai membuat website dari awal secara manual, dan butuh waktu cepat untuk menggunakan website, maka CMS bisa jadi pilihan.

Anda bisa mengatur beragam hal lewat CMS di halaman admin, dengan pilihan fitur yang bervariasi. Anda pun bisa menambahkan fitur lain dengan melakukan instalasi plugin. Bukan hanya itu saja, CMS juga bisa ‘dibedah’ bagian kode sumbernya dengan tujuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan website Anda.

CMS juga punya dan menyediakan banyak pilihan template dan support, mulai dari tampilan sederhana, seperti blog ataupun template yang punya beragam fitur seperti website e-commerce ataupun website berita.

Selain itu, dengan CMS, akan lebih mudah dalam proses maintetance. Karena, bukan tidak mungkin dengan tidak menggunakan CMS, ada banyak risiko yang bisa terjadi terutama berhubungan dengan ribuan data di dalamnya, serta akan sulit untuk merubahnya satu persatu.

Bagi Anda yang mengandalkan SEO, maka dalam CMS terdapat plugin berjalan yang khusus untuk mengoptimalkan SEO di konten website Anda. Bila berjalan lancar, SEO ini akan membuat konten Anda di peringkat atas dalam mesin pencarian.

Baca Juga: Kenapa SEO itu Perlu? Apa Manfaat SEO untuk Bisnis UKM

Rekomendasi CMS Website Terbaik

Ada beberapa CMS website terbaik yang umum dipakai perusahaan ataupun perseorangan dalam membuat website. Pemilihan CMS website terbaik ini dianggap sebagai CMS yang sangat mempermudah dalam hal pengelolaan website dan juga memberi kemudahan pada pengguna ketika menggunakan website.

1. WordPress

CMS Website terbaik pertama masih dipegang WordPress

Contoh CMS yang pertama adalah WordPress. Ini merupakan salah satu platform open source yang jadi salah satu yang sering dipakai di dunia.

WordPress ini dipakai sebagai blog engine yang memakai bahasa pemrograman PHP dan sistem basis data MySQL. WordPress juga merupakan perangkat lunak yang mendukung sistem dalam pengelolaan konten di website. Dengan begitu, Anda bisa melakukan manajemen untuk beragam aktivitas konten, seperti pembuatan dokumen, desain, sampai proses perilisan artikel baru.

Keunggulan WordPress adalah ini merupakan CMS gratis karena open source tadi, adanya fitur plugin untuk mengembangkan tampilan dan juga mendukung optimasi website. Ada juga fitur templates yang memudahkan Anda membuat tampilan page ataupun section di dalam website Anda. Dan akan memberi kemudahan dalam hal proses import data.

WordPress juga punya fitur multi kategori di dalam satu artikel, ada fasilitas Trackback dan Pingback, serta adanya format teks yang mirip seperti program pengolahan kat.

2. Joomla

Joomla

Salah satu sistem manajemen konten yang banyak dipakai para pengembang website adalah Joomla. Joomla punya paket yang dibuat terpisah, sehingga akan memudahkan saat digunakan dan punya beragam plugin serta tema seperti yang dimiliki WordPress.

Di Joomla terdapat penerapan prinsip yang sama seperti prinsip pengembangan perangkat lunak berbasis website umumnya, yaitu prinsip model – view – controller.

Keunggulan dari CMS satu ini adalah sistem manajemen usernya terbilang sangat tersistem. Sehingga, dalam proses pembuatan konten pun bisa lebih cepat dan fleksibel. Joomla sangat cocok digunakan untuk website bisnis kecil, majalah, koran dan publikasi online, portal situs web perusahaan, website e-commerce ataupun situs web pribadi.

3. Drupal

CMS Drupal

Platform open source lainnya yang tergolong dalam CMS adalah Drupal. Proses intalasinya hampir sama dengan aplikasi CMS lainnya.

Kelebihan yang dimiliki Drupal ini adalah dari segi keamanan yang sangat diperhatikan oleh pengembangnya. Kemudian, Drupal mudah digunakan untuk penyusunan konten dan sifatnya fleksibel. Versi terbaru dari Drupal juga sudah banyak mengalami beragam perubahan, seperti dalam segi optimasi CSS, JavaScript, dan juga perbaikan cache, yang membuatnya punya skalabilitas tinggi, seperti terasa lebih cepat, responsive dan juga dapat menangani pengguna dalam jumlah yang besar.

Itu dia beberapa hal tentang CMS website terbaik, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan dan juga CMS mana yang banyak dipakai saat ini. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda dan kemudahan menggunakan CMS tersebut. Anda juga berkolaborasi bersama Buzzup.id untuk memilihkan CMS apa yang sesuai dengan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *