Sosial Media

Berkenalan dengan Influencer Marketing, Jenis dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Manfaat Influencer Marketing

Pernah mendengar tentang influence marketing? Influencer? Di era digital seperti sekarang, istilah-istilah ini mungkin bukan hal yang asing lagi. Tapi tahukah Anda kalau ternyata influencer marketing ini adalah salah satu bagian dari strategi pemasaran dan punya peranan penting dalam sebuah bisnis?

Apa Itu Influencer Marketing?

Influencer adalah orang yang punya jumlah pengikut yang besar, dan berpengaruh kuat terhadap pengikutnya tersebut. Namun ini juga tidak selalu mereka yang jumlah pengikutnya jutaan saja, tapi jumlah pengikut di bawah itupun, bila mereka memang sangat berpengaruh pada pengikut mereka, maka mereka juga bisa masuk dalam kategori influencer ini. Mereka ini biasanya bisa jadi seorang artis, selebgram, youtuber, dan public figure lainnya.

Pengaruh yang dimiliki seorang influencer adalah kekuatannya. Mereka dapat menjadi seorang trend setter yang baik di skala kecil ataupun besar. Karena itulah, semakin banyak pebisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan bisnis mereka karena pengaruh yang influencer ini miliki. Nah, inilah yang disebut sebagai influencer marketing.

Baca Juga: 4 Perbedaan antara Influencer dan Key Opinion Leader

Seperti yang disebutkan sebelumnya, influence marketing adalah strategi pemasaran terbaru di era digital terutama di media sosial, yang digunakan pebisnis untuk menaikkan tingkat pemasarannya. Jadi pebisnis atau perusahaan akan mengajak influencer untuk bekerjasama meningkatkan brand awareness serta penjualan sesuai target pasar yang ditentukan.

Mengenal Influencer Marketing

Jenis Influencer

Influencer sendiri kemudian dibagi menjadi beberapa jenis dibedakan dari jumlah pengikut dan juga media yang mereka gunakan untuk melakukan promosi, yaitu:

Mikro

Influencer mikro adalah seseorang yang umumnya punya jumlah pengikut atau follower 10 ribu orang atau kurang. Bila melihat jumlahnya, mungkin Anda akan berpikir kembali apakah efektif untuk mengajak influencer mikro ini bekerjasama untuk mempromosikan produk atau layanan yang Anda jual.

Namun tidak perlu khawatir. Karena kekuatan yang dimiliki influencer mikro adalah keterikatan atau engagement dengan pengikutnya. Sebuah studi menyatakan bahwa tingkat kemungkinan konsumen untuk membeli produk yang sudah direkomendasikan influencer mikro bahkan hingga mencapai 82%.

Influencer mikro pun bisa dibilang punya audiens yang cenderung lebih spesifik pada topik tertentu. Dengan memahami pengikutnya, maka ia bisa membuat konten yang lebih relevan dengan para pengikutnya.

Makro

Sedangkan influencer makro adalah mereka yang punya pengikut lebih dari 100 ribu. Umumnya mereka adalah orang yang sudah dikenal luas walaupun mungkin bisa dibilang belum setenar para selebritis.

Dengan jumlah pengikut yang mereka punya ini, mereka punya potensi untuk mempromosikan produk serta jasa dari bisnis Anda ke lebih banyak orang. Bekerjasama dengan influencer makro pun akan membuat produk ataupun brand yang Anda miliki jadi terlihat lebih eksklusif.

Premium

Bisa dibilang influncer premium adalah top influencer dengan jumlah pengikut paling banyak, umumnya punya jutaan follower.

Persentase pembelian produk yang dihadilkan dari Kerjasama dengan influencer premium mungkin tidak sebesar jenis influencer lain, namun tetap terbilang menjanjikan. Karena jangkauan pesan yang berasal dari influencer premium ini tentunya lebih luas.

Walaupun begitu, Anda tetap harus memikirkan kesesuaian dari produk atau jasa yang Anda jual dengan budget yang Anda miliki.

Selebgram

Jenis influencer satu ini adalah berdasarkan media yang digunakan untuk promosi. Selebgram atau selebritis Instagram merupakan public figure yang memanfaatkan Instagram untuk media promosi produk atau jasa.

Bisa dibilang Instagram ini memang platform yang potensial untuk jadi tempat promosi, karena hampir seluruh orang menggunakan platform satu ini, khususnya di Indonesia.

YouTuber

Kalau yang satu ini adalah influencer yang menggunakan YouTube untuk media promosi. Bila Anda bekerjasama untuk influencer marketing dengan YouTuber, mereka dapat mengunggah video ke YouTube mengenai informasi produk atau jasa yang Anda jual.

Bekerjasama dengan YouTuber yang memiliki pengikut yang cukup banyak dianggap sangat menjanjikan dan potensial untuk menarik perhatian pengikutnya tentang produk Anda.

Blogger

Influencer satu ini adalah mereka yang punya dan juga mengelola blog. Saat mereka merekomendasikan produk atau jasa, maka pembaca akan tertarik dan ikut mencoba produk atau jasa yang direkomendasikan blogger. Terutama bila blogger memiliki banyak pembaca setia, yang akan membuat pemasaran dan promosi produk atau jasa jadi lebih efektif.

Apa itu influencer

Manfaat Influencer Marketing Dalam Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan influencer marketing strategy ini untuk bisnis yang Anda jalani, yaitu:

1. Membangun kepercayaan

Umumnya para influencer adalah mereka yang akan pertama kali mendapat informasi mengenai adanya produk ataujasa terbaru di bidang mereka. Ini akan membuat mereka menjadi trend setter dan aka nada banyak orang yang percaya dengan produk atau jasa tersebut bila direkomendasikan oleh influencer.

Apalagi tidak sedikit pengikut dari influencer yang menganggap mereka adalah seorang idola, sehingga ketika influencer ini berkolaborasi ataupun mempromosikan bisnis Anda, maka pengikutnya tentu akan lebih tertarik untuk ikut menggunakan produk atau jasa tersebut.

2. Lebih terjangkau

Membuat strategi bisnis seperti digital marketing lewat influence marketing ini bisa dibilang tidaklah mahal. Kecuali bila Anda ingin bekerjasama dengan selebriti yang punya audiens lebih banyak dan lebih luas. Anda bisa menyesuaikan budget marketing yang Anda miliki dan memilih jenis influencer yang memenuhi budget tersebut. Namun pastikan target marketnya yang memang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda jual.

3. Meningkatkan brand awareness

Influencer marketing ini juga bisa jadi langkah awal dari sebuah bisnis baru untuk meningkatkan brand awareness atau kesadaran merk. Ini berarti dengan bantuan influencer, masyarakat akan jadi lebih tau dan mengenal brand ataupun produk serta jasa yang Anda jual.

4. Efektif mencapai target audiens

Jika influencer punya topik yang relevan dengan brand bisnis Anda, maka target audiens pun akan sesuai dengan brand Anda, karena mereka mengikuti influencer tersebut. Misalnya ketika Anda memiliki brand fashion dan mau bekerjasama dengan influencer fashion, maka target audiensnya pun tentu akan sesuai karena para pengikut influencer tersebut pasti punya minat terhadap fashion.

Baca Juga: Influencer dan Manfaatnya Untuk Bisnis, Apa Keuntungannya?

5. Konten strategi jadi lebih fresh

Tiap influencer pasti punya ciri khas tersendiri ketika mereka membuat konten. Ini adalah keuntungan untuk influence marketing yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda, karena Anda bisa mendapat konten segar dari tiap-tiap influencer yang berbeda. Mereka pun tentu lebih mengerti konten seperti apa yang banyak disukai oleh pengikutnya. Hal ini akan membantu untuk menarik para konsumen karena konten yang disajikan menarik, dan akhirnya akan meningkatkan keinginan audiens untuk mencoba produk atau jasa yang Anda jual.

Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis

Cara Memilih Influencer yang Tepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan bila Anda ingin memilih dan bekerjasama dengan seorang influencer untuk bisnis Anda:

  • Sesuaikan dengan budget; Anda pasti sudah memiliki budget marketing tersendiri untuk urusan influence marketing Maka dari itu Anda bisa memilih jenis influencer yang sesuai dengan budget yang sudah disiapkan.
  • Cocok untuk target pasar bisnis Anda; bila Anda memiliki bisnis fashion, maka Anda harusnya bekerjasama dengan influencer fashion, agar target audiensnya sesuai dengan target pasar dari bisnis Anda.
  • Sesuaikan dengan skala promosi; bila skala promosinya besar, maka Anda bisa bekerjasama dengan influencer makro atau premium, dengan tujuan untuk menggebrak pasar. Namun bila skalanya kecil, maka Anda bisa bekerjasama dengan influencer mikro yang sesuai dengan budget
  • Punya reputasi baik; reputasi yang baik tentu akan membuat Kerjasama Anda dengannya jadi lebih nyaman. Jangan hanya melihat bahwa ia punya jumlah pengikut yang banyak saja, namun pastikan juga bahwa ia memang dikenal baik oleh orang-orang.
  • Punya engagement tinggi; ini bisa jadi tolak ukur tentang bagaimana promosi bisnis Anda bisa meyentuh calon konsumen. Bila influencer punya tingkat engagement yang tinggi, maka bisa dipastikan influence marketing strategy Anda akan lebih sukses dijalankan.
  • Intensitas postingan konten yang baik; bila influencer terlalu sering posting dalam sehari, maka kemungkinan konten promo dari bisnis Anda bisa saja cepat hilang dari halaman teratas galeri. Namun, bila ia jarang posting, maka bisa saja engagement-nya cenderung rendah. Intinya, cermati kebiasaan influencer ketika posting konten, ya.

Itu dia beberapa hal tentang influencer, influence marketing, jenisnya, manfaatnya dalam bisnis, serta cara memilih influencer yang tepat untuk bisnis Anda.

Mau bisnis Anda menggunakan Influencer marketing, serahkan semua ke Buzzup.id. Kami memiliki Influencer marketing dari berbagai jenis. Dapatkan penawaran hanya di Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *