Sosial Media

Inilah 7 Tips Efektif Meningkatkan Followers Tiktok 2022

Source: Pexels.com
Meningkatkan Followers Tiktok

Tiktok merupakan salah satu platform sosial media, yang kini telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif. Dengan lonjakan pengguna ini pastinya Tiktok memiliki peluang bisnis yang besar. Namun untuk bisa memanfaatkan peluang tersebut kamu harus bisa meningkatkan followers Tiktok dengan cepat.

Pasalnya semakin banyak followers yang kamu miliki, maka peluang keberhasilan semakin besar. Contohnya jika kamu seorang influencer, jumlah followers yang besar peluang endorsement dengan nominal besar juga akan meningkat. Oleh karena itu penting bagimu untuk mulai mempelajari cara efektif meningkatkan followers Tiktok.

Alasan Mengapa Kamu Harus Meningkatkan Followers Tiktok

alasan meningkatkan followers Tiktok
Source: Pexels.com

Pada dasarnya meningkatkan followers Tiktok dapat memberikan kamu banyak peluang keberhasilan dan juga privilege, bahkan kamu berkesempatan dapat apa yang sebelumnya tidak pernah kamu bayangkan. Tak heran jika banyak orang berbondong-bondong meningkatkan jumlah pengikutnya. 

Baca Juga: Cara Jitu Sukses dalam Pemasaran TikTok Affiliate

1. Meningkatkan Status Sosial Media

Ha pertama yang bisa kamu rasakan setelah menaikkan followers adalah status sosial, kamu akan mendapat berbagai julukan secara bertahap. Selain julukan kamu pastinya juga akan mendapat berbagai privilege pada kehidupan sehari-harimu.

2. Peluang Dilirik Brand Besar dan Ternama

Sebuah brand besar pastinya akan tertarik pada angka pengikut yang besar, hal ini sangat erat hubungannya dengan strategi pemasaran yang kamu buat. Dengan jumlah followers yang besar, kamu juga memiliki peluang yang besar untuk mendapatkan endorsement.

3. Membantu Pemasaran Produk

Baik dengan tujuan untuk memasarkan produk pribadi, produk dari klien maupun produk afiliasi, namun dengan jumlah pengikut besar pastinya akan sangat membantu pemasaran produk tersebut. Tak heran brand besar dan ternama memprioritaskan bekerjasama dengan influencer besar atau unik.

7 Tips Efektif Meningkatkan Followers Tiktok

7 tips meningkatkan followers Tiktok
Source: Pexels.com

Untuk bisa meningkatkan followers Tiktok dengan cepat, ada baiknya kamu mempersiapkan beberapa tips khusus ini.  Pasalnya dengan treatment yang tepat, bukan mustahil meningkatkan jumlah followers hingga 100 kali lipat dalam waktu yang singkat.

1 Kenali Siapa Audiensmu

Salah satu hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah mengenal siapa audiensmu, atau mungkin lebih mudahnya kamu bisa mengidentifikasi siapa sasaran followersmu. Pasalnya dari ratusan juta pengguna, pastinya memiliki latar yang berbeda-beda. Mulai dari demografi, lokasi, dan niche harus kamu klasifikasikan dengan tepat. 

Kamu bisa mulai melihat pesaing dan influencer panutanmu, amati jenis konten dan peluangnya. Pertimbangkan jenis konten apa yang cocok untuk kamu coba, jika sudah yakin coba beberapa umpan format dan jenis video hingga menemukan yang paling cocok untuk tingkatkan followers Tiktok yang kamu bangun.

2. Peka Terhadap Tren

Tren adalah hal besar di TikTok, hal ini dapat lebih efektif puluhan kali lipat daripada membangun pengikut organik. Namun bukan berarti setiap sesuatu yang sedang trending harus kamu ikuti, kamu harus jeli membaca tren dan mengaplikasikannya dengan jenis konten yang kami miliki.

Oleh karena itu selain jeli terhadap tren yang ada, kamu juga harus cermat membaca situasi dan kondisi yang terjadi. Kamu bisa mencoba dengan tren hashtag, challenge, musik, koreo maupun kasus, namun kamu harus punya nilai unik untuk bisa jadi pembeda kontenmu dengan pesainmu.

3. Gunakan Hashtag yang Tepat

Jika kamu menggunakan tiktok, pastinya kamu tahu caption dari Tiktok sangatlah terbatas, maka dari itu salah satu cara efektif adalah memanfaatkan hashtag yang tepat. Pasalnya menggunakan hashtag yang tepat akan memberikan sedikit gambaran mengenai konten yang kamu buat.

Selain itu hashtag juga membantu para audiens baru untuk menemukan konten yang kamu buat, oleh sebab itu juga dalam tips sebelumnya tren hashtag juga bisa kamu manfaatkan. Tak heran banyak influencer dan seleb Tiktok yang benar-benar memperhatikan penerapan hashtag pada konten yang mereka buat.

4. Gunakan CTA untuk Mempertebal Pemasaran Video

CTA atau Call to Action adalah salah satu kata ajaib yang bisa jadi alasan para pengikut tertarik dengan konten kamu. Mungkin kata “Lanjut Part 2” menjadi salah satu CTA paling laris bagi influencer dengan durasi panjang. Walaupun jika kamu telaah kembali CTA ini sebenarnya adalah trik untuk membuat pengunjung penasaran atau tertarik.

Namun kamu juga harus tahu kapan menempatkan CTA serta kapan memberinya jeda. Pasalnya terasering memasang CTA pada konten, bisa mempengaruhi respek dan kenyamanan dari audiens Waktu terbaik untuk menggunakan taktik ini adalah saat Anda membuat serial video atau memposting video multi-bagian. 

Baca Juga: Strategi Tiktok Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

5. Cari Golden Timing untuk Jadwal Uploadmu

tips meningkatkan followers Tiktok
Source: Pexels.com

Penting untuk menemukan golden time untuk memposting konten yang kamu buat, dan Waktu tersebut tentu saat audiens sedang online. Pasti akan butuh beberapa percobaan dan kesalahan untuk menemukan titik waktu itu, tetapi hal itu sangat pantas untuk kamu perjuangkan. 

Sebaiknya periksa alat penjadwalan serta analytic tools Tiktok untuk mengotomatiskan proses ini. Bagi beberapa orang mungkin akan butuh waktu lama, apalagi jika kamu tidak fokus dan melakukannya dengan konsisten. Jadi perlu jiwa baja dan kegagalan beruang untuk menemukan format terbaik dalam timing upload konten.

6. Lakukan Kolaborasi dengan Influencer Lain

Secara basis Tiktok adalah platform media sosial, jadi sangat mungkin untuk meningkatkan followers Tiktok dari akun yang kamu bangun. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur seperti duet dan stitch di Tiktok, atau kamu juga bisa membuat video bersama seperti biasanya

Secara peluang hal ini akan sangat membantu meningkatkan jumlah pengikut, pasalnya pengikut dari lawan main kamu akan melihat dan aware siapa kamu. Hal ini tentunya akan meningkatkan peluang pengikut baru jika dia tertarik dengan konten yang kamu buat. 

7. Berinteraksi dengan Audiens

Cara berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan followers Tiktok adalah dengan berinteraksi dengan para audiensmu. Banyak cara yang bisa kamu gunakan mulai dari membuat challenge, duet, stitch maupun melakukan live tiktok. 

Dengan sering melakukan interaksi dengan audiens, jarak yang kalian miliki akan semakin kecil. Hal ini pastinya akan membuat nyaman para pengikutmu, serta menjadi senjata promosi untuk akunmu kedepannya. Selain itu memanfaatkan fitur Tiktok juga dikenal mampu meningkatkan perhatian robot Tiktok dengan keaktifan akunmu.

8. Melakukan Promosi 

Cara terakhir adalah melakukan promosi terkait konten yang kamu buat, kamu bisa menggunakan cara organik maupun menggunakan mesin iklan berbayar. Kamu bahkan juga bisa melakukan iklan lintas video maupun mengirim link di komentar video lain yang relevan.

Melakukan iklan dan promosi adalah cara paling efektif yang bisa kamu lakukan, namun kamu perlu benar-benar memperhitungkan apa yang ingin kamu iklankan. Gunakan strategi terbaik dengan kondisi yang kamu miliki, serta miliki target pemasaran yang jelas!

Itulah beberapa tips meningkatkan followers Tiktok yang bisa kamu lakukan, selain menggunakan tips tersebut konsistensi sangat kamu butuhkan untuk membangun follower. Pasalnya dengan langkah setengah-setengah, akan menghambat pertumbuhan serta berisiko untuk akunmu dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *