Pertumbuhan bisnis online mendorong banyaknya pelaku bisnis yang membanting stir dari offline ke online. Persaingan di dunia offline cukup ketat, dan siapa yang menguasai teknologi akhirnya beralih ke marketing online. Tidak hanya perusahaan besar, dunia online dikuasai oleh perusahaan kecil hingga individu-individu yang melek digital. Peluang berbisnis online masih terbuka lebar hingga saat ini. Oleh karena itu, diperlukan strategi marketing online yang harus diketahui oleh para internet marketers.
Dengan banyaknya perusahaan dan individu yang berpindah haluan dari offline ke online, serta semakin banyaknya pebisnis yang melakukan usaha online. Maka penerapan bisnis online pun tidak melulu harus biasa-biasa saja. Harus ada strategi yang mumpuni agar strategi online Anda bisa mendapatkan respons yang baik dari para netizen.
Baca Juga: Tantangan Saat Akan Memulai Usaha Baru yang Sering Terjadi
Sejak bertumbuhnya pasar online di Indonesia, strategi marketing online yang diterapkan dahulu dan sekarang selalu berubah. Bahkan tingkat persaingan di online cukup ketat. Semakin banyaknya marketplace membuat saingan di pasar online hampir sama ketatnya dengan persaingan yang terjadi di pasar offline.
Ada beberapa tips yang harus Anda lakukan untuk memenangi pemasaran online. Jika tips ini Anda lakukan, Anda bisa menjadi jutawan di kancah dunia maya, meskipun bisnis yang Anda jalankan bukanlah sebuah bisnis skala besar. Tak percaya, berikut strategi marketing online yang bisa Anda lakukan.
Strategi Pemasaran Online yang Harus Diterapkan Para Entrepreneur
Mencari Produk Apa yang Ingin Anda Jual
Melakukan strategi marketing online tidak berbeda jauh dengan melakukan strategi pada bisnis offline. Anda membutuhkan riset pasar untuk mengetahui produk apa yang cocok Anda jual dan memang dibutuhkan oleh banyak orang, organisasi, maupun lembaga.
Dalam mencari produk yang ingin Anda jual, Anda juga harus bisa melihat mengenai kompetisi yang tidak begitu besar dalam dunia online. Lakukanlah semampu Anda dalam menentukan produk apa yang ingin Anda jual dan penjualan yang Anda lakukan mendapatkan banyak keuntungan.
Kalaupun Anda memang sangat menyukai dan memahami potensi pasar produk yang Anda sukai, maka jalankanlah. Jangan ragu meskipun banyak kompetitor yang berjualan produk-produk tersebut. Anda bisa sambil belajar dalam menguasai produk
Produk Harus Memiliki Prospek Jangka Panjang
Ketika Anda sudah menemukan sebuah produk, maka pastikan produk yang Anda jual bisa dibutuhkan oleh konsumen hingga jangka panjang. Misal, Anda menjual sebuah produk yang dapat dibutuhkan oleh konsumen dalam setiap saat dan ketika memang mereka butuhkan, produk tersebut dapat digunakan.
Jangan menjual produk yang hanya musiman, misal produk tersebut hanya laris pada saat-saat tertentu, seperti petasan, kembang api, dan terompet. Bukan tidak boleh, tetapi saat Anda berbisnis Anda harus memikirkan secara jangka panjang. Bisa saja Anda berjualan produk tersebut sebagai pelengkap saja.
Membangun Website
Ketika Anda sudah mulai mengetahui produk apa yang akan Anda jual dan sudah mendapatkan supplier, maka sekarang waktunya untuk membangun website. Buatkanlah satu website khusus untuk produk yang Anda jual. Website menjadi salah satu sarana yang bisa diterapkan dalam strategi marketing online pada bisnis Anda.
Dalam membangun sebuah website, usahakan website yang Anda bangun merupakan website yang mobile friendly. Karena sebagian besar pengguna internet berasal dari pengguna smartphone. Dan sebagian pengguna internet mobile adalah orang yang pada saat itu juga menentukan keputusan mereka. Jangan sampai website Anda ketika dibuka pada perangkat mobile, membutuhkan waktu lama untuk membukanya.
Membangun Konten
Salah satu strategi marketing online adalah membangun konten. Ketika website sudah ada, bukan berarti Anda hanya sekedar memposting gambar produk dan hanya menjelaskan keunggulan produk Anda. Konten sangat penting sebagai daya tarik terhadap produk yang Anda jual.
Dengan konten yang menarik, dan membuat orang ingin membeli produk bukan sekedar dipengaruhi oleh gambar saja, tetapi konten pun menjadi acuan orang untuk membeli produk yang Anda tawarkan
Penulisan konten pun jangan hanya sekedar menulis, tetapi didalam konten yang Anda buat harus memiliki kata-kata interaktif, menarik yang membuat calon pembeli melakukan tindakan. Baik itu membeli atau hanya melihat-lihat saja.
Sebagian besar para digital marketer menggunakan CTA (Call To Action) untuk membawa audiens ke dalam halaman produk untuk membeli produk.
Isi konten pun harus menceritakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen dari produk yang Anda jual.
Pelajari SEO dan SEM
Saat Anda sudah memiliki website dan membangun konten, sebaiknya Anda mempelajari Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Keduanya memiliki peran penting untuk membangun branding produk yang Anda tawarkan dan membuat website Anda selalu berada dalam peringkat atas halaman pencarian, ketika konsumen mengetikan keyword tertentu yang berkaitan dengan produk atau bisnis Anda.
Sebagai pedagang online yang memiliki website, Anda sudah wajib dan mengerti tentang SEO dan SEM sebagai salah satu strategi pemasaran online di website. Tanpa kedua hal tersebut akan sangat sulit mendapatkan traffic yang tepat untuk website dan meningkatkan penjualan produk. Bagi Anda yang belum mengerti mengenai SEO dan SEM, kita akan memberikan sedikit penjelasan mengenai keduanya.
SEO adalah cara alami yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan ke website atau landing page Anda dengan mengincar kata kunci tertentu secara alami. Harus ada kata kunci, misal Anda menjual baju, maka Anda harus membuat artikel atau landing page yang mengandung kata kunci berkaitan dengan baju. Misal ‘jual baju online murah’, ‘jual baju muslim Dengan Harga bersaing’, dan kata kunci lainnya yang berkaitan dengan apa yang Anda tawarkan pada website.
Jika SEO adalah salah satu cara mendapatkan pengunjung dengan alami, maka SEM adalah cara mendapatkan traffic dengan membayar kepada Google agar website atau halaman tertentu bisa tampil di halaman pertama. Cara ini adalah salah satu cara mudah untuk meningkatkan pengunjung website dalam waktu singkat. Anda bisa mendapatkan konsumen banyak dan meningkatkan traffic website.
Memanfaatkan Sosial Media
Tak tertinggal, sosial media saat ini bukanlah tempat untuk sekedar berbagi pengalaman dan menuliskan sesuatu saja. Kini, sosial media telah menjadi sarana yang paling ampuh untuk melakukan strategi marketing online. Di sosial media kita bisa mendapatkan banyak pengunjung dan pembeli produk yang kita miliki. Selalu update hal-hal baru yang ada pada website Anda ke media sosial. Begitu juga ketika Anda memiliki produk atau layanan terbaru.
Baca Juga: 17 Manfaat Sosial Media untuk Bisnis
Tetap Menjalin Komunikasi Dengan Konsumen
Hal yang tak boleh Anda lupakan dalam menerapkan strategi pemasaran online adalah tetap menjalin komunikasi dengan konsumen. Ketika Anda mendapatkan satu orang konsumen, maka simpanlah kontak mereka.
Baik itu alamat email, atau nomor teleponnya. Ketika Anda memiliki produk baru, Anda bisa langsung menawarkan produk tersebut kepada konsumen yang datanya telah Anda simpan, tanpa harus mencari konsumen baru.
Mengelola Keuntungan
Ketika konsumen yang Anda miliki sudah cukup banyak dan keuntungan yang Anda peroleh sudah cukup besar, Anda harus bisa bijak mengatur keuntungan tersebut. Buatlah pembukuan yang baik dalam mengatur keuntungan dari bisnis yang Anda jalankan. Hindari memanfaatkan hasil keuntungan untuk melakukan hal-hal konsumtif.
Untuk menjadi jutawan dalam berbisnis online diperlukan berbagai strategi pemasaran online yang tepat dan dilakukan secara konsisten. Jika bisnis dilakukan tanpa konsistensi serta komitmen, bisnis Anda tidak akan bisa berkembang dan Anda akan gagal menjadi pebisnis sejati.
Kalau Anda masih bingung melakukan strategi marketing online, konsultasikan kepada Buzzup.id, digital agency di Indonesia yang siap membangun dan eksekusi strategi pemasaran online sesuai dengan goals bisnis Anda. Silahkan klik banner dibawah ini.
Dengan Interaksi dan keterlibatan (followers, like, & views) yang aktif setiap hari, minggu, dan bulan merupakan sinyal brand Anda dapat diandalkan.