Sosial Media

Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens

Menjalankan Facebook ads campaign memang bukanlah sesuatu hal yang mudah. Banyak bisnis dan start up yang mencoba memasarkan produk dan jasa mereka menggunakan fitur dari Facebook ini tapi tetap tidak cukup untuk menarik banyak audiens.

Tak jarang banyak pebisnis juga telah mengeluarkan banyak biaya menjalankan kampanye Facebook ads ini namun ternyata tidak memberikan hasil yang maksimal. Salah satu masalah terbesar dalam menjalankan Facebook ads campaign ini memang berasal dari rendahnya rasio klik pada iklan.

Baca Juga: 7 Strategi Social Media Marketing Terbaru 2021

Jika Anda juga mengalami masalah yang sama, maka beberapa tips di dalam artikel berikut ini mungkin bisa menjadi solusinya.

Masukkan Fitur Testimonial Dari Pelanggan

Memanfaatkan fitur terstimonial dari pelanggan adalah salah satu tips yang bisa Anda coba untuk menarik banyak audiens. Cara ini terbukti lebih efektif dibandingkan menggunakan caption yang dibuat oleh perusahaan Anda sendiri.

Tentu para audiens lebih tertarik untuk melihat penawaran dari produk Anda lewat testimonial dari para pelanggan yang telah mencoba produk Anda. Manfaat pasti dari sebuah produk tentu akan terasa lebih real saat dipromosikan lewat orang lain dibandingkan pihak perusahaan itu sendiri.

Oleh sebab itu, mulai saat ini jalankanlah kampanye iklan Facebook bisnis Anda dengan menggunakan testimonial dari pelanggan Anda. Agar hasilnya lebih maksimal maka gunakanlah testimonial berupa video orang asli yang memang telah menggunakan produk Anda.

Menjadwalkan Iklan Anda Pada Jam Tertentu di Setiap Harinya

Tips yang satu ini juga sangat penting untuk diterapkan saat menjalankan Facebook ads campaign Anda. Pada umumnya, Facebook memiliki pengaturan default untuk menjalankan iklan selama 24 jam penuh.

Jika Anda belum mengubah setting default ini berarti iklan Anda akan berjalan selama 24 jam dalam sehari. Sebenarnya, menjalankan iklan di Facebook selama 24 jam penuh adalah strategi yang bagus jika Anda memang menargetkan produk Anda untuk para audiens dari seluruh dunia. Namun, strategi ini juga bisa membuang-buang waktu dan uang Anda jika menargetkan produk tersebut hanya untuk pasar lokal saja.

Berikut ini merupakan cara mengatur waktu terbaik untuk penayangan iklan Anda dari AdEspresso.

Menjalankan Facebook Ads Campaign dengan mengatur waktu tayang

Anda juga bisa melihat estimasi biaya yang dibutuhkan lewat rincian berikut ini.

Lakukan Teknik Urgensi Untuk Menarik Audiens

Teknik urgensi ini sudah sangat sering digunakan di berbagai jenis platform jualan online untuk mendapatkan klik dari para audiens. Konsep teknik urgensi ini lebih cenderung pada pengambilan tindakan untuk melakukan pembelian secara cepat karena akan terjadi kenaikan harga pada waktu tertentu.

Teknik ini juga sangat ampuh untuk menarik para audiens jika Anda memasukkan kata-kata “Hanya dalam periode terbatas”. Tawaran seperti ini tentu akan membuat pelanggan akan lebih cepat mengambil tindakan atau pembelian karena kemungkinan besar kesempatan seperti ini tidak akan terjadi lagi.

Bekerja Sama Dengan Para Influencers di Sekitar Anda

Melakukan kerja sama dengan orang-orang berpengaruh seperti selebgram, Youtuber ataupun artis lainnya terbukti akan menghasilkan viewers yang lebih banyak dibandingkan melakukan promosi seperti biasa saja. Saat ini berbagai perusahaan dan brand ternama pun telah menggunakan cara seperti ini untuk meningkatkan penjualan mereka di pasaran.

Salah satu cara kerja sama dengan para orang-orang yang berpengaruh di tengah masyarakat ialah dengan memasukkan quotes populer dari para influencer ini ke dalam produk atau jasa Anda. Jika produk Anda adalah produk kesehatan maka Anda bisa menyertakan quotes atau tips kesehatan dari para artis-artis populer tanah air yang memang fokus pada dunia kesehatan. Beberapa contoh public figure tersebut seperti Deddy Corbuzier, Cinta Laura dan artis lainnya.

Menggandeng influencer tentu akan jauh lebih mudah untuk menarik perhatian orang-orang untuk segera membeli produk Anda.

Sesuaikan Gambar dengan Lokasi yang Spesifik

Jika bisnis yang Anda jalankan adalah bisnis lokal maka Anda pun harus menarik banyak audiens dari lokasi terdekat lebih dulu. Salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan di dalam Facebook ads campaign ini ialah menu geo-targeting.

Foto ruangan New York City Showrooms ini adalah salah satu contoh iklan yang disesuaikan dengan lokasi target audiens. Iklan seperti ini diklaim mampu menghasilkan lebih banyak traffic.

Menjalankan facebook campaign ads dengan target localize

Penawaran Secara Gratis

Siapa yang tak suka dengan barang gratis? Kampanye iklan di Facebook menggunakan cara seperti ini memang terbukti sangat efektif dalam meningkatkan engagement. Anda bisa memberikan penawaran gratis berupa e-book, free trial, ataupun memberikan produk gratis lainnya. Penawaran gratis ini tentu harus diimbangi dengan promosi produk yang efektif pula.

Gunakan Foto yang Lebih Original

Pada umumnya orang-orang mungkin akan memilih foto yang terlihat lebih professional. Namun, untuk penggunaan layanan iklan di Facebook, foto yang terlalu professional justru terlihat kurang menarik.

Baca Juga: 5 Konten Media Sosial yang Menarik untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Meskipun terlihat bagus dan estetik akan tetapi pesan yang ingin disampaikan kadang tidak sesuai dengan foto yang ditampilkan. Berikut ini kami berikan dua contoh gambar berbeda tapi memiliki tujuan yang  sama yaitu untuk mempromosikan jasa perbaikan Macbook.

Pastikan foto campaign memiliki tampilan baik

Setelah membandingkan kedua gambar tersebut, kira-kira yang mana yang lebih menarik di mata Anda?

Target Teman Dari Penggemar Bisnis Anda

Salah satu cara untuk mendapatkan target bisnis Anda ialah dengan menjangkau teman-teman yang memang telah menyukai halaman Anda. Biasanya fitur Facebook ads akan menampilkan orang-orang yang telah terkoneksi dengan halaman Anda sebelumnya.

Cara seperti ini juga biasa disebut dengan social proof dan telah terbukti meningkatkan engagement dan penjualan produk dan layanan jasa.

Menargetkan fans facebook

Tampilkan Gesture Wajah Pada Konten Produk Anda

Gesture atau mimic wajah juga sangat penting untuk menayangkan iklan produk atau jasa bisnis Anda. Gesture wajah pada iklan akan lebih menarik dan mencolok di mata audiens.

Para audiens tentu akan lebih menyukai tampilan iklan dengan gambar yang lebih ramah dibandingkan gambar yang monoton saja. Gambar yang lebih ramah membuat audiens lebih tertarik untuk mengklik iklan tersebut. Terlebih jika gambar dan gesture wajah yang ditampilkan sesuai dengan selera para audiens. Ini sama halnya dengan daya penarik untuk mempengaruhi audiens untuk segera melakukan pembelian pada produk yang mereka inginkan.

Strategi penempatan iklan dengan cara seperti ini pada dasarnya sudah menjadi anjuran utama dari Facebook jika Anda ingin membuat sebuah iklan bisnis. Produk-produk yang diiklankan dengan menampilan gesture ramah diklaim lebih membantu meningkatkan traffic dan penjualan produk.

Jadi, jika sejauh ini Anda belum berhasil mendapatkan engagement tinggi lewat fitur Facebook Ads Campaign ini maka tidak usah khawatir. Cobalah melakukan beberapa tips sederhana pada poin-poin di atas. Hal yang paling penting ialah dengan mencoba meningkatkan traffic lewat penampilan dan penempatan iklan yang tepat dan maksimal.

Melakukan usaha kerjasama dengan para influencers dalam mempromosikan produk dan layanan yang Anda tawarkan juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk mendapatkan viewers yang lebih banyak. Jangan lupa juga untuk selalu mempertimbangkan biaya yang perlu Anda keluarkan saat menggunakan layanan Facebook Ads Campaign ini.

Kalau Anda bingung, sebaiknya Anda menyerahkan campign facebook ads dengan tim profesional. Salah satunya melalui Buzzup.id. Buzzup sebagai creative dan digital agency yang akan membantu bisnis Anda berkembang dan sesuai target yang Anda inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *