Marketing

Panduan Email Marketing untuk Bisnis yang Perlu Diterapkan!

Panduan Email Marketing

Mengikuti panduan email marketing yang benar serta memanfaatkan berbagai tools email marketing adalah salah satu langkah awal untuk mengembangkan bisnis Anda ke skala yang lebih besar. Email marketing saat ini menjadi cara yang paling efektif untuk menemukan calon pelanggan baru dan juga sebagai cara untuk mempertahankan pelanggan lama Anda.

Jumlah pengguna email yang terus meningkat di seluruh dunia juga menjadi salah satu alasan mengapa email marketing perlu Anda terapkan dalam dunia bisnis. Tak hanya itu saja, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group juga menyebutkan bahwa jumlah pengguna email kemungkinan akan terus meningkat hingga 2,8 miliar pengguna dalam jangka dua tahun yang akan datang.

Radicati Group juga menambahkan bahwa setidaknya saat ini sudah terdapat 196 miliar email yang terus dikirimkan setiap harinya. Fakta menarik lainnya ialah bahwa dari 196 miliar email tersebut, terdapat 109 miliar email yang merupakan jenis email bisnis. Tentu angka 109 miliar bukanlah angka yang sangat kecil bukan? Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa email marketing memang sudah menjadi kebutuhan dasar para pebisnis di era digital saat ini.

Baca Juga: 8 Strategi Marketing Online yang Membantu Anda Menjadi Jutawan

Hal Penting Dalam Membangun Email Marketing

Dalam membangun sebuah email marketing maka langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah dengan meminta izin terlebih dahulu kepada para konsumen atau calon konsumen bisnis Anda. Tentu tidak etis rasanya jika melakukan spam kepada email milik orang lain tanpa izin mereka lebih dulu.

Email yang masuk ke akun email orang lain tanpa izin sebelumnya pada umumnya akan dianggap spam. Tentu spam yang berisikan informasi tentang perusahaan atau bisnis Anda hanya akan merusak nama dan citra bisnis yang Anda kelola selama ini. Para konsumen akan menganggap perusahaan Anda sebagai perusahaan yang buruk dalam melayani dan berinteraksi kepada para pelanggannya.

Oleh sebab itu, jangan pernah sekali-kali mengirimkan email berulang-ulang kepada pelanggan ataupun calon pelanggan Anda. Hal ini hanya akan membuat mereka jengkel dan tidak akan peduli dengan penawaran yang Anda lakukan. Kegiatan spamming seperti ini hanyalah tindakan yang sia-sia dan membuang waktu Anda.

Bagian Penting Untuk Membuat Email Marketing

Panduan Email Marketing untuk bisnis
Source: Themonirkhan.com

Berikut ini adalah beberapa panduan email marketing yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis Anda. Tak hanya itu saja, panduan berikut juga menjadi salah satu cara untuk lebih dekat dengan para pelanggan dan calon pelanggan Anda.

1. Pilihlah penyedia layanan email marketing

Sebuah bisnis atau perusahaan professional pada umumnya akan melakukan kerja sama dengan penyedia layanan email marketing. Langkah ini juga menjadi strategi marketing yang sangat efektif untuk menjangkau komunitas yang lebih besar.

2. Kumpulkan kontak email marketing yang Anda punya

Untuk menjangkau pelanggan maka Anda bisa memulainya dari mengumpulkan kontak email dari keluarga, sahabat atau mungkin rekan kerja Anda. Kontak dari orang-orang sekitar Anda bisa menjadi langkah awal dalam melakukan email marketing bisnis Anda.

3. Siapkanlah email selamat datang

Email selamat datang merupakan pesan pertama yang akan diterima oleh konsumen saat Anda mengirimkan email. Email selamat datang yang berisikan salam hangat atau kalimat pembuka yang persuasive akan memberikan kesan yang baik di mata pelanggan Anda.

4. Buatlah email yang persuasive

Pesan yang berisikan kalimat atau tulisan yang persuasive tentu akan lebih disukai oleh para pelanggan dibandingkan email yang berisikan tulisan kaku dan cenderung monoton. Oleh sebab itu, belajarlah membuat tulisan yang bersifat persuasive selain bertujuan untuk menarik perhatian para pembaca, tulisan persuasive juga membantu Anda lebih dekat dengan para pelanggan.

5. Kirimlah email di waktu yang tepat

Panduan email marketing yang perlu Anda ketahui juga ialah mengenai waktu terbaik untuk mengirimkan email kepada pelanggan. Setiap pengguna pasti memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mengecek atau membaca inbox mereka masing-masing. Akan lebih baik jika Anda mengatur schedule sekali sebulan atau mungkin mengirim email di waktu akhir pekan saja. Email spamming yang terus Anda kirim ke email pelanggan Anda setiap harinya hanya akan membuat mereka jengkel dan pada akhirnya mengabaikan isi pesan tersebut.

6. Cek ulang email sebelum dikirim

Pratinjau email adalah hal penting sebelum mengirimkan email marketing bisnis Anda kepada pelanggan. Jangan sampai Anda baru menyadari kesalahan email saat pesan telah diterima oleh pembaca. Untuk itu perhatikanlah tanda baca hingga tautan yang seharusnya ada di badan email sebelum mengirimkan email ke kontak pelanggan dan calon pelanggan.

Email Marketing Tools

Tips Email marketing untuk bisnis
Source: Marketingnetic.com

Setelah mengetahui bagian-bagian penting pada panduan email marketing, selanjutnya mari membahas tentang tools pada email marketing. Pada dasarnya, email marketing tools ini sangat berperan dalam meningkatkan penjualan perusahaan. Saat ini, sudah banyak pengusaha dan pebisnis professional yang menggunakan email marketing tools. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi email marketing tools terbaik yang bisa digunakan pada bisnis Anda.

Kirim.email

Saat ini Kirim.email menjadi salah satu email marketing paling populer dan digunakan oleh banyak pengusaha online di tanah air. Hingga hari ini sudah lebih dari 12.000 pengguna yang tergabung dalam Kirim.email.

Kirim.email juga termasuk jenis email marketing yang paling mudah digunakan. Tak hanya itu saja, di dalamnya terdapat banyak fitur yang bisa digunakan secara gratis mulai dari broadcast email, autoresponder, landing page builder, hingga integrasi ke berbagai jenis platform seperti Facebook Ads dan WordPress.

Baca Juga: Strategi dan Jenis Bisnis Fashion Di Indonesia yang Populer

MailChimp

Selanjutnya ada MailChimp yang juga sudah banyak digunakan para pebisnis online tanah air. Di dalam MailChimp ini juga memiliki user interface yang intuitif dari MailChimp. Jika telah memiliki 2000 subscriber maka tool yang satu ini gratis untuk Anda gunakan. Namun, jika beralih ke versi berbayar maka tentu Anda akan mendapatkan fitur-fitur menarik lainnya. Tidak bisa dipungkiri jika biaya yang cukup besar memang sebanding dengan hasil yang diinginkan.

Constant Contact

Constant Contact juga termasuk email marketing paling populer di dunia. Tool email marketing yang satu ini memungkinkan Anda untuk mengolah subscribers hingga mendesain email dengan tampilan professional untuk para pelanggan Anda. Berbagai template menarik dan bervariasi hingga fitur drag and drop editing tools tersedia di dalam Constant Contact ini. Platform yang satu ini bisa Anda gunakan secara gratis selama 60 hari, akan tetapi setelah jangka waktu tersebut maka Anda pun akan dikenakan biaya.

HubSpot

HubSpot dapat dikatakan sebagai all in one marketing software dengan berbagai kelebihan dan keunggulannya jika dibandingkan jenis email marketing lainnya. Kehadiran HubSpot pada dasarnya memang dibuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan yang lebih professional. Di dalam software ini Anda juga akan dibantu dengan fitur SEO dalam meningkatkan conversion rate. Meskipun Anda akan dikenakan biaya saat mengakses software ini, akan tetapi harga yang ditawarkan tersebut tetap sebanding dengan kualitas yang diberikan.

Nah, demikianlah informasi mengenai panduan email marketing serta tools penting yang perlu Anda terapkan dalam dunia bisnis digital. Semoga ulasan pada artikel ini dapat memberikan gambaran yang  lebih jelas tentang seluk beluk dunia email marketing untuk Anda. Jika Anda masih bingung dengan email marketing dan ingin menerapkan pada bisnis, Anda bisa berkolaborasi bersama Buzzup.id Creative & Digital Agency.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *