Sosial Media

Panduan Melakukan Marketing Sosial Media Terbaru 2021

Source: Expandgh.com
Marketing sosial media

Marketing sosial media merupakan salah satu jenis pemasaran yang dilakukan menggunakan sosial media. Semakin berkembangnya industry digital saat ini membuat banyak perusahaan memanfaatkan kehadiran social media untuk meningkatkan penjualan produk mereka.

Jika kamu sedang merintis sebuah usaha maka ada baiknya memanfaatkan platform digital yang sedang berkembang pesat saat ini. Jika penasaran tentang seluk beluk pemasaran melalui sosial media ini, silahkan menyimak ulasannya pada artikel berikut.

Mengenal Marketing Sosial Media

 

Marketing sosial media

Sesuai namanya, sosial media marketing memang berkaitan erat dengan proses pemasaran yang dilakukan melalui sosial media. Beberapa jenis sosial media yang paling sering digunakan ialah Facebook, Instagram, Twitter hingga yang sedang trend saat ini ialah TikTok.

Untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk ataupun layanan, maka dibutuhkan konten yang berkualitas dan menarik. Konten-konten inilah yang menjadi pemikat para audiens sehingga tertarik membeli atau menggunakan produk tersebut.

Baca juga: 17 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis

Neil Patel yang merupakan seorang ahli SEO juga mengungkapkan bahwa dalam menarik perhatian audiens, maka dibutuhkan konten yang menarik. Jika konten tersebut menarik tentu akan semakin banyak orang yang akan membagikannya.

Keuntungan Menggunakan Marketing Sosial Media

Kemajuan teknologi digital membuat semakin menjamurnya pengguna sosial media saat ini. Menurut penelitian, sekitar 3,2 miliar orang di seluruh dunia telah menggunakan sosial media. Data ini tentu menjadi fakta yang sangat menarik, berhubung masyarakat di sekitar kita pun menjadi bagian dari 3,2 miliar orang yang disebutkan.

Maka tidak heran jika sosial media berperan besar dalam proses promosi dan pemasaran produk. Berikut merupakan beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika memanfaatkan marketing sosial media untuk bisnis kamu.

Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah produk atau brand yang diunggah terus-menerus oleh setiap orang yang berbeda tentu akan menumbuhkan citra yang positif di tengah masyarakat. Bahkan orang-orang yang tidak tertarik sama sekali bisa jadi langsung membeli produk kamu karena saking penasarannya. Hal ini bisa terjadi karena penggunaan sosial media yang terus dikonsumsi setiap harinya sehingga orang-orang pun akan terus melihat produk kamu sliweran di timeline mereka.

Mendapatkan Feedback Dari Followers

Setelah nama brand atau bisnis kamu telah dikenal di berbagai platform sosial media, biasanya produk kamu akan terus menjadi topik pembicaraan di mana-mana. Karena semakin banyak orang yang penasaran dan tertarik dengan produk kamu maka akan semakin banyak pula orang yang mengikuti akun sosial media kamu. Hadirnya fitur comment dan direct message pada berbagai jenis platform sosial media hari ini juga menjadi salah satu cara kamu untuk berinteraksi dan mendapatkan feedback dari orang-orang.

Mempelajari Kompetitor

Karena sosial media marketing  semakin banyak digunakan oleh banyak perusahaan dalam memasarkan produk mereka maka hal ini tentu bisa menjadi strategi tersendiri dalam mempelajari kompetitor kamu. Kamu bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi sekaligus pembelajaran dalam mengembangkan bisnis kamu selanjutnya.

Strategi Dalam Marketing Sosial Media

Sosial Media untuk bisnis

Pelajari Selera Audiens

Dengan menggunakan sosial media marketing maka kamu pun sudah bisa menilai kecocokan produk kamu dengan para audiens. Oleh sebab itu, banyak digital marketer yang membuat konten-konten menarik untuk mendapatkan engagement yang lebih tinggi.

Tentukan Platform yang Mau Disasar

Selanjutnya cobalah menentukan platform sosial media mana yang akan kamu gunakan dalam memasarkan produk. Seperti yang diketahui bahwa setiap sosial media memiliki algoritmenya sendiri-sendiri. Jika kamu menggunakan Instagram maka cobalah membuat konten yang lebih fresh dan lebih kekinian. Hal ini disebabkan jumlah pengguna Instagram yang kebanyakan adalah milenial.

Ciptakan Konten yang Menarik

Konten yang menarik adalah kunci utama untuk meraih engagement yang tinggi. Untuk mendapatkan konten yang berkualitas ini memang diperlukan skill dan riset lebih mendetail lagi. Kamu perlu memahami trend apa yang sedang terjadi saat ini. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu mengenal audiens lebih dekat. Jenis konten mana yang mereka sukai apakah video-video parodi atau jenis video lainnya.

Jadwalkan Waktu Posting

Dalam menjalankan strategi sosial media marketing kamu juga perlu menjadwalkan waktu posting konten di berbagai platform. Kamu bisa memposting konten kamu di jam-jam istirahat kantor ataupun jam pulang kerja. Menurut riset, para pengguna sosial media kebanyakan aktif pada jam-jam tersebut.

Evaluasi

Setiap platform yang kamu gunakan akan menyimpan semua data dan histori mengenai kinerja digital marketing yang kamu lakukan. Semua data-data tersebut tentu bisa menjadi bahan evaluasi yang lebih baik lagi untuk kedepannya.

Kamu bisa menjadikan jumlah sharing, like, followers hingga jumlah interaksi di setiap kolom komentar akun sosial media bisnis kamu sebagai tolak ukur pencapaian social media marketing. Dengan melakukan evaluasi ini maka tentu kamu bisa menyiapkan strategi yang lebih jitu lagi untuk proses digital marketing selanjutnya.

Pilihan Sosial Media Dalam Marketing Social Media

Pilih sosial media yang sesuai dengan target pasar

Beberapa tahun silam Facebook masih menjadi sosial media paling popular. Namun, seiring berkembangnya industry digital saat ini, beragam jenis sosial media pun semakin ramai digunakan sebut saja kehadiran Instagram, Youtube, Twitter hingga TikTok yang semakin trend belakangan ini. Untuk meningkatkan promosi dan pemasaran bisnis kamu maka silahkan melakukan digital marketing lewat platform sosial media berikut.

Facebook

Facebook memang menjadi sosial media paling tua tapi masih tetap memiliki tingkat popularitas yang sangat tinggi di dunia. Karena telah digunakan lebih dari 2,2 milliar orang di dunia maka tidak heran jika Facebook menjadi sosial media paling efektif dalam melakukan promosi bisnis ataupun layanan.

Twitter

Hingga hari ini Twitter masih menjadi platform utama yang digunakan oleh para tokoh, pejabat, artis, atlit, hingga pebisnis dalam berinteraksi di dunia maya. Interaksi yang lebih aktif antara pengguna dan followers di Twitter menjadikan Twitter sebagai platform sosial media yang banyak digunakan. Di bidang digital marketing sendiri, Twitter selalu menjadi andalan para audiens terutama untuk tujuan customer service.

Instagram

Instagram menjadi sosial media yang paling banyak digunakan oleh para milenial akhir-akhir ini. Kehadiran fitur-fitur menarik di dalamnya menjadikan Instagram sangat cocok digunakan dalam hal promosi produk. Sebut saja hadirnya fitur Instastory, filter menarik, hingga fitur polling dan question.

YouTube

Semakin ramainya jumlah pengguna Youtube di tanah air membuat banyak kalangan juga turut terjun ke dalam dunia Youtube ini. Kehadiran beauty influencer, hotel reviewer, food reviewer dan jenis-jenis reviewer lainnya di dalam Youtube membuat banyak brand berlomba-lomba untuk mengendorse para influencer ini.

Tidak bisa dipungkiri jika promosi produk ataupun brand terbaru lewat kanal Youtube beberapa influencer sangat membantu meningkatkan promosi dan penjualannya. Oleh sebab itu, Youtube menjadi salah satu platform yang paling efektif dalam mempromosikan bisnis ataupun usaha di zaman yang serba digital ini.

Baca Juga: 7 Strategi Social Media Marketing Terbaru 2021

Tiktok

Tiktok menjadi media sosial yang semakin popular belakangan ini. Para selebgram, youtuber, dan artis-artis lainnya bahkan berlomba-lomba membuat konten-konten menarik di akun Tiktok mereka. Jumlah pengguna Tiktok yang terus meningkat menjadikan Tiktok sebagai media sosial paling ampuh dalam melakukan pemasaran digital.

Nah, demikianlah ulasan tentang seluk beluk dunia marketing sosial media ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mempelajari dunia digital marketing saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *