Jumlah pengguna Facebook yang mencapai angka lebih dari dua milyar di seluruh dunia menjadikan Facebook sebagai platform yang cukup menjanjikan dalam menggaet banyak audiens. Saat ini Facebook pun telah memiliki fitur targeting audience ads yang akan lebih memudahkan Anda untuk memilih audiens.
Cara optimasi targeting audiens dari Facebook sendiri pada dasarnya cukup kompleks. Namun, tak perlu khawatir beberapa langkah berikut akan membantu Anda untuk lebih memahaminya.
Cara Optimasi Targeting Audiens Ads Facebook
Berikut terdapat 7 langkah yang pengiklan bisa lakukan untuk memaksimalkan iklan yang dibuat.
Mengatur target audiens sesuai kemiripan
Lookalike Audience merupakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk menjangkau audiens yang lebih luas denham spesifikasi profil yang masih sesuai dengan pencarian. Meskipun Anda tak memiliki daftar Following yang banyak di FB, Anda masih tetap bisa membuat Lookaloke Audience lewat perangkat Website Custom Audience.
Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Ads Untuk Pemula
Jika Anda telah menentukan audiens yang ingin ditiru, selanjutnya Anda bisa membuat jangkauan target audiens secara luas atau mempersempitnya. Facebook umumnya akan melakukan pencarian sekitar 1 persen pengguna dengan karakter yang sama pada negara yang Anda targetkan. Namun, agar jangkauan lebih optimal, Facebook akan menampilkan iklan Anda pada sekitar 10 persen pengguna yang memiliki banyak kemiripan dengan target audiens Anda pada negara tersebut.
Gunakan fitur “Must Also Match”
Fitur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan target audiens sesuai ketertarikan mereka ialah dengan menggunakan fitur Must Also Match. Beberapa jenis industri menggunakan fitur yang satu ini dan berhasil mendapatkan engagement audiens hingga sebesar 25 persen.
Fitur yang diluncurkan Facebook pada tahun 2015 silam ini juga menunjukkan hasil marketing yang lebih efisien dan efektif.
Berkreasi dengan fitur “Life Events”
Pada dasarnya beberapa jenis bisnis akan semakin mendekatkan target pasarnya sesuai dengan pengalaman tertentu pada hidup seseorang. Sebagai contoh, para pemilik jasa bersih-bersih rumah akan menyasar orang-orang yang memiliki rutinitas yang super sibuk seperti pegawai kantoran. Atau fotografer pernikahan akan menargetkan para pasangan yang baru saja melangsungkan lamaran.
Momen-momen seperti inilah yang kerap kali diunggah oleh pengguna Facebook dan menghiasi time line. Kemudian, Facebook pun akan memanfaatkannya untuk dimasukkan ke dalam fitur Life Event untuk ads mereka.
Bisa dibilang fitur ini sangat unik karena Anda pun bisa melakukan targeting audience sesuai periode waktu tertentu. Sebagai contoh, jika Anda memiliki usaha perhiasan maka Anda bisa menarget audiens yang akan merayakan ulang tahun pernikahan pertama. Kemudian Facebook pun akan menyasar audiens yang memiliki usia pernikahan kurang dari dari setahun. Anda bisa mengatur periodenya dalam tiga opsi yaitu tiga bulan, enam bulan, dan satu tahun.
Targeting berdasarkan lokasi
Dalam menargetkan lokasi, Facebook menyediakan beberapa opsi di dalam fitur-fiturnya. Fitur ini sangat cocok bagi para marketer lokal. Salah satu cara termudahnya ialah dengan memasukkan kota tertentu sebagai lokasi dari bisnis yang dijalankan.
Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya yaitu Local Awareness Ads. Fitur yang satu ini akan menyasar lokasi yang lebih spesifik lagi di mana Anda bisa melakukan targeting audiens pada jarak tertentu dari sebuah alamat. Ketika seseorang sedang berada pada radius tertentu yang Anda tentukan maka Facebook ads pun akan langsung menyasarnya.
Menargetkan audiens yang Tech-Savvy
Anda juga bisa meningkatkan konversi dengan menarget audiens yang tech-savvy. Umunya, jenis audiens yang tech-savvy cenderung sering melakukan sign up dan pembelian. Sebagai pengiklan, Anda bisa menggunakan komponen perilaku sebagai dasar dalam menyasar para audiens.
Yang lebih menarik lagi, fitur behaviors di dalam Facebook ads juga bisa membantu Anda untuk meminimalisir audiens yang memiliki kecenderungan kecil untuk melakukan konversi. Meskipun Anda tidak bisa menghapus perilaku tertentu, akan tetapi Anda tetap bisa mengelabuinya lewat fitur behaviors ini.
Jika Anda menargetkan audiens tech -savvy maka hilangkanlah checklist pada jaringan 2G/3G. Silahkan memilih jaringan 4G dan wifi. Opsi ini akan lebih mudah untuk menyasar audiens yang lebih tech-savvy, pengguna smartphone serta audiens yang suka melakukan klik ads.
Baca Juga: Mengenal 12 Fitur Facebook Ads yang Bermanfaat Bagi Bisnis Anda
Ciptakan loyalitas pada audiens
Untuk menumbuhkan loyalitas pada audiens, para pengiklan banyak menggunakan fitur Facebook Custom Audiences. Fitur ini juga mampu memperkuat brand bisnis sehingga para audiens semakin meningkatkan kepercayaannya pada bisnis Anda.
Tak hanya itu saja, fitur ini juga membantu meminimalisir munculnya klik yang sia-sia. Sebagai contoh, jika Anda menawarkan free trial pada pengguna baru maka Anda tak perlu memunculkan Facebook Ads pada subscriber lama. Dengan menggunakan Custom Audiences Anda pun bisa mengunggah list telepon pelanggan atau email para pelanggan ke Facebook.
Bedakan kampanye mobile dan desktop
Secara keseluruhan, terdapat lebih dari 95 persen Facebook Ads ditampilkam lewat perangkat mobile. Namun, meskipun demikian, Anda juga tak boleh mengabaikan para pengguna desktop. Sayangnya, Facebook memang belum memiliki fitur CPC atau Cost per Click yang sama pada setiap platform tersebut.
Oleh sebab itu, agar tak mengeluarkan banyak budget, cobalah melakukan tiga tes berupa tes pada mobile dan desktop, tes pada desktop saja dan tes khusus mobile. Gunakanlah hasil tes yang Anda dapatkan untuk menentukan tata letak Facebook Ads.
Perlu Anda tahu bahwasannya para pelanggan menggunakan desktop dan mobile secara berbeda, oleh sebab itu, pisahkanlah jenis kampanye untuk mendapatkan target audiens secara akurat.
Agar tidak mengeluarkan terlalu banyak biaya, Anda dapat melakukan tiga tes, yakni melakukan tes pada mobile dan desktop, tes kedua hanya pada desktop, dan tes ketiga hanya untuk mobile.
Kegunaan Target Audience
Silahkan menyimak beberapa manfaat kehadiran target audience sebagai salah satu strategi dalam sosial media marketing.
Memudahkan pembuatan konten
Jika Anda telah memahami dengan baik mengenai target audiens seperti apa yang diinginkan maka Anda pun akan lebih mudah membuat konten.
Kegiatan marketing tepat sasaran
Isi konten yang sesuai dengan target audiens tentu juga akan lebih tepat sasaran. Dengan begitu, strategi pemasaran pun akan semakin optimal.
Penggunaan sumber daya menjadi maksimal
Menentukan target audience sejak awal juga akan membuat pemanfaatan sumber dana menjadi lebih maksimal terutama dalam budgeting strategi marketing. Jika Anda tak menentukan target audience sebelumnya bisa saja Anda menggelontorkan uang secara percuma. Dana bisnis perusahaan pun terpakai secara lebih efektif.
Baca Juga: Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens
Mengantisipasi persaingan yang tidak sehat
Dengan menggunakan target audience maka Anda bisa terhindari dari persaingan bisnis yang tak sehat. Tentu Anda tak mau bukan jika dianggap sebagai perebut pangsa pasar atau plagiat ide oleh kompetitor bisnis lainnya.
Oleh sebab itu, mengenal target audience akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan dan mengumpulkan informasi yang sesuai dengan target bisnis atau produk yang akan Anda tawarkan kepada masyarakat.
Memanfaatkan targeting audience ads Facebook memang akan sangat membantu Anda dalam meningkatkan pemasaran produk yang dipasarkan. Namun, lebih dari itu jangan lupa juga untuk selalu mengutamakan kualitas produk bisnis Anda.