Digital Marketing

Apa Itu Digital Marketer Beserta Tugasnya!

Source: Reliablesoft.net
Apa itu digital marketer

Kehadiran digital marketer menjadi bagian yang sangat krusial dalam menjalankan bisnis di zaman yang serba digital ini. Sayangnya, masih banyak pebisnis ataupun pengusaha yang belum tahu betul tentang apa itu digital marketer dan manfaatnya terhadap kelangsungan bisnis mereka.

Seperti yang telah diketahui jika perkembangan dunia teknologi hari ini menuntut setiap orang untuk terus beradaptasi dengan dunia digital. Sebut saja aktifitas berbelanja yang saat ini sudah lebih sering dilakukan lewat smartphone. Semua kemudahan-kemudahan yang serba digital yang telah kamu rasakan hari ini pada dasarnya juga turut dipengaruhi oleh para ahli digital marketer.

Nah, biar kamu tidak penasaran lagi tentang seluk beluk dunia digital marketing dan para pelaku di dalamnya ini, yuk silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

Mengenal Apa itu Digital Marketer

Digital marketer sendiri merupakan para ahli di bidang pemasaran digital yang bertugas untuk memasarkan setiap produk atau usaha yang dimiliki oleh perusahaan. Dalam menjalankan tugasnya, para digital marketer menggunakan berbagai tools marketing dan berbagai jenis media digital untuk bersosialiasi sekaligus mempromosikan bisnis atau layanan kepada para konsumen.

Beberapa platform atau media digital yang selalu digunakan dalam memasarkan bisnis secara digital ialah seperti website, blog, Instagram, Facebook, TikTok dan berbagai jenis sosial media lainnya. Platform-platform digital yang paling banyak digunakan saat ini pada dasarnya menjadi lahan terbaik untuk mendatangkan beragam konsumen. Denny Santoso yang merupakan ahli di bidang digital marketing selama puluhan tahun juga pernah mengatakan bahwa “Digital marketing is a strategy to reach massive amount of people to create interest and demand”.

Strategi yang dimaksud di sini bukan hanya tentang teknisnya saja tetapi juga tentang bagaimana cara menggabungkan berbagai hal dalam pemasaran digital demi mendapatkan keuntungan yang banyak. Kemudian, kelebihan lain dari pemasaran digital ini ialah semakin cepatnya produk atau barang yang kamu pasarkan tersebut dikenal oleh banyak orang. Jika dibandingkan strategi pemasaran tradisional tentu digital marketing masih jauh lebih unggul.

Baca Juga: Mengenal Marketer, Mulai Dari Pengertian, Tugas dan Skill yang Dibutuhkannya

Berbeda dengan strategi pemasaran pada umumnya, digital marketing juga membantu bisnis kamu lebih cepat dinotice oleh banyak kalangan. Strategi marketing yang menarik bahkan bisa membuat orang yang sebelumnya tidak tertarik menjadi tertarik untuk membeli produk yang kamu miliki.

Tugas-Tugas Para Digital Marketer

Menerapkan Teknik SEO

SEO menjadi salah satu bagian dari tugas digital marketing

Teknik SEO atau Search Engine Optimization dalam dunia digital marketing adalah hal yang sangat penting. Pasalnya, dengan menggunakan teknik SEO ini maka kamu pun bisa dengan mudah mendapatkan pengunjung dalam jumlah yang sangat besar lewat mesin pencarian seperti Google ataupun Yahoo. Di sinilah peran utama para digital marketer dalam menerapkan teknik SEO ini di mana mereka akan memastikan setiap konten yang diunggah untuk berada di halaman pertama pencarian Google.

Adapun beberapa jenis teknik SEO yang harus dikuasai oleh para digital marketer di antaranya berupa skill SEO on page dan off page, penggunaan meta description, title tag, guest post hingga penggunaan link building di dalam artikel atau konten yang dibuat.

Melakukan SEM

Selain SEO juga terdapat teknik SEM atau dikenal juga dengan sebutan search engine marketing. Berbeda dengan teknik SEO yang tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali, teknik SEM ini memerlukan biaya tertentu saat ingin menggunakannya.

SEM menjalankan strategi marketing dengan cara memasang iklan Google Ads sehingga konten kamu pun tentu akan selalu berada di halaman pertama mesin pencarian. Ciri khas dari konten yang menggunakan teknik SEM ini dapat dilihat dari terdapatnya kata Ad atau iklan di halaman pencarian. Untuk membuat konten tersebut lebih menarik untuk diklik, para ahli digital marketer yang memiliki skill di bidang copy writing akan memberikan judul dan tulisan yang menarik di mata para audiens.

Melakukan Promosi dengan Strategi Social Media Marketing

Tidak bisa dipungkiri jika hadirnya berbagai jenis platform sosial media juga turut mempengaruhi peningkatan penjualan dari sebuah bisnis. Pengguna sosial media yang semakin beragam mulai dari anak-anak hingga orang dewasa membuat para ahli digital marketer terus berusaha menguasai algoritma semua jenis sosial media. Hal ini dilakukan agar produk yang dipasarkan bisa tepat sasaran kepada target pasar yang diinginkan.

Pada dasarnya, bagian dari pemasaran digital marketing ini juga dibagi menjadi beberapa bagian seperti social media specialist, social media strategist dan juga social media officer. Setiap posisi tentu memiliki pekerjaan yang berbeda. Namun, secara keseluruhan para ahli digital marketer tersebut memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan promosi dan penjualan suatu perusahaan.

Menguasai Copywriting

Kemampuan Copywriting harus dimiliki

Keahlian dalam menulis kalimat hingga sebuah artikel yang persuasive memang sangat dibutuhkan dalam menarik para konsumen. Setiap bahasa hingga kata yang digunakan berperan besar dalam menghipnotis mata para audiens sehingga mereka tergerak untuk membeli produk tersebut. Dalam menuliskan sebuah konten, para penulis juga harus memberikan konten yang berkualitas dan tak sekedar click bait. Tulisan yang dibuat haruslah berisikan informasi yang edukatif dan informatif.

Kemampuan copy writing ini memang tidak mudah untuk dikuasai. Banyak copy writer yang harus meningkatkan skill mereka lewat kursus online, mengikuti webinar hingga lewat buku-buku yang mereka baca. Hari ini semakin banyak perusahaan ataupun brand yang mencari jasa copy writing untuk memasarkan bisnis dan jasa mereka. Maka tidak heran banyak copy writer yang selalu diburu oleh banyak agensi dan perusahaan.

Bisa Menulis Email Marketing yang Personal

Meskipun terkesan kuno, email masih menjadi salah satu media marketing yang efektif hingga hari ini. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hampir setiap orang dari berbagai jenis usia telah memiliki akun email masing-masing. Oleh sebab itu, email masih tetap dijadikan sarana pemasaran digital hingga hari ini.

Sebagai seorang digital marketer maka kamu perlu membuat email marketing yang menarik untuk para konsumen. Dengan begitu, banyak orang akan langsung mengunjungi tautan yang kamu sertakan di dalam email tersebut.

Memiliki Networking Luas

Beberapa orang mungkin bertanya-tanya tentang apa itu digital marketer dan hubungannya dengan memiliki networking yang luas. Ya, sebelumnya kamu harus paham betul bahwa seorang digital marketer tak hanya menjadi ahli di berbagai platform digital saja. Para ahli digital marketer juga harus menjalin relasi yang lebih luas.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Strategi Digital

Dengan memiliki banyak network maka kamu bisa mendapatkan banyak pengalaman dalam bertemu banyak orang. Tak hanya itu saja, lewat relasi-relasi tersebut kamu pun bisa meng-upgrade skill digital marketing yang kamu miliki. Jaringan yang semakin banyak juga akan mendekatkan kamu dengan berbagai jenis project menarik lainnya.

Membuat Prioritas Pekerjaan

Jangan Lupa Prioritas Pekerjaan

Meskipun terdengar sepeleh akan tetapi pekerjaan digital marketing memang memerlukan yang namanya manajemen waktu. Pekerjaan digital marketing memang terlihat gampang padahal pekerjaan ini sangatlah kompleks. Oleh sebab itu kamu perlu membuat to do list untuk mencapai target yang kamu inginkan.

Setelah membaca ulasan pada artikel di atas apakah kamu telah memahami apa itu digital marketer beserta tugas-tugasnya? Lalu, apakah kamu juga tertarik untuk menjadi bagian dari para digital marketer?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *