SEO

Kenapa SEO itu Perlu? Apa Manfaat SEO untuk Bisnis UKM

Seringkali kita mendengar SEO,  terutama dalam konteks  digital marketing, sebenarnya apa itu SEO dan apa manfaat SEO untuk bisnis ? terutama untuk bisnis UKM. SEO adalah  kependekan dari  Search Engine Optimization  dikutip dari Webopedia SEO adalah proses memperbaiki situs web atau halaman web sehingga meningkatkan kualitas dan kuantitas lalulintas organic dari mesin pencari. Singkatnya SEO adalah cara organik agar banyak orang mengunjungi  website dari mesin pencari seperti Google.

Cara Kerja SEO

Lalu, bagaimana cara SEO bekerja? Mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo menggunakan bot crawlers untuk mengecek setiap website. Bot ini mendatangi setiap web dan mengumpulkan informasi di dalamnya lalu memasukkanya ke dalam indeks. Kita ibaratkan bot ini seperti hansip yang mendatangi setiap warung di kompleks perumahan. Mendata setiap warung, apa yang mereka jual, siapa pemilk warung dan menginput informasi warung-warung tersebut ke dalam laporan RT yang bisa dilihat siapa saja.

Selanjutnya ada  algoritma yang akan menganalisis setiap data web tersebut, halaman demi halaman dengan mempertimbangkan banyak sekali faktor-faktor untuk menentukan pada urutan keberapa website itu akan muncul pada hasil pencarian di halaman Google. Ibaratnya seperti sekretaris RT yang diminta tolong warga untuk mencari tahu tentang suatu warung yang data- datanya telah dikumpulkan oleh hansip tadi.

Tidak seperti iklan berbayar,  kita tidak bisa memaksa mesin pencarian untuk membuat  peringkat pencarian  organik suatu website jadi lebih tinggi, di situlah dibutuhkan pakar SEO untuk mendorong peringkat SEO. Lalu apakah SEO bisa mendatangkan keuntungan bagi bisnis ?  apa saja manfaat SEO untuk Bisnis ?.

SEO sendiri  bukan cara langsung untuk menghasilkan penjualan. Ibaratnya, SEO hanya menunjukkan kepada calon pembeli atau pelanggan mengenai website kamu. Peringkat SEO bisa menjadi indikasi sales lead yang masuk ke website kamu, tapi untuk  membuat seorang calon pembeli menjadi pembeli tentunya ada banyak faktor selain SEO.

Manfaat SEO untuk Bisnis

Manfaat SEO untuk Bisnis

Lalu apa sebenarnya manfaat SEO untuk bisnis UKM?. Untuk sebuah bisnis tidak diragukan lagi adalah  menarik pengunjung ke sebuah website, sehingga  membuat calon pembeli semakin banyak. Bagaimana dengan bisnis kecil seperti UKM, apakah perlu SEO ?

Meningkatkan Visibilitas

Salah satu manfaat SEO untuk bisnis UKM adalah  meningkatkan visibiltas usaha tersebut. SEO  tidak hanya bisa digunakan untuk bisnis besar, sebuah usaha lokalpun bahkan yang bukan bisnis digital bisa memanfaatkan SEO untuk menarik para calon pembeli.  Misalnya kamu mempunyai usaha kafe atau kedai mie ayam di Cianjur.  Maka dengan SEO kamu bisa mengusahakan agar kafe dan kedai mie ayam kamu tampil di halaman pertama setiap orang yang memasukan keyword “kuliner cianjur”  di Google.  Dengan demikian maka akan banyak calon pembeli yang tertarik untuk mendatangi lokasi usaha kamu, karena mereka melihat foto-foto kafe dan kedai mie ayam milikmu di Google.

Budget iklan relatif murah

Dengan SEO kamu bisa mempromosikan usaha kecil kamu dengan budget yang lebih rendah dibandingkan harus membayar iklan digital. Tidak seperti iklan digital berbayar di Google ataupun sosial media seperti Facebook.  SEO  mengandalkan trafik organik yang tidak bisa di modifikasi dan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama. Namun SEO mampu membawa calon pembeli yang benar-benar tertarget, tidak seperti iklan berbayar yang mengandalkan pembayaran per-klik. Karena kerap kali yang meng-klik iklan digital kita tidak benar-benar tertarik dengan produk atau bisinis kita. Jika SEO dilakukan dengan benar, maka peringkat websitemu akan bertahan lama  di halaman pertama mesin pencari.

Walaupun demikian SEO juga memiliki kekurangan, yaitu hasilnya cenderung lama. Proses SEO sendiri merupakan proses yang bertahap dan harus kontinu, biasanya  hasil dari proses SEO baru bisa terlihat 6 hinggal 12 bulan atau bahkan lebih. Beda dengan iklan berbayar yang hasilnya bisa langsung terlihat selama saldo iklannya masih ada.

Strategi SEO untuk UKM

Setelah mengetahui manfaat SEO untuk bisnis UKM, sekarang kita  kupas secara umum bagaimana strategi SEO yang baik untuk UKM.

Mengetahui Target Market dan Kompetitor

Cari tahu mengenai target market dari  usahamu dan perilakunya.  Apakah produk kamu dikhususkan untuk market yang menyenangi hobi tertentu ? ataukah untuk pembeli usia tertentu atau berdasarkan gender. Misalnya anda memiliki usaha toko alat – alat pancing di Bekasi, atau Toko hijab di Bogor.

Membuat perencanaan konten

Mesin pencari Google menyukai kontinuitas, jadi  usahakan membuat perencanaan yang matang dalam mengisi konten. Karena Google adalah mesin pencari informasi, maka semakin banyak kata yang dituliskan pada suatu konten artikel akan disuai Google. Tulislah artikel dengan minimal 500 kata dengan tema suatu keyword tertentu. Misalnya kalau kamu memiliki usaha salon, kamu bisa saja menulis artikel tentang tren gaya rambut di tahun 2021. Begitu juga kalau kamu memiliki kafe, kamu bisa menulis artikel tentang cara membuat kopi yang enak atau jenis-jenis biji kopi.

Posting konten secara terjadwal dan kontinu, misalnya setiap hari atau seminggu sekali. Selanjutnya bagikan link konten tersebut ke berbagai platform sosial media, agar  banyak yang meng-klik informasi tersebut dan menambah trafik websitemu.

Daftar Google Bisnisku

Ada beberapa faktor  yang membuat mesin pencari memutuskan peringkat suatu website, antara lain

  1. Apakah websitemu dalam keadaan siap menerima pengunjung ?. Dalam artian tidak Down atau sedang dalam perbaikan.
  2. Lokasi bisnis, apakah lokasi bisnismu dekat dengan lokasi orang yang mencari informasi tentang  produk atau jasa yang juga kamu tawarkan.
  3. Apakah informasi yang tersedia di websitemy relevan dengan apa yang orang tersebut cari ?
  4. Apakah websitemu memiliki reputasi online yang baik ?

Untuk membantu mesin pencari Google memahami bisnismu maka jangan lupakan untuk mendaftarkan bisnismu ke Google Bisnisku.  Lalu daftarkan alamat bisnis anda, sehingga Google bisa mendeteksi lokasi bisnismu dan memberikan informasi terbaru bagi para pencari informasi.  Jangan lupa tulis kontak bisnis dari mulai nomor telepon sampai alamat email agar calon pengunjung yang mendapati websitemu di Google bisa mudah mengontak.

Minta Review pembeli

Mintalah review pembeli di Google Bisnisku, hal ini akan meningkatkan reputasi online website dan bisnismu. Semakin banyak orang yang memberikan review atau ulasan, maka semakin besar probabilitas website kamu berada pada hasil top pencarian Google.  Selain itu bila kamu mendapatkan ulasan yang bagus, akan membuat pengunjung lebih tertarik meng-klik websitemu dan mengunjungi toko fisik bisnis kamu.  Kalau bisnis kamu mendapatkan ulasan negatif, tetaplah dibalas dengan sopan, kamu juga bisa menawarkan kompensasi berupa diskon belanja misalnya.

Jika kamu adalah pemilik suatu bisnis UKM dan memiliki website untuk bisnismu, kamu bisa mencoba atau mempraktekkan sendiri SEO untuk mempromosikan bisnismu. Kalau kamu belum sepenuhnya mengerti mengenai SEO, kamu bisa mengambil kursus online atau mencari informasi-informasi lebih lanjut mengenai strategi SEO untuk bisnis.

Tetapi jika kamu ingin hasil yang cepat SEO untuk bisnis, kamu bisa berkolaborasi dengan Buzzup.id. Buzzup sebagai Creative Digital Agency akan membantu bisnis kamu lebih berkembang dan bisa mendapatkan target konsumen yang tepat untuk bisnis. Langsung saja cek layanan SEO dari Buzzup.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *