Sosial Media

Cara Jitu Sukses dalam Pemasaran TikTok Affiliate

Source: Pexels.com
Mengenal Pemasaran Tiktok Affiliate

TikTok affiliate merupakan salah satu peluang terbaik untuk mendapatkan income passive, hanya dengan menyebarkan link produk afiliasi pada konten TikTok yang kamu buat. Sebagai aplikasi dengan 1 miliar pengguna TikTok menawarkan pelauang besar yang bisa dimanfaatkan hampir semua pengguna yang mau mencoba.

Mendapatkan komisi hasil penjualan produk hanya dengan menyebarkan link, pastinya menjadi salah satu alasan banyak pengguna ingin mendalami pemasaran TikTok Affiliate. Namun tahukah kamu bagaimana cara efektif untuk sukses menjadi affiliator TikTok?

Sekilas Tentang TikTok Affiliate

TikTok affiliate adalah metode pemasaran dan penjualan produk di TikTok Shop, yang melibatkan penggunanya untuk turut ikut berkontribusi. Hanya dengan menyebarkan link produk afiliasi, pengguna aplikasi yang terdaftar sebagai affiliator akan mendapatkan fee berdasarkan transaksi dari link tersebut.

Secara konsep program afiliasi ini sama seperti sales promotion, namun dengan proses dan skema pembayaran yang berbeda. Bahkan peluang bisnis ini memungkinkan penggunanya aktif mendapatkan komisi walaupun hanya memiliki sedikit followers saja.

Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia

Syarat untuk Menjadi Affiliator TikTok

Syarat Daftar
Source: Pexels.com

Untuk bisa mendapatkan penghasilan dari TikTok Affiliate, kamu perlu mempersiapkan beberapa syarat administrasi pribadi. Ada baiknya kamu mempersiapkan syarat ini sebelum melakukan pendaftaran menjadi afiliator TikTok.

  • Tanda Pengenal: KTP untuk Paspor.
  • Rekening bank yang kamu gunakan untuk redeem.
  • Akun TikTok Shop aktif yang sudah terverifikasi.

Peluang besar dari program afiliasi ini adalah pengguna tidak memerlukan angka minimum followers. Hal ini semakin membuka peluang besar bagi seluruh pengguna aplikasi untuk mengumpulkan cuan dari mempromosikan produk.

Cara Mendaftar TikTok Affiliate

Cara Daftar
Source: Pexels.com

Untuk mendaftar menjadi afiliator, syarat terpenting adalah memiliki akun TikTok shop aktif. Maka sebelum mendaftar sebagai afiliator TikTok kamu harus memiliki akun TikTok shop yang sudah terverifikasi. 

Cara mendaftar TikTok shop juga tidak terlalu sulit, kamu hanya perlu membuaka link “shop.tiktok.com” lalu pilih daftar. Kamu hanya perlu mengikuti langkah yang sudah TikTok siapkan. Setelah kamu masuk tahap authorize dan verifikasi, kamu hanya perlu konfirmasi dari pihak TikTok.

Apabila akun sudah aktif, kamu bisa mulai lanjut ke tahap pendaftaran TikTok affiliate. Dalam langkah-langkah ini kamu pastikan untuk mengisi seluruh data dengan benar dan teliti.

  • Buka aplikasi TikTok dan login dengan akun yang ingin kamu daftarkan.
  • Pada menu profil kamu bisa memiliki ikon keranjang untuk mencari pusat kreator e-commerce.
  • Dalam menu tersebut ada pilihan toko yang memuat settingan komisi.
  • Dari sinilah kamu bisa menambahkan produk dengan klik tombol tambah.
  • Langkah selanjutnya kamu lengkapi data yang diminta mulai dari nama lengkap, akun dan tujuan. 
  • Setelah melakukan proses konfirmasi nama sudah berhasil, kamu hanya perlu klik menu add affiliate produk.
  • Langkah terakhir adalah hanya menunggu permintaan tersebut mendapatkan persetujuan dari penjual.
  • Jika langkah sudah terisi dengan benar dan terverifikasi, kamu bisa memulai melakukan strategi pemasaran yang kamu gunakan.

Baca Juga: Strategi Tiktok Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Strategi Pemasaran Jitu dalam TikTok Affiliate

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemasaran produk yang kamu lakukan harus menggunakan strategi yang tepat. Karena dengan treatment yang baik, pastinya peluang mendapat penghasilan tinggi akan semakin besar.

1. Miliki Niche Pasar Potensial

Hal pertama yang harus kamu miliki  adalah niche pasar potensial, jadi ada baiknya untuk memulai dengan membuat beberapa konten perkenalan sambil mencari ceruk terbaik. Dengan niche pasar yang jelas, video konten yang kamu buat akan lebih terkonsep dan bertujuan jelas.

Selain itu niche pasar potensial juga mengarahkan kamu pada sumber cuan yang lebih besar. Dalam strategi pemasaran niche pasar potensial sama dengan memiliki peta daerah musuh, karena kamu akan dituntut untuk mempelajari seluk beluk dari audiens yang kamu targetkan.

2. Buat Konten yang Relevan dengan Produk Afiliasi

Cara Jitu TikTok Affiliate
Pexels.com

Untuk meningkatkan interest dari pengikutmu, kamu bisa membuat video yang relean dengan produk yang kamu pasarkan. Kamu bisa membuat video review, reaction, maupun menyelipkan produk pada video yang kamu buat dengan halus.

Masalah kualitas video yang kamu buat masih bisa kamu tingkatkan sedikit demi sedikit secara bertahap, namun memiliki keunikan tersendiri bisa jadi modal yang penting. Kamu harus memiliki atau menemukan karakter video yang sesuai denganmu dan konten konten yang nantinya akan kamu buat.

3. Sertakan Tautan dalam Bio Profil TikTok

Salah satu fitur TikTok yang bisa kamu manfaatkan untuk pemasaran adalah penambahan tautan pada kolom bio profil. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memudahkan pelanggan mengakses link produk afiliasi yang kamu pasarkan. Fitur bio ini bahkan bisa memuat banyak link sekaligus.

Namun agar terlihat lebih rapi dan muat banyak link termuat, kamu bisa menghubungkan bio pada LinkTree. Kamu bisa memasukkan link termuat dengan nomor yang bisa kamu callback dalam konten yang kamu buat.

4. Promosikan Melalui Sosial Media Lain

Asumsi bahwa jutaan orang pengguna TikTok masih menggunakan sosial media lain, bisa kamu manfaatkan untuk menyebarkan link afiliasi kamu. Kamu bisa menautkan pada TikTok profil maupun langsung pada linktree tiap produk yang kamu jual. Secara konsep dengan 1 video kamu bisa taruh ke berbagai platform.

Lalu dengan menyebarkan pada banyak platform sosial media sekaligus, peluang penonton maupun jumlah klik akan semakin besar. Dengan begitu peluang penghasilan cuan akan semakin besar pula.

5. Manfaatkan Kode Kupon

Strategi Pemasaran
Source: Pexels.com

Beberapa merek afiliasi sering memberikan kode kupon berbatas waktu yang bisa kamu sebarkan pada followers kamu. Kode ini biasanya bisa kamu redeem dengan potongan harga maupun gratis ongkir, hal ini tentunya akan semakin meningkatkan minat beli dari calon customer produk kami.

6. Mengubah Link untuk Mudah Masuk Video

Kamu bisa menggunakan coverter domain seperti bit.ly untuk mengubah link super panjang, menjadi lebih simpel dan mudah diingat. Hal ini cukup penting jika kamu ingin menyertakan link tersebut dalam videomu, pastikan untuk membuat link pengganti yang mudah diingat. 

Memasukkan link pada video bisa membantu audiens yang belum terlalu tertarik, mengingat link yang kamu buat saat butuh produk serupa. Selain memasukkan tulisan di video, kamu bisa menjadikan link tersebut menjadi tombol hyperlink produk.

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Ini 7 Cara Menambah Followers Tiktok Secara Organik

7. Manfaatkan Hastag atau Audio yang sedang Viral

Mengikut trend merupakan salah satu senjata yang bisa kamu manfaatkan, pasalnya dengan menggunakan hastag atau audio yang sedang viral peluang videomu FYP akan semakin besar. Maka secara otomatis potensi meningkatnya penjualan akan semakin besar pula.

Kamu tidak harus membuat video yang viral dari audio tersebut, namun kamu bisa mengkreasikan konten sesuai gaya videomu. Selain menumbuhkan peluang peningkatan traffic, interest dari pengunjung juga akan meningkat dengan gaya pembawaan unik khas milikmu sendiri.

Nah, itulah beberapa cara dan strategi jitu pemasaran TikTok affiliate yang digunakan creator sukses. Dengan mengamati banyak pendahulu afiliator TikTok shop, masih memungkinkan kamu untuk menemukan strategi-strategi baru kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *