Digital Marketing

Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Ads Untuk Pemula

Source: Pexels.com
Cara Memasang Iklan FB Ads untuk Pemula

Walaupun facebook mulai ditinggalkan dan terkesan sebagai media sosial jadul di Indonesia, namun nyatanya pengguna facebook di dalam dan luar negeri, masih banyak sekali. Hal tersebut yang membuat pemasangan iklan di facebook ads masih menjadi pilihan pemasar dalam menjalankan aktivitas pemasaran. Lalu, bagaimana memasang iklan di facebook ads untuk pemula secara efektif.

Facebook adalah platform yang memungkinkan Anda menjangkau jutaan target pasar lebih luas hingga ke luar negeri. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas, bagaimana cara mudah pasang iklan di facebook ads untuk pemula.

Apa itu Facebook Ads

Apa itu Facebook Ads
Apa itu Facebook Ads

Facebook ads merupakan fitur yang sangat memungkinkan pengguna melakukan iklan produk dengan lebih mudah. Iklan akan dipasang pada sebuah page maupun akun bisnis, dengan bantuan sistem yang akan lebih mengoptimalkan niche pasar maupun budget yang bisa Anda kelola sendiri

Fitur ini dapat memberikan kemudahan dalam melakukan penawaran pada target yang dianggap sesuai dengan kriteria yang telah Anda sesuaikan sebelumnya. Dengan begitu peluang melakukan konversi akan semakin tinggi.

Pengguna akan diberikan kebebasan dalam melakukan iklan melalui media gambar, video maupun perpaduan gambar dan video. Pengguna juga dapat menentukan tujuan iklan untuk pengenalan produk, mendatangkan traffic maupun mendatangkan lead atau calon customer.

Baca Juga: Mengenal 12 Fitur Facebook Ads yang Bermanfaat Bagi Bisnis Anda

Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Ads Untuk Pemula

Banyak yang belum menyadari, fitur facebook ads memiliki banyak keunggulan jika digunakan secara maksimal. Untuk itu bagi Anda yang merasa masih pemula dalam fitur ini, silahkan ikuti cara dibawah ini:

1. Buat Halaman di Facebook

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, fitur ini tersedia pada halaman atau page, untuk itu Anda perlu membuat halaman facebook terlebih dahulu. Untuk membuat halaman Anda bisa mengikuti langkah dibawah ini:

Cara Mudah Memasang FB Ads untuk pemula

  • Login facebook bisnis Anda, lalu buka “Facebook Page” lalu pilih “Buat Halaman Baru”.
  • Anda akan diberikan dua opsi halaman, yaitu page “Bisnis atau Merek” maupun page “Komunitas atau Tokoh Masyarakat”
  • Klik “Memulai” untuk melanjutkan pembuatan konfirmasi dengan memasukkan kata sandi Anda.
  • Isi informasi yang dibutuhkan dan pilih kategori bisnis Anda.
  • Lalu klik “Buat Halaman”
  • Tunggu hingga halaman selesai dibuat.

2. Lengkapi Biodata dan Pengaturan Page

Langkah berikutnya, Anda bisa melengkapi biodata dari halaman yang sudah Anda buat. Anda bisa mengikuti notifikasi atau bantuan pengaturan apa saja yang harus Anda lengkapi. Jangan lupa upload foto profil dan sampul sesuai bisnis atau merek Anda.

Baca Juga: Cara Mudah Menjalankan Facebook Ads

3. Pasang Iklan

Berikut beberapa cara mudah pasang iklan di facebook ads untuk pemula:

  • Buka facebook ads manager, login dengan akun yang tertaut dengan halaman yang Anda buat sebelumnya.
  • Pilih tab “Kampanye” dan buat iklan baru.
  • Pilih satu jenis iklan yang Anda ingin buat, iklan cepat maupun iklan terpadu, pilih iklan terpadu untuk mengatur target Anda.
  • Pilih tujuan iklan Anda. Ada tiga kategori tujuan, yaitu “Kesadaran” yang mencakup iklan perkenalan produk maupun jasa, “Pertimbangan” mencakup peningkatan traffic dan yang terakhir “Konversi” yang mencakup peningkatan penjualan.
  • Selanjutnya pilih jenis iklan yang akan dibuat. Ada dua jenis yaitu “Uji Split” maupun juga “Pengoptimalan Anggaran”.
  • Uji Split merupakan iklan perbandingan dari iklan yang Anda buat untuk dua jenis target yang sudah Anda atur sebelumnya. Iklan ini bertujuan untuk menemukan pasar yang tepat untuk produk Anda.
  • “Pengoptimalan Anggaran” merupakan sistem yang dibuat facebook untuk memaksimalkan budget yang Anda miliki, sehingga iklan akan menghasilkan promosi yang lebih efisien.
  • Lengkapi informasi iklan seperti nama iklan, produk atau jasa, harga, hingga tautan website maupun marketplace yang Anda miliki
  • Aktifkan fitur tampilkan promo untuk menyertakan popup promo untuk menarik minat pelanggan pada produk maupun jasa yang Anda promosikan.
  • Sesuaikan “Spesifikasi Audience” sesuai niche pasar atau target yang Anda inginkan. Spesifikasi yang akan Anda sesuaikan adalah pemirsa khusus (pelanggan yang pernah melakukan transaksi), lokasi, umur, jenis kelamin dan bahasa.
  • Tentukan penempatan iklan atau luasan sebaran, sehingga iklan lebih terarah sesuai jangkauan yang Anda inginkan.
  • Untuk lebih efisien, Anda bisa melakukan penjadwalan melalui tools penjadwalan yang disediakan.
  • Pilih format iklan, pengisian teks dan deskripsi, dan masukkan gambar maupun spesifikasi iklan lainnya.
  • Lakukan proses pembayaran sesuai pembayaran yang Anda kehendaki.

Demikianlah cara memasang FB Ads untuk pemula. Anda bisa mencobanya secara langsung, untuk mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran bisnis yang akan Anda jalankan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *