Bisnis

Strategi dan Jenis Bisnis Fashion Di Indonesia yang Populer

Usaha fashion sepertinya menjadi usaha yang tidak ada matinya. Hal itu terlihat dari semakin banyak pengusaha-pengusaha baru di bidang fashion. Belum lagi kita sering menemukan bazar-bazar fashion yang selalu meriah dan ramai. Setiap terdapat acara tersebut jumlah pengunjung selalu meningkat dari tahun ke tahun dan keuntungan outlet bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta, padahal bazar umumnya diselenggarakan hanya satu minggu. Bisnis fashion di Indonesia menjadi bisnis yang tiada matinya. Sangat mudah ditemukan dan jenisnya sangat kompetitif.

Diluar itu, Anda mungkin pernah pergi belanja ke pasar Tanah Abang atau Pasar Jatinegara. Coba Anda perhatikan berapa ratus ribu orang yang datang ke Tanah Abang dan Jatinegara hanya untuk berbelanja. Dan yang belanja adalah para pedagang dari luar daerah lho. Mereka berbelanja dengan nominal puluhan hingga ratusan juta.

Dengan melihat hal tersebut, terdapat potensi yang cukup besar di bisnis fashion. Fashion menjadi pilihan banyak pengusaha-pengusaha pemula sebagai usaha awal mereka. Karena memang peminat fashion di Indonesia cukup tinggi.

Baca Juga: Tantangan Saat Akan Memulai Usaha Baru yang Sering Terjadi

Coba saja Anda ingat-ingat, pernahkah Anda bepergian ke suatu kota tertentu? Saat Anda ke kota itu, pasti Anda akan mencari baju yang memiliki tulisan khas dari daerah yang Anda kunjungi. Nah ini adalah salah satu bisnis fashion di daerah yang cukup berkembang sejak lama. Kita bisa melihat bagaimana pengusaha-pengusaha fashion daerah bisa berhasil dalam melakukan promosi dan menghasilkan profit yang luar biasa.

Namun saat ingin memulai usaha fashion, banyak calon-calon pengusaha yang bingung ingin memulai bisnis fashion apa dan bagaimana untuk bisa mendapatkan konsumen. Ada beberapa tips yang harus Anda cermati agar bisnis pakaian Anda bisa berhasil.

Strategi Bisnis Fashion Di Era Digital

Kreatifitas

Saat Anda ingin memulai bisnis fashion, hal terpenting adalah kreatifitas. Kreatifitas ini sebenarnya bukan hanya digunakan dalam bisnis fashion. Tetapi semua lini bisnis memerlukan kreatifitas. Kreatifitas inilah membuat produk yang Anda produksi memiliki ciri khas dan keunggulan bagi konsumen.

Strategis

Ketika membangun bisnis, Anda disarankan untuk menggunakan strategi-strategi tepat agar bisnis Anda bisa tetap berjalan secara jangka pendek maupun jangka panjang. Strategi ini juga harus Anda terapkan dalam bisnis fashion, karena bisnis fashion saat ini cukup kompetitif. Jika Anda salah menerapkan strategi, Anda akan kalah dalam persaingan.

Psikologis

Dalam membangun bisnis fashion, Anda harus bisa memainkan psikologis calon konsumen. Karena usaha fashion harus memainkan peran psikologis seseorang ketika mereka pertama kali melihat produk Anda.

Salah satu contoh yang bisa Anda lakukan dengan permainan warna, kata-kata, dan gambar. Anda bisa belajar dari kaos asal Yogyakarta, Dagadu yang bisa mempermainkan psikologis konsumen-konsumen dengan kata-kata yang mereka letakan pada produk-produk baju. Inilah salah satu cara memanfaatkan psikologi.

Tiga hal diatas menjadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan ketika ingin membangun bisnis fashion. Selain itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar bisnis fashion Anda bisa sukses dan diterima masyarakat. Terutama beberapa model fashion yang mungkin cukup mudah menemukan pasarnya

Bisnis Fashion yang Cukup Laku Di Indonesia

Distro

Jika Anda ingin mengambil pasar fashion anak muda, bisnis fashion yang paling cocok adalah bisnis distro. Hingga saat ini bisnis distro selalu tumbuh dan tidak pernah redup bahkan mati. Sepertinya distro memang memiliki konsumen loyal yang selalu fanatik dengan bisnis mereka.

Bisnis distro yang menyasar anak muda ini memang selalu hidup dan selalu menjadi incaran anak-anak muda yang fashionable dan selalu ingin tampil mengikuti tren yang ada. Anda bisa mencoba untuk memulai bisnis distro ini.

Pakaian Muslim

Pakaian muslim pun menjadi pilihan usaha fashion yang bisa menjadi pilihan. Anda bisa melihat produk-produk seperti Rabbani, El-Zatta, Al-Mia, dan sebagainya yang hingga saat ini memiliki konsumen loyal  dalam menggunakan produk mereka. Meskipun harganya dapat dikatakan tidak murah.

Hidupnya bisnis pakaian muslim di Indonesia tak terlepas dari jumlah masyarakat muslim sekitar 90 % dari penduduk Indonesia. Inilah yang menjadi salah satu fashion muslim tidak pernah ada matinya.

Pakaian Sport

Pakaian sport menjadi pilihan untuk bisnis fashion yang tidak pernah ada matinya di Indonesia. Bisnis ini selalu menjanjikan. Anda bisa berjual jersey dan jaket klub sepak bola, sepatu, topi, syal, dan sebagainya. Pakaian sport menjadi pilihan untuk memulai bisnis fasshion yang menjanjikan untuk dicoba. Pecinta olahraga di Indonesia pun selalu meningkat, membuat bisnis ini menjadi peluang yang menjanjikan.

Pakaian Bayi dan Anak-Anak

Ketika ingin memulai usaha pakaian, coba juga Anda lirik pakaian bayi dan anak-anak. Karena fashion tersebut menjadi pasar yang menjanjikan. Anda bisa memperhatikan, bagaimana ketika orang yang sedang hamil, mereka sudah menyiapkan pakaian mulai dari baju, bedong, dan sebagainya untuk anak-anak mereka. Belum lagi, banyak masyarakat membeli pakaian bayi untuk hadiah.

Tentunya ini bisa Anda janjikan menjadi pasar yang cukup luas untuk Anda sasar dalam memulai bisnis fashion. Anda bisa mencoba untuk melihat peluang bisnis yang satu ini untuk memulai bisnis pada usaha fashion yang ingin Anda jalankan.

Itulah beberapa jenis usaha fashion yang tidak ada matinya. Mungkin Anda yang belum mampu melakukan produksi, bisa memulai bisnis fashion dengan berjualan. Pilihlah supplier yang menurut Anda dapat diajak kerjasama dengan baik, bangun kepercayaan. Selain itu, Anda juga bisa berbelanja secara grosir di pasar-pasar pakaian yang ada di kota tempat tinggal Anda.

Saat ini untuk memulai bisnis online, tak perlu memikirkan tempat. Jika Anda memang tidak memiliki modal untuk tempat. Maka Anda bisa mencoba untuk memulai berjualan fashion melalui online. Anda mulai dari memposting produk-produk yang Anda jual melalui marketplace yang ada. Maupun memulai usaha melalui sosial media. Anda bisa melihat cukup banyak pengusaha yang hanya berjualan di sosial media dan mereka berhasil hingga sukses.

Penutup

Salah satu kesuksesan dalam mengelola bisnis fashion adalah pemasaran. Pemasaran sangat penting untuk mengenalkan produk Anda kepada khalayak luas. Strategi pemasaran memang tidak bisa dilakukan asal-asalan. Semuanya harus terencana dengan baik untuk mencapai kesuksesan pemasaran.

Kalau Anda masih bingung ingin menggunakan strategi pemasaran seperti apa, silahkan konsultasikan dengan kami. Kami akan membantu para pebisnis fashion dalam menerapkan strategi pemasaran untuk menargetkan pasar yang cocok. Kami siap membangunkan web e-commerce, sosial media marketing, digital placement Ads, SEO, hingga creative desain untuk membantu membangun brand identity Anda.

Baca Juga: Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Mau diskusi lebih lanjut mengenai pemasaran digital? Mau bisnis fashion lebih dikenal di media sosial. Langsung aja kunjungi website Buzzup.id untuk mendapatkan segala jenis layanan digital untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan audiens dengan brand Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *