Ada banyak ide konten media sosial yang menarik untuk dicoba oleh para pengusaha dalam memasarkan bisnis. Selain menjadi salah satu strategi marketing, sosial media juga bisa menjadi sebuah cara untuk branding bisnis agar lebih dikenal lebih luas dan lebih dekat dengan konsumen.
Namun, banyak pengusaha yang belum memahami pentingnya penggunaan sosial media di era digital saat ini. Bahkan tak sedikit para pebisnis yang hanya sekedar membuat akun sosial media khusus untuk bisnisnya tapi tidak memiliki ide konten media sosial yang menarik sama sekali. Kalau sudah begini tentu bisnis akan tetap fokus di ranah offline?
Nah, biar bisnis kalian tidak mandek di tengah jalan hanya gara-gara tidak memanfaatkan fitur sosial media maka ada baiknya untuk mengembangkan ide konten di sosial media kalian. Lalu, seperti apa jenis konten yang menarik untuk para followers? Yuk, mari kita simak ulasannya berikut ini.
Baca Juga: 17 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis
Breaking News
Breaking news saat ini tidak lagi untuk para pewarta berita yang sering kalian lihat di TV. Dengan menggunakan akun sosial media pun kalian sudah bisa memberikan informasi terupdate kepada orang-orang. Karena orang-orang juga sudah lebih banyak beralih ke platform digital dibandingkan TV maka tentu mereka juga lebih memilih mencari berita menggunakan smartphone.
Kalian pun bisa memanfaatkan peluang ini dalam meningkatkan engagement bisnis kalian lewat sosial media. Salah satu contohnya ialah dengan menyelipkan produk bisnis kalian saat membagikan informasi terupdate di sosial media. Jika kalian konsisten dalam membagikan konten-konten yang bermanfaat maka kalian pun telah berhasil membangun kedekatan dengan para followers kalian. Secara tidak langsung, para audiens juga akan mulai membicarakan produk atau jasa yang kalian kembangkan. Konten media sosial yang banyak dibicarakan tentu akan meningkatkan kunjungan dan pengikut di akun bisnis kalian.
Mengadakan Giveaway
Ide konten media sosial menarik selanjutnya yang patut kalian coba ialah dengan mengadakan giveaway. Ide konten giveaway ini bisa berupa produk atau jasa yang kalian jual atau penawaran voucher dan diskon kepada para pemenang kuis.
Konten giveaway ini bisa berisikan ajakan kepada para followers untuk mengundang temannya mengikuti kuis atau sekedar membagikan kesan dan pesan tentang produk yang kalian tawarkan. Semakin banyak yang ikut bergabung maka jangkauan promosi bisnis kalian pun akan semakin luas.
Baca Juga : Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis
Memberikan Informasi Tutorial
Informasi tentang tutorial memang sedang nge-trend di berbagai platform sosial media. Kalian juga bisa memanfaatkan konten bertema tutorial di sosial media bisnis kalian untuk meningkatkan pengunjung. Jangan lupa untuk menyelipkan promosi mengenai produk atau jasa kalian saat membagikan konten tutorial ini.
Konten tutorial ini sangat cocok untuk berbagai jenis bisnis baik itu kuliner, skincare, hingga pakaian. Untuk memberikan kesan yang lebih natural, jangan mempromosikan brand yang kalian punya di semua jenis konten tutorial di akun bisnis sosial media kalian. Strategi yang satu ini dikenal dengan teknik soft selling agar para audiens juga tidak merasa bosan dengan semua postingan produk jualan kalian.
Melakukan Q&A
Melakukan Q&A dengan para audiens juga bisa menjadi tema konten sosial media yang menarik. Karena sesi tanya jawab membutuhkan audiens tentu kalian harus siap menerima banyak pertanyaan dari para followers kalian. Cara ini bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan kedekatan kepada para pelanggan sekaligus bisa menjadi bahan evaluasi untuk lebih meningkatkan kualitas produk yang kalian tawarkan.
Sesi Q&A juga menjadi langkah yang tepat oleh sebuah perusahaan untuk membangun komunikasi dengan para konsumennya. Secara tidak langsung, kalian juga telah menumbuhkan kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang kalian jalankan. Konten tanya jawab ini bisa kalian lakukan melalui live streaming atau sekedar membagikan postingan di Instagram dan biarkan para audiens membagikan pertanyaan mereka di kolom komentar.
Vlog
Saat ini banyak pengguna sosial media yang gemar menghabiskan waktunya untuk menonton video jenis vlog. Konten jenis vlog untuk bisnis kalian ini tentu berpeluang mendapatkan banyak engagement dari para audiens. Kalian bisa mengajak audiens untuk berinteraksi lewat vlog sambil memperlihatkan suasana perusahaan kalian. Karena ini adalah vlog bisnis maka fokuslah kepada mempromosikan bisnis dibandingkan membuat vlog pribadi.
Nah, setelah membaca ulasan di atas apakah kalian sudah mendapatkan ide konten media sosial untuk bisnis kalian? Kalau kalian masih bingung, mending kolaborasi dengan Buzzup.id saja. Buzzup akan membantu Anda dalam membuatkan content plan media sosial Anda dan menyesuaikan dengan bisnis yang Anda miliki. Gimana? Yuk dapatkan layanan sosial media terbaik untuk bisnis Anda.