Sosial Media

Social Media Management Adalah: Definisi dan Manfaatnya untuk Bisnis

Social Media Management

Apakah kamu bekerja untuk meng-handle media sosial di rumah untuk berbisnis? Atau apakah kamu baru saja bergabung dengan agensi digital sebagai social media manager? Jika iya, artinya kamu harus memahami dasar-dasar social media management, mulai dari perencanaan dan penganggaran hingga pembuatan konten dan kolaborasi.

Pasalnya, social media management adalah bagian dari strategi pemasaran digital yang penting dan harus terstruktur dengan baik. Maka dari itu, artikel ini akan mengupas tuntas perihal manajemen media sosial untuk membantu kamu, mulai dari definisi hingga manfaatnya untuk bisnis.

Apa Itu Social Media Management?

Apa Itu Social Media Management

Sumber: Pexels

Social media management adalah serangkaian proses pembuatan, penerbitan, analisis konten yang kamu posting di akun media sosial kamu. Konten yang diposting tadi kemudian kamu monitoring guna mengetahui seberapa besar engagement, mention, serta pertumbuhan komunitas pelanggan. 

Sederhananya, ini adalah proses mengelola strategi media sosial secara komprehensif (menyeluruh). Tetapi manajemen media sosial sedikit lebih strategis lantaran melibatkan lebih dari sekadar membalas tweet dan komentar.

Baca Juga: 7 Strategi Social Media Marketing Terbaru 2021

Bergantung pada tujuan perusahaan, proses ini dapat mencakup hanya satu atau lebih dari selusin saluran, mulai dari Facebook hingga YouTube. Tidak peduli berapa banyak channel medsos yang digunakan, social media management adalah bagian integral dari strategi pemasaran perusahaan dan dapat menghasilkan laba atas investasi (ROI) yang terukur.

Karena sifatnya yang lebih komprehensif, maka mengelola media sosial biasanya memerlukan tools, aplikasi, maupun software yang mampu membantu pembuatan dan sharing konten bisnis di medsos. 

Adapun kegiatan yang termasuk ke dalam media sosial manajemen adalah scheduling posting, budgeting, mempelajari dan memeriksa statistik audiens, dan masih banyak lagi.

Manfaat Social Media Management untuk Bisnis

Manfaat Social Media Management

Sumber: Pexels

Mengelola akun media sosial untuk berbisnis, terutama jika kamu punya lebih dari satu akun, bisa menjadi tugas yang memusingkan. Padahal jika dilakukan dengan benar dan konsisten, ada banyak manfaat dari social media management yang dapat kamu dapatkan, di antaranya: 

1. Meningkatkan Jangkauan Tanpa Biaya yang Besar.

Sebenarnya, media tradisional bisa digunakan untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, tetapi bisa sangat mahal dan memakan waktu. Namun, dengan media sosial, kamu bisa memiliki jangkauan global dalam waktu singkat. 

Itu karena media sosial memungkinkan kamu untuk menyesuaikan konten guna menjangkau tidak hanya pasar umum tetapi juga segmen pasar tertentu. Dengan begitu, bisnis kamu bisa dengan mudah untuk menyebarkan pesan, membagikan informasi produk dan layanan secara lebih luas daripada sebelumnya. 

Dan yang lebih penting, budget yang dibutuhkan jauh lebih terjangkau daripada menggunakan media tradisional. Di sinilah pentingnya manajemen media sosial dan kamu tak boleh ketinggalan mengambil manfaat ini.

2. Membantu Membangun Hubungan dengan Pelanggan

Media sosial digunakan untuk berinteraksi dengan konsumen dan jaringan di industri kamu secara real time. Kamu bisa memperoleh umpan balik, menguji ide, mengelola layanan pelanggan, dan menjalankan kampanye pemasaran media sosial, semuanya di platform yang sama. 

Dengan manajemen media sosial yang baik, komunikasi antara kamu dan konsumen  juga bisa berkembang menjadi hubungan dan kepercayaan positif. Manfaat inilah tidak pernah bisa ditawarkan oleh media tradisional.

3. Lebih Praktis dalam Mempromosikan dan Membagikan Informasi

Dewasa ini, masyarakat sudah bisa membedakan mana bisnis yang profesional dan yang tidak, salah satunya punya presensi tersendiri di media sosial. Maka dari itu, untuk mempromosikan dan membagikan informasi seputar produk atau layanan jadi makin mudah di media sosial. 

Kamu tinggal upload konten promosi produk atau layanan kamu di semua akun medsos yang kamu punya untuk memperoleh jangkauan yang lebih luas. Terlebih lagi ada fitur ads manager dan analitik yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah dalam mengelola hingga memantau perkembangan konten promosi kamu.

4. Meningkatkan Potensi Penjualan

Sebagaimana yang telah disinggung pada poin sebelumnya, bahwa social media management merupakan bagian yang penting dari strategi pemasaran media sosial. Jadi, jika konten yang kamu upload ke medsos mampu menarik perhatian audiens, maka potensi mereka untuk membeli produk atau layanan kamu juga semakin besar. 

Secara otomatis, daya beli audiens yang meningkat ini bisa menaikkan penjualan bisnis kamu. Bahkan, bukan hal yang tak mungkin jika banyak audiens yang melakukan pembelian ulang atau merekomendasikannya kepada orang lain. 

Tips Memilih Platform untuk Social Media Management yang Tepat

Memilih Platform untuk Social Media Management

Sumber: Unsplah

Sebelum kamu mulai menyusun rencana untuk mengelola media sosial, kamu perlu mempertimbangkan platform media sosial terbaik untuk bisnis kamu. Nah, berikut ini ulasan singkat tentang berbagai platform dan manfaat apa yang bisa bisnis kamu dapatkan:

1. Facebook

Platform medsos ini memiliki jumlah pengguna aktif sebanyak 2,93 miliar pada tahun 2022, dari berbagai latar belakang. Di Indonesia sendiri saja, sudah sebanyak 129,85 juta orang yang menggunakan Facebook. 

Dengan banyaknya basis pengguna tersebut, kamu bisa memanfaatkan platform ini untuk menyukseskan manajemen sosmed kamu, terutama dalam hal membangun hubungan antara brand kamu dengan audiens. Facebook bisa jadi platform terbaik untuk kamu yang ingin membangun loyalitas basis pelanggan yang sudah ada.

2. Twitter

Platform selanjutnya ada Twitter. Twitter bisa jadi pilihan platform yang sangat recommended untuk membangun brand awareness produk kamu. Itu karena Twitter menggunakan tagar, yang mengatur percakapan seputar kata atau frasa. 

Dengan mencari tagar, kamu bisa dengan mudah mempelajari topik atau tren yang hangat dibicarakan orang sehingga kamu bisa menyusun tweet guna mengambil bagian dalam percakapan populer. Karena Twitter dapat menawarkan wawasan tentang topik yang sedang tren, Twitter sering digunakan oleh outlet berita untuk menemukan berita. 

Jadi, bagi kamu yang ingin meningkatkan brand awareness dan butuh untuk sering meng-update secara real time kepada audiens tentang bisnis kamu, coba gunakan Twitter.

3. Youtube

Meskipun YouTube memiliki 2,3 miliar pengguna, jangkauannya jauh melampaui itu. Bahkan, orang-orang tidak perlu mendaftar menjadi pengguna untuk melihat konten di YouTube. Maka tak heran, jika YouTube kini menjadi salah satu platform mesin pencari terbesar. 

Di YouTube, ada banyak jenis konten video yang sering dicari orang, seperti konten tutorial, hiburan, edukasi, dan lain-lain yang bisa kamu jadikan banyak ide untuk mempromosikan bisnis kamu. 

Jadi, jika kamu ingin mempromosikan bisnis kamu kepada khalayak ramai, YouTube bisa jadi platform yang sangat menjanjikan. Bahkan, melalui YouTube kamu juga bisa mengarahkan trafik ke akun medsos bisnis kamu yang lain dengan mencantumkan nama akun di layar atau deskripsi.

4. Instagram

Instagram adalah salah satu platform yang tumbuh paling cepat, terutama di kalangan audiens muda. Platform ini mengandalkan foto atau video untuk percakapan. Hasilnya, platform ini bekerja sangat baik untuk bisnis berbasis visual, seperti seni, makanan, ritel, dan kecantikan. 

5. TikTok

Platform ini dikenal dengan kumpulan konten video pendeknya. Untuk keperluan social media management, TikTok bisa jadi platform terbaik buat kamu yang menjalankan bisnis bisnis berbasis visual seperti seni, makanan, ritel, kecantikan, dan beberapa industri jasa. 

TikTok memiliki demografi yang sangat muda. Sehingga, platform ini berguna untuk menargetkan kelompok usia 18-24 tahun dan membangun brand awareness.

Baca Juga: 6 Jenis Konten Media Sosial yang Menarik dan Kreatif

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa social media management adalah alternatif yang tepat bagi para pebisnis yang ingin memperbesar peluang untuk sukses mengembangkan usahanya dengan menghemat biaya dan waktu. 

Apalagi kini banyak muncul layanan profesional dan tools social media management yang bisa dimanfaatkan supaya hasil yang didapatkan lebih optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *