Sosial media sudah menjadi alat pemasaran yang digunakan berbagai brand di seluruh dunia. Tren marketing yang terus berubah membuat sosial media menjadi platform jitu memasarkan bisnis tanpa memandang skala bisnis. Ada banyak keutungan besar dalam memanfaatkan sosial media untuk bisnis ketika digunakan secara efektif.
Kehadiran sosial media dapat menjadi tools ampuh agar khalayak luas menyadari kehadiran bisnis Anda, dengan aktif di sosial media. Sosial media dapat dikatakan sebagai media komunikasi yang paling mudah antara pelanggan dan pemilik produk. Keberhasilan sosial media akan berdampak langsung pada brand awareness dan penjualan Anda.
Pengguna total sosial media di seluruh dunia ada sekitar 4,2 milliar. Di Indonesia sendiri, pengguna sosial media mencapai 170 juta pengguna. Sangat disayangkan jika bisnis Anda tidak aktif di sosial media saat ini.
Tentu mengelola sosial media bukanlah tugas mudah. Anda harus melakukan perencanaan dan posting secara rutin konten-konten di sosial media. Dengan konsistensi posting, sosial media Anda akan terlihat lebih aktif dan selalu update. Hal ini akan membuat banyak khalayak yang sadar kehadiran suatu brand dari sosial media.
Memanfaatkan Sosial Media untuk Bisnis
Saat ini terdapat cukup banyak platform sosial media. Jika Anda harus membuat konten yang berbeda-beda setiap harinya, tentu sangat menyulitkan Anda dalam menentukan konten seperti apa. Apa lagi jika bisnis Anda masih terbilang UMKM. Terkadang mengelola sosial media dalam jumlah banyak adalah hal yang merepotkan. Fokuslah pada beberapa sosial media di awal untuk memanfaatkan sosial media untuk bisnis.
Kalau Anda masih sanggup mengelola sosial media sendiri. Anda bisa membuat sebuah content plan dan jadwal posting untuk memudahkan Anda dalam mengelola sosial media bisnis Anda. Karena Anda masih mengelola sendiri, pastikan sosial media yang dipilih haruslah sosial media yang digunakan oleh sebagian besar target audiens yang Anda miliki.
Kehadiran sosial media juga sangat penting untuk mendorong traffic ke website, mempromosikan konten, menjadi sarana komunikasi brand dan konsumen.
Mengapa Sosial Media Penting untuk Bisnis?
Wajib hukumnya para pelaku bisnis menggunakan sosial media untuk keperluan marketing bisnis dan mendorong terjadinya penjualan. Mengingat, masyarakat Indonesia cukup aktif di sosial media. Menjadikan sosial media merupakan tempat yang tepat untuk melakukan promosi hingga penjualan.
Menurut data terbaru dari We Are Sosial pengguna sosial media di Indonesia telah mencapai 170 juta orang atau sekitar 61,8 % dari total populasi Indonesia ada pertambahan sekitar 10 juta pengguna selama satu tahun.
Angka tersebut tentu sangat menarik bagi pemilik bisnis. Hampir semua jenis konsumen tentu ada di sosial media, terutama bagi para pemilik produk yang menyasar konsumen dengan rentang usia 18-34 tahun. Sebab rentang usia tersebut menjadi pengguna sosial media paling banyak di Indonesia.
Meskipun angka pengguna sosial media cukup besar, bukan berarti Anda serta merta menyasar seluruh khalayak di sosial media untuk Anda sasar sebagai calon konsumen. Diperlukan strategi komunikasi yang tepat agar setiap kampanye sosial media dapat berhasil dan tertarget.
Kenalkan Brand Melalui Sosial Media
Membangun Brand Awareness
Kehadiran sosial media sebagai brand awareness. Brand awareness menjadi tujuan setiap bisnis dalam proses marketing. Sosial media dapat membantu Anda lebih mudah dalam membangun brand awareness yang mudah dan efektif.
Keunggulan dari sosial media, mereka dapat membawa brand Anda lebih cepat dan mudah teringat oleh khalayak. Sosial Media juga bisa membuat audiens melihat brand Anda ketika mereka tidak memikirkan tentang suatu brand maupun produk yang mungkin Anda tampilkan melalui sosial media.
Penting: pastikan elemen yang menggambarkan brand Anda dengan menempatkan logo ditempat yang tepat sebagai daya tarik bagi audiens. Pastikan elemen visual memang terwakili dengan baik terhadap brand Anda. Usahakan untuk tidak menampilkan hal-hal berlebihan.
Menciptakan Brand Recognition
Setelah Anda membangun brand awareness. Kini saatnya Anda menciptakan brand recognition. Brand recognition dan brand awareness merupakan sesuatu yang berbeda, meskipun keduanya terlihat sama.
Mengutip dari Glints.com, brand recognition adalah konsep yang digunakan dalam periklanan dan pemasaran yang mengacu pada kemampuan konsumen dalam mengindentifikasi brand dari atribut yang dimiliki.
Seperti contoh, Ketika masyarakat cukup melihat logo, slogan, atau jingle mereka mengenali brand atau perusahaan terhadap suatu brand, maka sebuah brand sudah berhasil dalam melakukan brand recognition.
Ukuran dari brand recognition ini memang tidak bisa menggunakan tools, melainkan melalui riset pasar. Salah satu fungsi dari sosial media itu sendiri adalah membangun brand recognition untuk bisnis Anda.
Menciptakan Hubungan Antar Manusia
Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, hasil penelitian mengungkapkan bahwa banyak orang dewasa disana memiliki rasa percaya kepada merek Ketika mereka merasakan bukti nyata dari orang lain terhadap brand tersebut.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membangun hubungan manusia dan selalu terhubung dengan calon konsumen dengan menggunakan sosial media. Anda harus mampu menunjukan bagaimana pelanggan yang telah transaksi mendapatkan manfaat dari produk Anda dan mereka tetap terhubung dengan brand. Akan lebih menarik ketika konsumen melakukan advokasi kepada calon pelanggan lain.
Anda juga bisa membangun hubungan kepada konsumen dengan selalu memonitor apa yang menjadi percakapan konsumen dalam sosial media brand Anda. Gunakan juga bahasa yang sesuai pada target pasar. Cara ini akan memudahkan Anda untuk masuk ke dalam percakapan antara bisnis dan konsumen Anda.
Ingat, sosial media bukanlah sarana komunikasi satu arah seperti media massa konvensional. Sosial media menjadi sarana komunikasi dua arah antara brand dan konsumen. Anda harus menciptakan hubungan antara manusia, jangan membuat konsumen merasa bahwa mereka berinteraksi dengan robot.
Berikan Kisah Menarik Dari Brand Anda
Sosial media bisa menjadi pemberi cerita yang menarik kepada audiens. Cerita efektif akan mampu berdampak pada citra merek. Anda bisa menggunakan konten dari dalam perusahaan maupun konten dari informasi, edukatif, dan tren.
Konten dari luar perusahaan bisa menampilkan cerita dari orang-orang yang telah menggunakan produk atau layanan Anda. Jika para konsumen memberikan cerita dan review yang bagus dan menarik kepada Anda, bagikanlah cerita tersebut untuk menghasilkan citra terbaik terhadap brand Anda melalui sosialĀ media.
Memberikan Layanan Terbaik untuk Membuat Konsumen Merasa Nyaman
Pelanggan zaman now memang sangat unik, sangat mengharapkan pertanyaan atau permintaan yang diungkapkan kepada brand harus dijawab melalui sosial media. Mereka sangat enggan menelpon atau melakukan komunikasi dengan channel lainnya.
Ketika Anda menjalin hubungan dengan pelanggan, pastikan Anda dan staff mampu memberikan layanan pelanggan yang luar biasa untuk menghasilkan hubungan bermakna antara brand dan konsumen. Hal ini penting untuk menjaga hubungan Anda dengan konsumen.
Membangun Loyalitas
Sosial media menjadi tempat terbaik untuk membangun loyalitas pelanggan dengan mudah. Anda harus memahami bahwa pelanggan akan mengikuti dan berinteraksi dengan merek yang mereka sukai melalui sosial media. Sekitar 50% lebih pelanggan yang mengikuti akun sosial media brand, mereka cenderung lebih setia kepada brand.
Ini menjadi korelasi yang jelas. Ketika pelanggan mengikuti Anda, pelanggan akan cenderung memilih brand Anda dibandingkan dengan kompetitor. Jika mereka pelanggan fanatik, mereka akan meningkatkan lalu lintas website Anda.
Sosial Media Akan Membuat Bisnis Anda Tumbuh
Meningkatkan Pengunjung Website
Tidak banyak yang tahu, apabila brand menampilkan halaman website di bio profil sosial media secara tidak langsung akan membantu konsumen untuk mengunjungi website mereka. Konsumen akan mengecek website Anda, ketika Anda menamipilkannya dalam sosial media. Berbagi konten hebat dari blog ke saluran sosial media Anda.
Memang sumber utama pengunjung blog berasal dari mesin pencari. Tetapi, tidak semua pengunjung berasal dari mesin pencari. Mungkin sepertiga pengunjung website bisa berasal dari sosial media. Hal ini memang tidak banyak disadari oleh para brand yang memiliki website dan lebih fokus membangun sosial media.
Anda harus menyatukan antara konten di Instagram dengan konten di website. Usahakan untuk memberikan alamat situs untuk beberapa postingan di sosial media sebagai penarik pengunjung sosial media ke website.
Mendapatkan Leads
Sosial media menjadi cara termudah dan efisien dalam mendapatkan calon pelanggan pada bisnis dan produk Anda. Banyak brand yang memanfaatkan sosial media untuk mendapatkan leads, beberapa iklan di sosial media memang bisa menarik leads. Baik itu dari Facebook dan Instagram.
Leads yang diperoleh biasanya bersumber dari iklan. Agak sulit jika mengumpulkan leads dari konten-konten organik di sosial media. Sebab, banyak pengguna sosial media yang enggan memberikan data mereka baik itu nama, email, dan no HP jika tidak mendapatkan apa-apa untuk mereka.
Meningkatkan Penjualan
Setelah mengumpulkan banyak leads, tentunya Anda mengharapkan penjualan. Yah, manfaat sosial media untuk bisnis sebagai alat untuk meningkatkan penjualan. Sosial media bisa menjadi salah satu channel penjualan dari berbagai channel penjualan lainnya yang ada di digital marketing.
Apa lagi saat ini Facebook dan Instagram sudah memiliki fitur marketplace tersendiri. Memudahkan pemilik produk dalam memasarkan dan menjual produk yang mereka miliki secara langsung melalui sosial media. Ada segudang manfaat ketika Anda menjadikan sosial media untuk sarana penjualan.
Memviralkan Bisnis
Sosial media bisa menjadi salah satu channel marketing untuk memasarkan produk. Berkat sosial media, orang-orang bisa mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut. Sebuah strategi pemasaran yang hingga saat ini tidak pernah terdapuk oleh zaman. Hanya saja, penerapannya yang berbeda.
Pemasaran melalui mulut ke mulut mendorong 20 hingga 50% keputusan pembelian. Hampir semua konsumen memutuskan pembelian setelah melihat orang lain menggunakan produk atau jasa mereka melalui sosial media.
Caranya dengan memviralkan produk Anda melalui sosial media. Anda bisa menggunakan influencer maupun membuat konten unik dan bikin daya tarik kepada seluruh orang. Seperti brand Ramayana yang beberapa tahun lalu sempat membuat video menarik di Youtube. Dari video tersebut, akhirnya orang-orang datang ke store milik Ramayana.
Sosial Media Sebagai Channel Promosi
Manfaatkan Influencer
Kita sudah tahu, hampir semua brand menggunakan influencer untuk meningkatkan promosi dan konversi. Influencer dianggap dapat mendulang visibilitas dan penjualan dari satu produk. Memanfaatkan influencer juga bisa dilakukan oleh brand Anda yang memang ingin memaksimalkan sosial media untuk bisnis.
Influencer dianggap bisa meningkatkan konversi rate lebih tinggi dibandingkan dengan artis. Penggunaan influencer harus disesuaikan dengan brand Anda. Karena, tidak boleh sembarangan dalam memilih influencer. Anda harus menyesuaikan influencer dengan niche market yang Anda ingin sasar. Bangunlah hubungan dengan influencer agar Anda bisa memaksimalkan potensi sosial media untuk bisnis menjadi lebih baik dan besar lagi.
Mempromosikan Konten
Salah satu tujuan adanya sosial media, sebagai alat promosi konten yang Anda miliki. Buatlah konten yang memang memberikan informasi berkaitan dengan produk yang Anda miliki. Anda juga bisa menggunakan layanan iklan di sosial media untuk memperbesar jangkauan audiens Anda.
Agar konten Anda disukai, cobalah memberikan konten dengan desain menarik. Bisa konten tentang produk tetapi tetapi edukasi serta infografis mengenai suatu topik yang masih relevan dengan konten milik Anda. Jangan membuat konten yang tidak releated dengan niche pasar Anda.
Gunakan Hashtag untuk Setiap Postingan
Saat Anda ingin mempromosikan konten melalui sosial media, Anda bisa menggunakan hashtag. Hashtag adalah alat yang cukup ampuh untuk menghubungkan antara satu individu dengan individu lainnya yang memiliki kegemaran yang sama. Ini cara sederhana untuk meningkatkan jangkauan Anda.
Penggunaan hashtag itu gratis. Tidak ada salahnya ketika Anda menggunakan hashtag untuk setiap postingan yang sesuai dengan bisnis Anda. Gunakan hashtag secukupnya, manfaatkan hashtag yang releated dengan bisnis Anda. Anda juga bisa sisipkan hashtag populer pada saat melakukan posting konten.
Sosial Media Sebagai Alat Komunikasi
Menjaga Reputasi
Manfaat sosial media untuk bisnis berikutnya adalah untuk menjaga reputasi dari bisnis Anda sendiri. Banyak pelanggan yang kecewa terhadap suatu produk, laluĀ mereka menyampaikan keluh kesah melalui sosial media. Sebagai pemilik brand, Anda dan tim harus selalu memantau postingan di sosial media. Baik itu postingan positif maupun negatif.
Terlebih Ketika ada hal negatif yang disampaikan oleh pelanggan. Sebelum masalah akan menjadi besar. Ketika ada yang berbicara tentang bisnis Anda, segeralah untuk menyampaikan klarifikasi secara sopan dan professional. Dan jangan lupa untuk mengungkapkan terima kasih kepada pelanggan Anda.
Komunikasi Krisis
Suatu waktu memang ada saja kejadian yang membuat khalayak menyerang suatu brand atau bisnis. Baik secara langsung maupun melalui sosial media. Di era digital, brand akan lebih cepat merespon kejadian yang menyerang mereka melalui sosial media.
Meskipun menghadapi komunikasi krisis adalah tugas dari seorang Humas, tetapi channel komunikasi yang dimanfaatkan haruslah yang bisa dijangkau oleh khalayak luas. Salah satunya adalah sosial media.
Beberapa brand yang mendapatkan pernyataan seperti ini harus bisa melakukan klarifikasi dengan cepat. Salah satunya dengan sosial media. Disinilah manfaat sosial media untuk bisnis, sebagai sarana komunikasi krisis antara brand dan konsumen maupun khalayak mereka.
Media Interaksi
Manfaat sosial media dalam lingkup komunikasi bisnis, bisa menjadi tempat interaksi antara bisnis dengan konsumen. Konsumen yang selalu ingin mendapatkan pernyataan dan jawaban brand secara cepat, maka mereka memanfaatkan sosial media untuk mendapatkannya.
Sosial media menjadi sarana komunikasi dua arah antara brand dan konsumen. Ketika Anda mengharapkan keterlibatan konsumen pada sosial media, Anda juga harus terlibat di dalamnya. Selalu aktif untuk menjawab setiap pertanyaan yang diberikan oleh netizen. Cara ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda memang peduli terhadap konsumen.
Brand juga bisa menjadikan sosial media sebagai tempat untuk memantau apa yang sedang dibicarakan orang-orang berkaitan brand Anda di sosial media.
Sosial media menjadi tempat interaksi langsung antara brand dan pelanggan. Brand juga bisa menanggapi pertanyaan dari pelanggan dengan lebih cepat melalui sosial media.
Memang untuk menjadikan sosial media sebagai sarana interaksi dengan pelanggan, Anda harus mampu membangun sebuah tim yang kuat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dengan jawaban-jawaban detail sesuai permintaan pelanggan.
Selain itu, sosial media juga bisa menjadi interaksi awal untuk kolaborasi antara brand Anda dengan brand lain. Pada umumnya, saat ini kolaborasi diawali dengan interaksi melalui sosial media, lalu berlanjut ke komunikasi lainnya yang lebih intens.
Menjadi Tempat Info Terkini
Seperti yang telah dikatakan, konsumen selalu ingin mendapatkan informasi secara cepat dan dapat dipertanggunjawabkan. Disinilah Anda perlu sosial media untuk menyampaikan hal-hal terbaru berkaitan dengan produk Anda.
Saat Anda ingin memberikan pengumuman tentang sesuatu yang baru dari bisnis maupun acara menarik, hal tersebut akan menarik perhatian dan membuat orang bersemangat. Audiens akan saling berinteraksi di akun sosial media Anda.
Dapatkan Layanan Sosial Media Di Buzzup.id
Sudah tahu kan apa saja kenapa Anda harus memanfaatkan sosial media untuk bisnis. Tapi Anda masih menemukan masalah besar yang belum kita bahas: Bagaimana dengan perencanaan dan pengelolaan konten sosial media untuk bisnis Anda?
Gak perlu khawatir. Anda bisa kolaborasi dengan Buzzup.id untuk mengelola project sosial media Anda dengan lebih professional dan selalu memberikan konten yang diminati oleh audiens Anda. Kami akan membantu sosial media Anda berkembang dan meningkatkan keterlibatan.
Buzzup.id akan membantu mengelola sosial media dengan professional, mengembangkan brand, meningkatkan keterlibatan pelanggan hingga bersaing dengan kompetitor Anda. Diskusikan plan sosial media Anda dengan Buzzup.id.