Sosial Media

Jualan Makin Laris! Ini 5 Cara Mudah Mempromosikan Produk di TikTok

Source: Pexels.com
Cara Mempromosikan Produk di Tiktok

Pernahkah Anda mencoba untuk mempromosikan produk Anda di TikTok? Jika iya, maka Anda tak salah mengambil keputusan. Sebab. popularitas TikTok telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tak heran jika kata kunci ‘cara mempromosikan produk di TikTok’ merupakan salah satu yang paling banyak dicari.

Terutama jika target pasar Anda adalah Gen Z, TikTok bisa menjadi channel yang sangat menarik untuk memasarkan bisnis Anda. Baik itu membuat konten sendiri, berkolaborasi dengan influencer, atau meluncurkan kampanye iklan berbayar, bisa Anda lakukan di TikTok untuk mempromosikan brand atau produk Anda.

Cara Mempromosikan Produk di TikTok

Bagi Anda yang mungkin mengira TikTok mirip dengan Instagram Reels, maka Anda salah. Karena nyatanya Instagram meluncurkan Reels untuk bersaing dengan TikTok. Jadi, membuat konten Anda sendiri di TikTok sebagai cara untuk mempromosikan produk adalah pilihan yang sangat tepat.

Baca Juga: 4 Rahasia Strategi Marketing TikTok yang Sukses

Lantas, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan supaya bisa mempromosikan produk di TikTok? Coba ikuti cara-cara kreatif berikut ini, ya!

1. Buat Konten Yang Unik dan Original

Saat Anda mulai menggunakan aplikasi TikTok untuk mempromosikan bisnis Anda, salah satu hal pertama yang mungkin Anda perhatikan adalah banyaknya materi video yang tersedia di platform. Untuk bisa menonjol alias masuk FYP dan melibatkan lebih banyak pemirsa, maka konten video Anda harus unik dan menyenangkan untuk ditonton.

Saat membuat konten video promosi produk untuk diposting di TikTok, Anda harus terlihat seotentik mungkin. Pelajari tiap konten yang sedang viral dan trending di TikTok sehingga konten Anda bisa membaur secara alami dan secara otomatis meningkatkan keterlibatan pemirsa dengan produk Anda.

Selain itu, sebagian besar pemirsa pasti ingin melihat kreativitas dalam dosis yang sehat dalam video Anda. Jadi ,pastikan untuk menggunakan tagar, sound, dan challenges yang lagi trending. 

Salah satu cara termudah untuk mempromosikan produk Anda secara organik adalah dengan menandai item di video Anda. Anda dapat menandai produk dengan sangat mudah saat menggunakan fitur TikTok Shop.

2. Berpartisipasi di TikTok Challenges

Sama seperti platform media sosial lainnya, konten jenis ini sangat populer di TikTok. Terdapat banyak jenis challenges berbeda yang muncul di FYP TikTok, salah satunya branded challenges yang dibuat oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awareness

Jadi, berpartisipasi di TikTok challenges bisa jadi cara yang kreatif jika tujuan Anda adalah untuk mempromosikan produk Anda dan menjadi viral. 

3. Manfaatkan Hashtag yang Sedang Tren

TikTok memiliki fitur Discover yang bisa Anda gunakan untuk menemukan video dan tagar yang sedang tren. Melalui rekomendasi yang muncul di Discover, Anda bisa melihat apa yang sedang tren dan mulai merencanakan penjadwalan konten Anda.

Saat Anda memposting di TikTok, metode terbaik adalah memilih beberapa tagar viral dan beberapa tagar khusus. Ini adalah taktik yang jitu untuk masuk ke tagar yang sedang tren karena dapat memberi Anda potensi untuk menjangkau audiens yang besar, tetapi perlu diingat bahwa tagar ini harus tetap relevan dengan konten dan produk Anda sehingga algoritma memahami tentang konten video yang Anda posting.

4. Berkolaborasi dengan Influencer

Bekerjasama dengan influencer telah lama menjadi strategi yang ampuh untuk mempromosikan produk, tak terkecuali di TikTok. Seorang influencer dikenal telah memiliki basis pengikut mereka dan tahu konten apa yang menginspirasi mereka untuk bertindak, membeli, atau mengklik lebih jauh. 

Jadi, ada baiknya Anda membiarkan influencer membuat konten untuk mempromosikan produk Anda. Namun, sebelum memilih influencer untuk bermitra, riset terlebih dahulu apakah apakah audiens target mereka relevan dengan produk Anda, apakah value dan minat mereka cocok dengan bisnis Anda, hingga bagaimana reputasi mereka.

Jangan bermitra dengan influencer TikTok hanya berdasarkan jumlah pengikut saja.

Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia

5. Gunakan TikTok Ads

Untuk meningkatkan jangkauan kampanye promosi produk, Anda bisa manfaatkan fitur-fitur yang ada di TikTok Ads. TikTok Ads memungkinkan Anda untuk menjalankan berbagai iklan dan mempromosikan produk mereka sambil memantau bahwa iklan menyatu dengan baik dengan konten lainnya.

Kesimpulan

TikTok dapat menjadi tempat yang tepat bagi Anda untuk mempromosikan produk maupun brand Anda. Dan menggunakan beberapa cara mempromosikan produk di TikTok di atas, bisa Anda segera terapkan supaya penjualan Anda meningkat dan makin laris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *