Web Development

Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis

Source: Landingi.com
Landing Page untuk Bisnis

Memiliki sebuah bisnis pada era digital seperti sekarang  tidak cukup hanya dengan mengandalkan website perusahaan. Sebuah bisnis juga harus memiliki sebuah Landing Page untuk Bisnis yang bertujuan membantu penjualan. Hal ini dapat terjadi karena landing page bisa menjadi pusat informasi bagi calon pembeli.

Membangun landing page untuk bisnis yang baik dan eye cathing dapat memberikan bisnis anda nilai tambah yang dapat memberikan manfaat dikemudian hari. Link landing page bisa anda jadikan pancingan untuk membuat kolam bagi calon customer baru bisnis anda.

Namun masih banyak yang belum sadar jika landing page sebenarnya dapat sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik. Maka dari itu pembuatan landing page tidak bisa asal karena dalam satu page bisnis anda akan mempublikasikan informasi yang harus diketahui bagi calon pelanggan anda.

Apa itu Landing Page

Yang dimaksud landing page adalah halaman web apa pun yang dapat dikunjungi konsumen, yang berkaitan dengan bidang pemasaran sebuah produk atau brand, biasanya halaman tersebut berdiri sendiri, berbeda dari laman website Anda atau halaman lain mana pun, yang melayani satu tujuan dan fokus.

Bisa dibilang landing page untuk bisnis adalah tindak lanjut dari setiap janji yang Anda buat pada konten Anda. Pada dasarnya, ini adalah salah satu proses dalam upaya mengubah pengunjung menjadi pelanggan, atau sering disebut dengan membuat kolam.

Landing page yang Anda buat akan memungkinkan pelaku bisnis melakukan perdagangan, semacam penawaran khusus, promo dan diskon, informasi atau kesepakatan, sebagai imbalan untuk memberikan informasi kontak.

Baca Juga: Pengertian, Fungsi dan Rekomendasi CMS Website Terbaik Untuk Membuat Website

Bentuk dari landing page dapat berupa klik-tayang, yang mengarah ke laman lain. Ada juga landing page berbasis generasi prospek. Jenis Landing page ini merupakan generasi prospek biasanya menawarkan sesuatu untuk dijual seperti eBook, uji coba gratis, entri kontes, atau pendaftaran webinar sebagai imbalan atas pengiriman informasi kontak.

Landing page yang baik akan melakukan tugasnya dengan meyakinkan calon pelanggan bahwa itu layak untuk memberikan detail pribadi sebagai imbalan atas apa pun yang Anda tawarkan. Landing page dapat ditemukan melalui pencarian umum atau melalui situs web perusahaan Anda, meningkatkan kemungkinan bahwa calon pelanggan akan berakhir di sana.

Landing Page untuk Bisnis

Berbagai Jenis Landing Page untuk Bisnis

Sebagai aturan umum, menggunakan landing page memungkinkan Anda untuk menyelesaikan urutan pasca-klik dengan halaman khusus yang menunjukkan kepada pengunjung bahwa mereka telah mendarat di tempat yang tepat. Namun sebenarnya landing page memiliki beragam jenis berikut beberapa diantaranya.

1.   Landing page Kolam Prospek

Landing page kolam prospek atau penangkapan prospek terutama ditujukan untuk mengumpulkan prospek melalui formulir pengambilan data. Halaman-halaman ini sangat serbaguna tetapi paling sering digunakan di tengah-tengah saluran penjualan, pada titik di mana pelanggan mengevaluasi penawaran

2.   Landing page Klik-Tayang

Halaman klik-tayang, menurut definisi, adalah halaman yang tidak memerlukan formulir sama sekali. Ini adalah perantara sederhana antara iklan Anda dan halaman web anda. Sederhananya dengan mengklik tautan, pelanggan akan diberikan stimulant untuk melihat produk pada website anda.

3.   Halaman Pemerasan

Seperti halaman pembuatan prospek, halaman pemerasan digunakan untuk mengumpulkan data. Tujuannya adalah mengumpulkan alamat email untuk menambahkan prospek potensial ke milis umum. Ajakan bertindak jelas membuat pembaca tidak ragu tentang apa yang diharapkan dari website anda.

4.   Halaman Penjualan

Halaman penjualan seringkali paling sulit untuk dirancang. Dengan halaman ini, Anda tidak lagi hanya mencari prospek. Ini adalah salah satu cara yang akan Anda gunakan untuk sarana jual beli anda, dan pastinya landing page ini harus meyakinkan orang untuk membeli produk yang anda jual.

5.   Informasi

Dengan membuat landing page ini, Anda dapat memperbaiki dan meningkatkan interaksi pengunjung Anda dengan demikian meningkatkan peluang konversi lead menjadi pembeli. landing page ini memberi kan banyak informasi yang mungkin dibutuhkan calon customer anda yang nantinya akan anda olah menjadi pelanggan tetap produk anda.

Lengkapi Informasi Landing Page untuk Bisnis

Mengapa Menggunakan Landing Page untuk Bisnis ?

Anda telah melakukan pekerjaan yang hebat dalam membangun merek Anda dan membuat situs web yang mewakilinya. Sekarang Anda harus memastikan bahwa semua kerja keras itu diolah menjadi penjualan. Jika Anda mencari alat konversi prospek yang efektif, landing page jelas merupakan cara yang tepat.

1.   Meningkatkan SEO

Landing page adalah cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas, meningkatkan SEO Anda, dan membangun brand bisnis Anda. Hal ini juga dapat menjadi bagian dari strategi PPC yang efektif. Sekitar 68% bisnis B2B menggunakan landing page untuk menghasilkan prospek untuk konversi di masa mendatang.

Untungnya bagi Anda, 44% dari klik ini diarahkan ke halaman utama anda, landing page mengarahkan pelanggan ke produk, layanan, atau penawaran tertentu dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan yaitu pembelian produk.

Baca Juga: Kenapa SEO itu Perlu? Apa Manfaat SEO untuk Bisnis UKM

2.   Sumber Informasi

Landing page akan membidik tawaran, bukan perusahaan. Saat pengunjung Anda mengklik karena suatu alasan, maka pengunjung akan menjadi lead. Untuk mengolah lead menjadi pelangan landing page harus mampu melayani fungsi menyampaikan informasi penting yang dibutuhkan.

3.   Pengumpulan Data

Landing page mengumpulkan informasi spesifik calon pelanggan Anda. Berbicara tentang audiens tertentu, bahkan jika Anda menarik kerumunan yang tepat, mereka tidak dapat dikonversi jika Anda tidak mengumpulkan informasi yang tepat. Pengumpulan data demografis harus mencakup lebih dari sekadar nama dan alamat email.

4.   Segmentasi Pelanggan

Landing page akan berbicara kepada audiens tertentu. Hal ini akan membantu menyegmentasikan basis pelanggan Anda membantu Anda menargetkan konsumen tertentu melalui kampanye yang disesuaikan. sebagai perangkat segmentasi bawaan, memungkinkan Anda untuk memelihara prospek ini secara efektif di masa mendatang.

5.   Memberi Rasa Nyaman Dan Kejelasan

Alasan lain mengapa anda harus membuat landing page adalah kesan nyaman pada pelayanan anda dan kejelasan produk yang anda berikan. Dengan dua hal ini mengubah lead menjadi pelanggan bukan hal yang sulit tuk dilakukan. Maka dari itu desain landing page harus memiliki kesan nyaman untuk dilihat selain itu respon terhadap lead juga di perhitungkan.

Calon Pelanggan Bebas Memilih

Walaupun bertujuan menjual barang namun landing page bersifat bebas. Mereka masih mengizinkan pengguna mengakses saluran pemasaran lain. Pelanggan menyukai apa yang baru saja Anda tawarkan. Maka dari itu tidak sedikit pengusaha yang membuat banyak landing page dengan bentuk dan penawaran yang terlihat berbeda.

Ternyata Landing Page Sangat Penting

Tidak bisa dipungkiri kita hidup di dunia yang terhubung secara digital. Bergerak maju dengan berani dengan kampanye pemasaran digital dapat dengan mudah menjadi salah satu investasi terbaik yang Anda lakukan untuk bisnis Anda.

Saat Anda membangun kotak alat pemasaran digital Anda, membangun landing page adalah langkah yang cerdas, dan Anda dan pelanggan Anda akan menuai manfaatnya. Karena melihat betapa pentingnya sebuah landing page, mengapa tidak setiap bisnis menggunakannya?

Sebenarnya masih banyak kesalahpahaman tentang landing page untuk bisnis  seperti sulit untuk dibuat dan dipelihara. Untungnya, itu tidak benar. Membangun landing page yang efektif bukan tentang sebuah halaman yang bagus dan eye catchy, tapi lebih kepada bagaimana landing page  bisa mengkonversi penjualan dan mengumpulkan data lebih banyak tentang konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *