Sosial Media

6 Jenis Konten Media Sosial yang Menarik dan Kreatif

Jenis Konten Media Sosial untuk Bisnis

Jika kamu sedang berusaha meningkatkan keterlibatan audiens, mulai dari jumlah like, share, hingga menambah jumlah followers dari konten media sosial, maka kamu harus menyajikan jenis konten media sosial yang bervariasi, kreatif, dan berbobot. Memikirkan ide konten bukanlah suatu hal yang gampang, mengingat di satu titik kamu pasti pernah kehabisan ide.

Nah, untuk me-refresh ide-ide kamu, berikut ini beberapa jenis konten yang menarik, dan kreatif, dan pastinya cocok untuk kamu gunakan dalam mengembangkan bisnis.

Jenis Konten Media Sosial

Konten Entertain

Siapa sih yang tidak senang dihibur? Selain mencari dan membagikan informasi, sebagian besar pengguna media sosial di dunia ini kebanyakan menggunakan media sosial untuk mencari hiburan. Jadi hibur dan tarik perhatian followers medsos kamu dengan beberapa konten yang menghibur dan menyenangkan.

Konten yang menghibur sering kali mengandung unsur kelucuan dan sangat besar potensinya untuk dibagikan. Karena audiens akan merasa konten tersebut “Dia banget”. Tentunya ini menjadi keuntungan bagi media sosial kamu karena bisa menjangkau lebih banyak audiens.

Ada beberapa jenis konten entertain yang bisa kamu gunakan, di antaranya fun holidays, games, meme, jokes, konten throwback / nostalgia, kontes dan giveaway, teka-teki, dan komik. Di antara masing-masing jenis, tinggal pilih mana yang cocok untuk mempromosikan bisnis kamu.

Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba

Konten Inspirasi

Quotes inspirasi selalu jadi konten populer di media sosial. Nah, kamu bisa menggunakan ide ini untuk mengembangkan medsos kamu. Jenis konten inspirasi terbaik sering kali datang dalam bentuk studi kasus, testimoni pelanggan, kisah kegagalan serta tantangan yang dihadapi orang-orang sukses di sepanjang perjalanan bisnisnya.

Terdapat beberapa ide konten inspirasi yang bisa kamu aplikasikan. Mulai dari quotes, trivia atau fun facts, gambar, hingga kisah pribadi tentang kemenangan keberhasilan kamu atau klien kamu.

Konten Edukasi

Jenis konten media sosial berikutnya adalah konten edukasi. Kamu bisa bagikan informasi kecil tentang ilmu atau wawasan kamu untuk membangun faktor “know, like, dan trust” pada followers kamu. Begitu mereka merasakan manfaat dari konten kamu, maka media sosial kamu akan semakin dikenal.

Membagikan konten edukasi juga bisa membuat konsumen tertarik dengan produk dan layanan Anda sehingga meningkatkan prospek dan penjualan. Beberapa ide konten edukasi yang bisa kamu di antaranya menghubungkan kontenmu dengan postingan blog lain, tips dan trik, panduan, Q&A, penelitian industri, hingga live video training.

Konten Percakapan

Dalam memposting setiap konten di media sosial, usahakan untuk memicu percakapan dengan audiens kamu. Biasanya, followers medsos paling cepat merespons ketika kamu tidak hanya berbicara kepada mereka, tetapi juga mendengarkan melalui konten yang kamu posting.

Jangan hanya memposting visual liburan atau quotes, melainkan bagikan pendapat kamu tentang konten tersebut. Kemudian, tanyakan kepada followers kamu tentang pendapat mereka. Kamu bisa melakukan hal serupa dengan konten edukasi.

Misalnya “Pernahkah kalian mencobanya?”, “Apa kalian punya tips lain untuk dibagikan?”, “Tips mana yang menjadi favorit kamu?” Dan sebagainya. Kamu bisa gunakan beberapa ide konten seperti mengajukan pertanyaan, polling, fill in blanks, meminta saran, atau meminta pelanggan memberikan caption pada sebuah gambar.

Baca Juga: Terapkan Instagram Marketing Tips Berikut Untuk Meningkatkan Penjualan

Konten Koneksi

Seperti konten percakapan, kamu dapat menambahkan koneksi ke hampir semua posting medsos dengan memasukkan kepribadian kamu dalam pilihan gambar dan keterangan.

Bagi kamu yang introvert, mungkin cara ini kurang cocok. Namun, ingatlah bahwa orang-orang yang belum mengikuti kamu dan tidak mengenalmu mungkin tidak akan tertarik dengan feed yang sepenuhnya berisi selfie dan acara pribadi kamu.

Padahal ada banyak ide konten koneksi yang berhubungan dengan bisnis. Misalnya konten behind the scenes, product previews hanya untuk followers, foto-foto seputar hobi, liburan, keluarga, stories, nostalgia, foto dari acara yang kamu hadiri, minta pendapat atau masukan, dan lain sebagainya.

Konten Promosi

Media sosial juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan bisnis, salah satunya melalui konten. Ada banyak ide konten promosi yang bisa kamu gunakan, seperti webinar, produk dan layanan, testimoni pelanggan, dan diskon khusus.

Itu dia beberapa jenis konten media sosial yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu. Semoga artikel ini bisa membantu kamu untuk memuaskan followers saat ini serta menarik perhatian audiens baru dengan memposting konten berfaedah dari berbagai kategori. Mau konten kamu dibuatkan oleh tim Buzzup.id, bisa langsung cek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *