Sosial Media

Inilah 4 Cara Mudah Menghitung Engagement Rate IG

Source: Fokuscyclery.com
Cara menghitung engagement rate IG

Dewasa ini keterjangkauan postingan akun Instagram dari suatu jenama ditentukan dari seberapa besar engagement rate IG nya. Semakin tinggi nilainya, maka semakin tinggi pula kredibilitas sosialnya. Sebab, akun dengan banyak pengikut, suka, dan komentar terlihat lebih sah di mata audiens dan calon pengikut.

Nah, keterlibatan pengikut dalam postingan akun secara terus-menerus dan teratur dapat berubah menjadi pelanggan setia jenama Kamu. Selain meningkatkan angka penjualan, Kamu pun dapat memikat beberapa pemengaruh di Industri Kamu untuk berkolaborasi memasarkan produk-produk jenama kepada pelanggan mereka. 

Inilah sebabnya menghitung engagement rate IG harus segera dilaksanakan. Terlambat saja melakukannya, maka akan banyak kesempatan yang terlewatkan begitu saja. Entah itu kesempatan untuk mendatangkan pembeli, mengembangkan teknis pemasaran, maupun hal-hal lainnya.

Baca Juga: 5 Konten Media Sosial yang Menarik untuk Meningkatkan Engagement Bisnis

Berikut beberapa cara menghitung engagement rate IG yang bisa Kamu lakukan. Yuk, disimak baik-baik!

Cara Menghitung Engagement Rate IG Pertama: Membagi Jumlah Keterlibatan dengan Jumlah Pengikut!

menghitung engagement rate IG dengan melihat keterlibatan
Photo by Georgia de Lotz on Unsplash

Opsi pertama ini bisa Kamu lakukan dengan membagi total jumlah suka dan komentar dengan jumlah pengikut akun. Lalu mengalikannya dengan 100 mendapatkan hasil dalam bentuk persentase.

Bisa Kamu lihat sendiri betapa mudahnya menghitung dengan menggunakan metode satu ini. Selain berguna untuk menghitung engagement rate IG akun sendiri, Kamu pun dapat membandingkan jumlahnya dengan milik kompetitor. Karena, data-data dari akun jenama lain terpampang jelas di setiap postingannya. Cara ini pun direkomendasikan oleh seorang ahli strategi sosial dan konten bernamakan Breanne Thomas.

Engagement Rate by Reach (ERR)

menghitung engagement rate IG dengan reach
Photo by freestocks on Unsplash

Cara kedua adalah menggunakan rumus engagement rate by reach, yang dapat dilakukan dengan membagi total keterlibatan per posting dengan jangkauan per posting. Kemudian hasil kotor tadi dikalikan 100 untuk mendapatkan hasil bersih dalam bentuk persentase.

Mengingat akurasi jangkauan dari akun terletak pada tiap postingan, maka engagement rate IG dari akun Kamu secara keseluruhan harus dicari dengan menghitung reratanya. Caranya mudah, cukup dengan menjumlahkan semua ERR kemudian membaginya dengan total postingan tinjauan.

Melansir laman Hootsuite, metode ERR ini jauh lebih akurat ketimbang cara sebelumnya, disebabkan menghitung jumlah keterlibatan pengikut dalam semua konten Kamu tidaklah mendasar. Kemungkinan besar pun postingan akun Kamu dibaca oleh non-pengikut. 

Kendati demikian, ketimbang cara pertama, hasil perhitungan dari metode ERR berpotensi berubah-ubah seiring berjalannya waktu alias real-time based. Apalagi jika ada suatu faktor x, di mana jangkauan postingan sangat rendah namun angka engagement rate sangat tinggi. Sudah pasti metode satu ini tidak bisa diterapkan begitu saja!

Tidak Ketinggalan, Kamu pun Bisa Menghitung Engagement Rate IG dengan Membagikan Tingkat Keterlibatan dengan Jumlah Tayang

Photo by Cedrik Wesche on Unsplash

Lebih jelasnya membagi total suka dan komentar dengan tayangan akun, lalu mengalikannya dengan 100 untuk mendapatkan hasil bersih dalam bentuk persentase.

Sudah jelas metode perhitungan satu ini berbeda dengan dua sebelumnya. Mengandalkan jumlah tayang diamini dapat meninjau keterlibatan pengikut secara keseluruhan. 

Tentu saja karena dengan cara ini Kamu bisa melihat jumlah orang yang memutuskan untuk terlibat atau tidak dengan postingan akun Kamu. Tambah lagi menerapkannya dalam menghitung engagement rate IG di tipe konten berbasis iklan. 

Meski begitu, tentu saja cara ini memiliki sejumlah kelemahan. Pertama hasilnya jelas lebih rendah dengan cara kedua. Kedua, hasil perhitungan tidak akan pernah akurat karena data real-time based. Terakhir, Kamu tidak bisa membandingkan hasil perhitungan engagement rate IG Kamu dengan milik kompetitor.

Membagikan Jumlah Keterlibatan “Sesungguhnya” dengan Jumlah Tayangan 

Apa bedanya cara ini dengan sebelumnya? Jelas terletak pada variabel yang digunakan, di mana pada cara ini ada variabel tambahan berupa jumlah suatu pos disimpan. Sisanya, yakni alur perhitungan keduanya, tetap sama saja.

Hasil perhitungannya pun tak berbeda jauh. Hanya meningkatkan tingkat akurasi perhitungan dari cara sebelumnya. Inilah sebabnya kelebihan dan kekurangan dari cara ini kemungkinan besar serupa dengan cara sebelumnya.

Baca Juga: 17 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Nah, itulah beberapa cara menghitung engagement rate IG yang bisa diterapkan dalam bisnis Kamu. Pilihlah metode yang sesuai selera Kamu, tentu saja dengan pertimbangan sudah membandingkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing metode. Semoga dengan ini jenama Kamu bisa tumbuh dengan baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *