Sosial Media

Apa saja Jenis-Jenis Pekerjaan Influencer? Cek Di Sini Sekarang Juga!

Pekerjaan Influencer

Banyak yang mengira jika pekerjaan influencer adalah hal yang sangat mudah. Padahal, menjadi influencer tak mudah yang terlihat loh. Meskipun demikian, influencer termasuk salah satu jenis pekerjaan yang paling banyak diincar hari ini.

Tidak bisa dipungkiri, penghasilan dari menjadi seorang influencer memang sangat fantastis. Tak heran jika profesi yang satu ini semakin diminati termasuk oleh para anak muda milenial.

Kategori Influencer

Untuk membedakan rate dari setiap influencer maka kategorinya pun dibagi menjadi tiga jenis seperti penjelasan berikut ini.

Nano influencer

Umumnya nano influencer memiliki followers yang tidak terlalu banyak. Jumlah pengikut hanya berada di kisaran puluhan hingga ratusan followers saja. Nano influencer paling sering memenuhi permintaan dari usaha rumahan atau UMKM dengan target audiens dan jarak lokasi yang dekat.

Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia

Micro Influencer

Adapun jumlah followers dari kategori micro influencer ialah berada di kisaran 1000 hingga 10.000 followers. Kebanyakan influencer dan kategori yang satu ini banyak melakukan kerja sama dengan beberapa jenis brand untuk memasarkan produk-produk mereka pada target konsumen yang lebih spesifik.

Macro Influencer

Kategori influencer yang terakhir ialah macro influencer. Berbeda dengan dua kategori influencer sebelumnya, macro influencer pada umumnya memiliki jumlah followers di atas 100.000 bahkan di atas 1.000.000.

Banyak brand-brand besar dan ternama melakukan kerja sama dengan macro influencer untuk mendapatkan jangkauan pangsa pasar yang lebih luas lagi. Tak heran, jika para macro influencer bisa mendapatkan nilai ratecard yang sangat tinggi. Para macro influencer juga kerap ditunjuk sebagai brand ambassasor produk atau jasa karena memiliki jumlah followers yang sangat fantastis.

Jenis-Jenis Pekerjaan Influencer

Berikut merupakan beberapa jenis influencer dari berbagai platform yang perlu Anda ketahui perbedaannya masing-masing.

Blogger

Blogger dapat dikatakan sebagai salah satu jenis influencer sosial media yang cukup legend. Jauh sebelum kemunculan selebtwit, selebgram hingga youtuber, blogger termasuk influencer yang paling banyak diminati.

Para blogger fokus untuk membuat konten lewat tulisan yang kemudian dipublikasikan lewat media blog. Kebanyakan konten-konten dari blog memuat review sebuah produk atau jasa dari perusahaan.

Youtuber

Banyak anak muda bahkan remaja saat ini tertarik untuk menjadi seorang Youtuber. Melihat Youtuber idola mereka melakukan vlog atau membagikan konten-konten seru membuat mereka pun tertarik untuk terjun sebagai seorang influencer lewat platform Youtube.

Pekerjaan yang satu ini terbilang susah-susah gampang. Pasalnya, menjadi seorang Youtuber dibutuhkan ketekunan dan skill untuk mengedit setiap konten video. Namun, dibalik itu semua, penghasilan dari menjadi seorang Youtuber sangatlah luar biasa. Anda bisa meraup jutaan hingga puluhan juta rupiah lewat satu konten video dengan view yang terbilang tinggi tentunya.

Selebgram

Pekerjaan influencer

Source: Cosmopolitan.co.id

Instagram masih menjadi platform media sosial yang cukup aktif dan ramai digunakan oleh banyak kalangan. Tak heran jika banyak brand mengandalkan para selebgram ternama untuk mempromosikan produk-produk mereka.

Platform Instagram termasuk jenis sosial media yang sangat populer sehingga peluang endorsement dari platform yang satu ini juga terbilang cukup tinggi.

Baca Juga: Berkenalan dengan Influencer Marketing, Jenis dan Manfaatnya Dalam Bisnis

Selebtweet

Selebtweet merupakan sebutan bagi pemilik akun yang terkenal di platform Twitter. Platform yang satu ini pernah mencapai masa kejayaannya sekitar tahun 2009 hingga 2014. Namun, setelah kemunculan Instagram, Twitter kembali meredup.

Meskipun demikian, saat ini Twitter kembali menjadi salah satu media sosial yang terbilang populer. Trending dengan beraneka macam topik membuat banyak orang kembali aktif bermain Twitter. Saat ini, brand-brand ternama pun banyak menggaet selebtwit untuk mempromosikan produk-produknya hingga memuncaki trending Twitter.

Selebtiktok

Selebtiktok termasuk jenis influencer terbaru di era digital saat ini. Meskipun awalnya Tiktok sempat dilarang di tanah air, saat ini Tiktok malah berhasil menarik pengguna akun sosial media lainnya untuk aktif di Tiktok.

Konten-konten video Tiktok bisa dibilang cukup unik dibandingkan platform lainnya, oleh sebab itu Tiktok banyak dipilih oleh para perusahaan sebagai salah satu platform marketing mereka. Tak heran pula jika banyak selebgram hingga Youtuber juga memiliki akun Tiktok.

Pekerjaan influencer memang cukup menarik di era kemajuan industri digital dan teknologi saat ini. Jika tertarik untuk menjadi seorang influencer sosial media, pastikan untuk selalu berinovasi dan berkreasi dengan setiap konten yang dibuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *