SEM

Seluk Beluk Jasa Iklan Google dan Cara Memasang Iklan Google

Jasa Iklan Google

Jasa iklan Google memang sangat dibutuhkan di era digital seperti saat sekarang ini. Berbagai perusahaan atau brand berlomba-lomba mempromosikan jenis usaha dan produk mereka lewat media sosial dan internet. Oleh sebab itu, jasa Google Ads memang sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil penjualan suatu produk ataupun brand.

Tak hanya perusahaan atau brand-brand besar saja yang telah memanfaatkan kehadiran jasa Google Ads ini. Berbagai perusahaan start up hingga usaha UMKM pun sudah mulai melirik jasa Google ads. Hal ini dilakukan agar pemasaran produk mereka bisa tepat sasaran dan menjangkau lebih banyak konsumen.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang iklan Google ini, yuk simak ulasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menggunakan Jasa Iklan Google

Jasa Iklan Google

Tentukan Tujuan Iklan

Sebelum beriklan melalui layanan Google Ads maka kamu perlu memiliki tujuan yang jelas terlebih dahulu. Beberapa orang memasang iklan tanpa tujuan yang jelas akhirnya hasil akhir dari pemasangan iklan pun tidak efektif. Terdapat beberapa tujuan dari memasang iklan melalui Google seperti meningkatkan trafick situs, mendorong lebih banyak konsumen datang ke toko fisik hingga meningkatkan hasil penjualan produk atau layanan.

Baca Juga: Search Engine Marketing adalah Strategi Pemasaran ‘Membeli Mesin Pencari

Tentukan Tempat Untuk Beriklan

Menggunakan jasa iklan Google juga memungkinkan kamu dalam memlilih tempat untuk beriklan. Jika target pasar kamu adalah Indonesia maka silahkan memasukkan beberapa nama kota atau provinsi di tanah air seperti Makassar, Jakarta, Bali dan beberapa kota lainnya yang menjadi target bisnis kamu.

Melalukan Riset Kata Kunci

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam beriklan maka diperlukan yang namanya kata kunci atau keyword yang relevant dengan bisnis kamu. Terdapat beberapa tools yang bisa kamu gunakan dalam melakukan riset kata kunci ini seperti Google Keyword Planner, KWFinder ataupun Google Suggest.

Tentukan Anggaran Biaya Kamu

Dalam membuat iklan melalui layanan Google kamu juga harus menentukan biaya Google Ads yang harus dikeluarkan. Pada dasarnya, biaya untuk beriklan lewat Google sangatlah fleksibel. Semuanya bergantung dari besarnya anggaran dari bisnis yang kamu miliki. Namun, tentu saja semakin besar anggaran yang kamu keluarkan untuk beriklan maka tentu akan semakin besar pula peluang yang akan kamu dapatkan dalam penjualan.

Cara Memasang Iklan Google

Memasang Iklan di Google

Membuat akun Google Ads

Sebelum memasang iklan lewat Google maka langkah pertama yang harus kamu lakukan ialah dengan membuat akun Google Ads terlebih dahulu. Proses pembuatannya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu masuk situs Google Ads lalu ikutilah proses pembuatan akun hingga selesai.

Masukkan Tujuan Campaign

Jika sudah memiliki akun Google Ads, maka langkah selanjutnya ialah dengan menentukan tujuan campaign bisnis kamu. Beberapa pilihan tujuan campaign yang bisa kamu pilih di antaranya seperti meningkatan penjualan, meningkatkan jumlah client dan jumlah traffic, meningkatkan brand awareness hingga untuk mempromosikan aplikasi.

Memilih Jenis Tampilan Google Ads

Dalam menggunakan jasa iklan Google, kamu bisa memilih 5 jenis tampilan Google Ads. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut;

  • Search Ads, merupakan jenis iklan yang akan muncul ketika audiens melakukan pencarian dengan menggunakan kata kunci tertentu
  • Display Ads, merupakan jenis iklan yang akan muncul di beberapa website tertentu berdasarkan beberapa factor seperti keyword, lokasi hingga interest dari para pembaca
  • Shopping Ads, merupakan jenis iklan yang akan menampilkan beragam informasi produk seperti harga hingga penjual produk tersebut
  • Video Ads, merupakan jenis iklan berbentuk video dan biasanya akan muncul jika kamu membuka platform video seperti Youtube
  • Universal App Campaign, merupakan jenis iklan yang digunakan untuk mempromosikan aplikasi

Memilih Target Lokasi dan Bahasa yang Digunakan

Selanjutnya, silahkan memilih target lokasi dan bahasa yang akan kamu gunakan. Karena bisnis kamu ada di Indonesia maka silahkan memasang target lokasi Indonesia. Begitu juga dengan bahasa yang digunakan, silahkan menggunakan bahasa Indonesia.

Baca Juga: 8 Cara Promosi Di Instagram Secara Gratis Ataupun Berbayar

Menentukan Target Audiens

Untuk mencapai target pasar yang sesuai dengan bisnis kamu maka Google Ads juga telah menyediakan fitur target audiens. Dengan menggunakan fitur ini maka kamu sudah bisa menentukan target pasar dari bisnis yang sedang kamu jalankan.

Menentukan Anggaran Harian

Dalam menggunakan layanan iklan Google ini maka kamu juga harus menentukan anggaran harian maksimal yang perlu dikeluarkan setiap harinya. Karena anggaran dari layanan iklan Google ini sangat fleksibel jadi kamu bisa mengaturnya sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika menggunakan kata kunci yang kompetitif maka tentu kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih mahal.

Menentukan Bidding

Bidiing sendiri dapat diartikan sebagai biaya yang harus kamu keluarkan untuk satu kali klik iklan. Dalam menentukan bidding kamu bisa memilih dua pilihan. Pertama, kamu bisa mempercayakan Google dalam menentukan jumlah nilainya sendiri untuk satu klik. Kedua, kamu bisa mengisi jumlah nilainya sendiri tanpa bantuan Google. Namun, jika kamu adalah seorang pemula maka sebaiknya mempercayakan jumlah biaya tersebut kepada Google saja.

Menambahkan Informasi Lain Mengenai Bisnis Kamu

Agar bisnis kamu lebih banyak dikunjungi dan menghasilkan lebih banyak klik maka jangan lupa untuk mencantumkan informasi perusahaan kamu. Kamu bisa memasukkan akun media sosial bisnis kamu, nomor telepon serta lokasi perusahaan kamu.

Memasukkan Kata Kunci Yang Relevan

Kemudian, kamu juga harus memasukkan beberapa kata kunci yang sesuai dengan target bisnis kamu. Setelah menentukan kata kunci yang tepat silahkan menekan tombol Save and Continue.

Membuat Tampilan Iklan

Pada bagian ini silahkan mengisi beberapa kolom yang disediakan. Masukkanlah judul serta deskripsi iklan pada kolom tersebut. Pastikan kamu telah mengklik tombol Save and Continue untuk

Menyiapkan Detail Penagihan

Langkah terakhir dalam pemasangan jasa iklan Google ini ialah dengan menyiapkan detail penagihan pada akun kamu. Berikut ini adalah poin-poin penting yang perlu kamu perhatikan saat menyiapkan detail penagihan ini;

  • Negara dan Zona Waktu

Pilihlah negara Indonesia sebagai lokasi negara penagihan sehingga kamu pun bisa melakukan pembayaran menggunakan Rupiah. Kemudian lanjutkan dengan memilih zona waktu yang kamu inginkan agar iklan bisa ditayangkan sesuai dengan zona waktu yang telah kamu pilih.

  • Info Pelanggan

Di bagian ini silahkan memilih jenis akun Individu, informasi pajak Pribadi (Masukkan nomor NPWP jika ada). Pastikan kamu memasukkan data diri secara lengkap seperti nama, alamat, dan kode pos.

  • Cara Pembayaran

Untuk proses pembayarannya sendiri bisa dilakukan secara otomatis ataupun manual. Jika kamu memilih pilihan pembayaran otomatis maka kamu wajib mempunyai kartu kredit. Jika kamu memilih manual maka kamu bisa melakukan transfer melalui mobile banking atau lewat ATM.

  • Centang Persetujuan

Setelah mengisi semua informasi pada detail penagihan maka silahkan mencentang persetujuan yang berbunyi I agree to the Goggle Ads terms and conditions. Selanjutnya silahkan mengklik tombol submit. Tunggulah beberapa saat sampai kamu menerima form rekening tagihan iklan yang kamu buat. Silahkan melakukan transfer sesuai dengan jumlah anggaran harian yang telah kamu tentukan.

Baca Juga: Pebisnis Wajib Mengenal Impression Digital Marketing untuk Tingkatkan Brand Awareness

Nah, jika kamu sedang merintis sebuah bisnis maka cobalah menggunakan jasa iklan Google dari Buzzup.id. Dengan memanfaatkan fitur iklan lewat Google di zaman yang serba digital ini maka bisnis kamu tentu akan lebih mudah dikenali oleh banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *