Di era digital saat ini, para pelaku usaha sudah seharusnya memanfaatkan Instagram Ads untuk meningkatkan penjualannya. Cara IG Ads untuk para pebisnis pemula pada dasarnya juga cukup mudah. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan IG Ads sebagai salah satu strategi marketing.
Seperti yang telah diketahui jika jumlah pengguna Instagram terbilang fantastis di tanah air. Hampir semua kalangan telah memiliki akun Instagram. Melihat peluang seperti ini maka ada baiknya untuk segera menggunakan IG Ada demi mengembangkan bisnis Anda ke pangsa yang lebih luas lagi.
Masuk Ke Facebook Ads Manager
Pertama-tama silahkan masuk ke laman Facebook Ads Manager lebih dulu. Masuklah menggunakan akun Facebook yang telah terintegrasi dengan IG.
Klik Pembuatan Iklan Terpadu
Langkah selanjutnya ialah dengan membuka menu pembuatan iklan terpadu. Pastikan untuk tidak memilih opsi iklan cepat. Pasalnya, pembuatan iklan terpadu akan menghasilkan iklan yang lebih spesifik dan akan meningkatkan jangkauan produk yan diiklankan.
Baca Juga: Cara Mudah Pasang Iklan di Facebook Ads Untuk Pemula
Menentukan Tujuan Iklan
Cara IG Ads yang ketiga ialah dengan menentukan tujuan iklan yang akan Anda buat. Facebook sendiri menyediakan tiga opsi yaitu konversi, kesadaran dan pertimbangan. Silahkan memilih salah satu opsi tersebut serta sesuaikan dengan dengan jenis bisnis yang Anda jalankan.
Memilih Jenis Iklan
Setelah itu, lanjutkan dengan memilih jenis iklan. Facebook juga menghadirkan dua pilihan iklan yaitu pengoptimalan anggaran dan uji split. Anda hanya perlu memilih salah satunya karena keduanya sulit digunakan secara bersamaan.
Umumnya, iklan dengan jenis pengoptimalan anggaran tidak memerlukan modal yang banyak akan tetapi efektifitasnya tidak seunggul uji split. Meskipun uji split membutuhkan biaya yang lebih besar akan tetapi audiens yang akan dijangkau lebih luas sehingga mampu meningkatkan penjualan bisnis Anda.
Tulislah Nama Iklan dan Pilih Tujuan Traffic Iklan
Pada bagian ini silahkan memasukkan nama iklan dan tujuan trafik iklan Anda. Beberapa pilihan trafik yang bisa Anda pilih di antaranya seperti website, Messanger, WhatsApp atau Aplikasi.
Klik Menu Tampilkan Promo
Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah dengan mengklik menu tampilkan promo sehingga iklan bisa dipromosikan.
Menentukan Target Audience
Pada bagian yang satu ini terdapat beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.
Lokasi
Para pembuat iklan bisa menentukan target lokasi iklan bahkan Anda bisa memasukkan lebih dari satu negara, wilayah, kota, kode pos hingga alamat yang lebih detail lagi.
Pemirsa Khusus
Anda juga bisa menentukan target audiens secara khusus seperti audiens yang pernah berinteraksi dengan situs bisnis maupun Facebook bisnis milik Anda.
Umur
Opsi yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengatur jangkauan iklan audiens untuk usia berapa saja.
Bahasa
Para pemilik iklan pun bisa menginput bahasa yang digunakan oleh satu negara atau wilayah yang dijadikan target audiens.
Jenis Kelamin
Pada pilihan ini, Anda bisa memasukkan jenis kelamin sesuai target audiens iklan yang diinginkan.
Koneksi
Sebagai pemilik iklan Anda bisa menentukan target audiens yang terkoneksi dalam grup atau komunitas yang sama.
Penargetan Terperinci
Untuk mendapatkan audiens yang lebih terperinci, para pemilik iklan bisa memanfaatkan opsi yang satu ini.
Pilih Penempatan Otomatis
Setelah mengatur beberapa opsi di bagian menentukan target audience, selanjutnya Anda akan memilih opsi penempatan otomatis agar iklan bisa ditampilkan pada setiap aplikasi yang terhubung dengan Facebook.
Baca Juga: Mengenal Native Ads dan Jenis-Jenisnya
Pilih Jadwal Tayang
Langkah selanjutnya ialah dengan menentukan durasi iklan yang akan Anda tayangkan misalnya satu atau dua bulan lamanya.
Hubungkan dengan Akun Instagram
Untuk menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook Anda, ada baiknya jika Anda menggunakan akun Instagram khusus dibandingkan menggunakan akun pribadi.
Pilih Format Iklan
Kemudian, cara IG Ads selanjutnya ialah dengan memikih jenis format iklan. Adapun beberapa jenis format iklan yang bisa Anda gunakan ialah gambar tunggal, tayangan slide, koleksi, video tunggal dan karosel.
Buat Deskripsi Iklan
Dalam membuat Instagram Ads Anda juga perlu membuat deskripsi iklan. Setelah itu, Anda hanya tinggal memasukkan link situs bisnis Anda lalu memilih gambar dan menuliskan judul iklannya.
Selesaikan Pembayaran
Setelah langkah-langkah di atas, selanjutnya Anda hanya perlu melakukan pembayaran dan iklan pun akan ditayangkan.
Cara IG Ads di atas merupakan langkah penting bagi setiap pelaku bisnis dalam memasarkan produk atau jasa mereka. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas.