SEM

Apa Itu PPC? Bagaimanakah Cara Membuat PPC?

Cara membuat PPC untuk bisnis

Apakah kamu masih menggunakan platform iklan seperti televisi, baliho atau majalah dalam mempromosikan bisnis saat ini? Jika iya berarti kamu mungkin belum kenal dengan apa itu PPC. Bagaimana cara membuat PPC untuk bisnis? Pernahkah Anda mencoba atau mendengarnya?

Meskipun media-media seperti TV, baliho, poster dan semacamnya masih sering digunakan oleh banyak perusahaan ataupun brand, akan tetapi di era digital seperti saat sekarang ini, model iklan PPC atau pay per click adalah cara yang paling efektif. Tak hanya itu saja, PPC juga menjadi metode promosi paling ekonomis dan praktis dibandingkan jenis metode iklan lainnya.

Baca Juga: Kenali Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan dan Strateginya

Mengenal Apa itu PPC

PPC atau pay per click merupakan salah satu metode pemasaran iklan di era digital saat ini di mana kamu hanya perlu membayar setiap iklan yang diklik oleh para viewers. Beberapa jenis perusahaan besar yang fokus pada penggunaan PPC atau pay per click ini di antaranya seperti Google, Facebook dan juga Instagram.

Mengapa Harus Menggunakan PPC

Meskipun istilah PPC masih belum terlalu akrab oleh banyak kalangan pengusaha saat ini akan tetapi ada baiknya kamu perlu mencoba menggunakan metode iklan yang satu ini. Berikut merupakan beberapa alasan mengapa kamu perlu menggunakan metode iklan PPC untuk bisnis kamu.

1. Dapat Mengatur Target Audiens

Dengan memanfaatkan PPC maka kamu bisa mengatur jumlah audiens yang kamu targetkan pada sebuah iklan. Jumlah audiens ini juga bisa kamu atur sesuai kebutuhan atau target bisnis kamu. Tentu semakin tinggi target audiens yang kamu inginkan maka semakin tinggi pula uang yang perlu kamu keluarkan.

Kemudian, PPC juga bisa mengatur spesifikasi audiens yang ingin kamu targetkan. Sebagai contoh, jika kamu memiliki bisnis skincare maka PPC bisa menentukan target audiens berdasarkan target pasar bisnis kamu yaitu kepada remaja hingga para wanita-wanita berusia 20an tahun ke atas.

2. Memiliki Hasil Yang Lebih Cepat

Jika dibandingkan dengan SEO organik yang memiliki waktu yang lebih lama dalam melihat hasilnya, pay per click pada dasarnya memberikan hasil dari iklan dengan waktu yang lebih cepat. Sehingga, bisnis kamu bisa mendapatkan jumlah pengunjung atau customers lebih banyak hanya dengan waktu yang relatif singkat.

3. PPC Bisa Disesuaikan Dengan Budget Kamu

Tidak bisa dipungkiri jika menggunakan layanan iklan dari berbagai platform tentu akan membutuhkan yang namanya biaya. Namun, dalam menggunakan layanan dari PPC kamu hanya mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau karena kamu bisa mengatur biaya iklan sesuai dengan budget bisnis kamu. Cukup dengan modal ratusan ribu saja maka kamu sudah bisa membuat iklan dengan menggunakan metode PPC ini.

4. Algoritma Tidak Mempengaruhi PPC

Berbeda dengan sosial media lainnya seperti Facebook, Instagram, atau Youtube yang selalu mengubah algoritmanya pada mesin pencarian dan minat aktivitas para penggunanya, PPC sendiri sama sekali tidak dipengaruhi oleh yang namanya algoritma. Dengan demikian, postingan maupun iklan yang ada untuk bisnis kamu tetap sampai kepada seluruh target audiens di dunia maya.

5. Target Audiens Tidak Bisa Membedakan PPC dan Organic

Meskipun banyak audiens yang tidak memperdulikan iklan pay per click akan tetapi hal tersebut bukan berarti semua orang akan mengabaikan kehadiran iklan pay per click ini. Berdasarkan riset dari WordStream, sebanyak 41 persen orang belum bisa membedakan antara feed organic maupun iklan pay per click ini. Oleh sebab itu, kamu tidak usah khawatir jika tidak akan ada audiens yang akan mengklik iklan untuk bisnis kamu. Setiap platform penyedia iklan pasti akan menyampaikan iklan bisnis kamu kepada target audiens yang bisa menghasilkan jumlah klik yang sangat banyak.

Cara Membuat Iklan PPC

Setelah mengetahui apa itu PPC, mari membahas tentang cara membuat iklan dari pay per click. Bisa dibilang setiap media sosial menggunakan sistem iklan dari pay per click ini baik itu dari Facebook, Twitter hingga Instagram.  Saat ini, Google, Facebook dan Instagram pun telah menyediakan fitur bisnis bagi setiap pelaku bisnis sehingga mereka pun bisa memasang iklan di akun sosial media mereka masing-masing.

Kamu pun tentu bisa memanfaatkan metode iklan pay per click ini dengan cara menggunakan semua media sosial yang kamu punya. Semakin banyak platform media sosial yang kamu gunakan maka semakin banyak pula target audiens yang bisa kamu dapatkan. Lalu, bagaimana membuat iklan pay per click ini lewat platform Google, Facebook dan Instagram? Yuk, mari kita bahas satu persatu.

1.   Google Ads

Cara membuat PPC di Google Ads

Beberapa tahun yang lalu Google Ads lebih dikenal dengan sebutan Google AdWords. Namun, sejak tahun 2018 silam, Google telah mengubah nama platform iklan mereka menjadi Google Ads. Google Ads ini sendiri merupakan sebuah fitur dalam menampilkan iklan paid search atau iklan berbayar di mesin pencarian Google.

Jika ingin membandingkan mesin pencarian lainnya, bisa dibilang Google adalah platform dengan jumlah target audiens terbanyak di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, Google telah menjadi mesin pencarian terbesar yang mencapai 97,09 persen. Adapun Yahoo dan Bing hanya memiliki pangsa pasar sebesar 1,66 persen dan 0,77 persen di tanah air. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Google Ads maka target audiens akan lebih besar jika dibandingkan dengan platform iklan lainnya. Untuk proses pembuatan pay per click dari Google Ads ini sendiri juga cukup mudah karena yang paling utama ialah kamu hanya perlu memiliki akun Google yang telah terverifikasi.

2. Facebook Ads

Membuat PPC di Facebook

Selain iklan dari Google, kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dari Facebook Ads. Karena pengguna Facebook di tanah air semakin meningkat dari hari ke hari maka kamu pun bisa menggunakan Facebook Ads untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Di tahun 2017 sendiri, pengguna Facebook di tanah air telah mencapai 130 juta pengguna aktif. Fakta ini juga semakin menguatkan jika masyarakat di tanah air memang menghabiskan waktu lebih banyak di sosial media Facebook ini. Karena jumlah pengguna Facebook semakin banyak maka Facebook bisa menjadi salah satu platform paling efektif dalam mendapat audiens sekaligus pelanggan untuk bisnis kamu.

Baca Juga: Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens

3. Instagram Ads

PPC Instagram

Selain Facebook, kamu juga bisa menggunakan fitur Instagram Ads untuk beriklan. Cara membuat iklan di Instagram juga cukup mudah, terlebih jika kamu telah lebih dulu memanfaatkan fitur Facebook Ads. Seperti yang telah diketahui bahwa sejak tahun 2012 silam, platform Facebook dan Instagram telah disatukan sehingga proses pembuatan iklannya pun cukup mudah dipahami.  Oleh karena itu, jika kamu telah familiar dengan pembuatan iklan pada media Facebook Ads maka untuk proses pembuatan Instagram Ads pun juga akan jauh lebih mudah.

Nah, demikianlah pembahasan tentang apa itu PPC dan cara membuat iklan PPC dari platform Google, Facebook dan juga Instagram. Jika kamu sedang merintis sebuah bisnis baik itu skala besar maupun kecil maka cobalah memanfaatkan metode pay per click ini. Selain semakin banyak target audiens yang kamu dapatkan, bisnis kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi.

Kalau kamu masih belum mengerti bagaimana membangun PPC untuk produk atau jasa yang kamu tawarkan. Kamu bisa berkolaborasi dengan Buzzup.id untuk membangun PPC Anda. Hingga Anda akan mendapatkan nilai konversi yang cukup tinggi dan menjanjikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *