Sosial Media

Strategi Tiktok Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Source: Adweek.com
Strategi Penerapan Tiktok Marketing

Apakah Anda berencana memanfaatkan Tiktok Marketing untuk meningkatkan penjualan bisnis? Saat ini Tiktok menjadi aplikasi yang populer di berbagai kalangan dan telah menjadi salah satu jejaring sosial terbesar di dunia. Terbukti, sekarang lebih banyak orang menghabiskan waktu di Tiktok daripada Instagram. Dengan sederet fitur baru untuk meningkatkan popularitas, Tiktok telah menjadi kanal baru bagi pebisnis untuk melakukan pemasaran.

Bagaimana Memanfaatkan Tiktok Marketing Untuk Pengembangan Bisnis?

Tiktok Marketing adalah segala bentuk kegiatan promosi yang memanfaatkan media sosial ini. Tiktok menjadi alat promosi bagi suatu produk agar terlibat dengan target konsumen mereka. Kampanye yang sukses melalui Tiktok dapat semakin memperkuat brand value dengan menghadirkan konten otentik yang dibagikan kepada pengguna.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses marketing melalui Tiktok efektif dan memberikan hasil yang memuaskan yaitu sebagai berikut:

Menyiapkan Akun Tiktok Bisnis

 

Untuk memanfaatkan platform Tiktok secara optimal, maka sebaiknya Anda menggunakan akun bisnis. Akun Tiktok biasa kurang maksimal jika digunakan untuk keperluan bisnis sehingga perlu beralih ke akun bisnis. Jenis akun yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang lengkap untuk mengoptimalkan proses pemasaran.

Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia

Menyiapkan Strategi Pemasaran yang Matang

 

Anda mungkin sudah berpengalaman melakukan pemasaran di platform media sosial yang lain. Namun, perlu dipahami bahwa Tiktok merupakan platform yang berbeda. Untuk itu, perlu strategi unik untuk berhasil melalui media sosial ini. Salah satunya adalah mempelajari algoritmanya.

Ada 4 hal yang membuat pengguna tetap terlibat yaitu creator value, platform value, user value, dan long term user value. Maka algoritmanya nanti akan menyediakan konten yang diminati oleh audiens dan melewatkan video yang tidak sesuai dengan usia atau tidak relevan serta menghapus video yang dianggap tidak sesuai pedoman komunitas mereka.

Algoritma Tiktok akan mengkurasi halaman FYP (For Your Page) sesuai pilihan dan riwayat aktivitas para penggunanya. Dengan faktor dan variabel beragam, maka tidak ada FYP yang identik. Pada pengaturan akun dan perangkat meliputi preferensi bahasa, jenis perangkat, dan pengaturan negara. Faktor-faktor tersebut akan dilacak untuk mengoptimalkan performa aplikasi

Perlu diketahui, jumlah pengikuti tidak berpengaruh terhadap peluang muncul di FYP. Walaupun pengguna memiliki pengikut lebih banyak, algoritma tidak akan memperlakukan video tersebut secara berbeda hanya karena popularitas.

Mengidentifikasi Target Audiens

Identifikasi Audiens saat ingin menentukan strategi Tiktok Marketing

Sumber Gambar: neilpatel

Kenali siapa saja yang menjadi segmen untuk brand Anda dengan mempelajari demografi Tiktok. Contohnya jika Anda ingin menawarkan produk skincare, persona pelanggan Anda mungkin adalah wanita usia 15-35 tahun.

Hal ini nantinya akan membantu Anda mengetahui siapa yang akan menjadi target dan menentukan jenis konten yang sesuai untuk mereka. Dengan demikian, kampanye yang dilakukan dapat menjangkau audiens yang tepat.

Menentukan Tujuan Marketing

Tentukan tujuan Anda melakukan Tiktok Marketing. Tujuan inilah yang akan menjadi tolok ukur apakah kampanye berhasil atau gagal. Anda dapat menentukan apakah kegiatan tersebut bertujuan mendapatkan audiens baru, meningkatkan brand awareness, atau membangun relasi dengan pelanggan.

Mengoptimalkan Profil Tiktok

Optimalkan Profil TikTok
Source: Allstars.id

Meskipun terdengar sederhana, namun sangat penting untuk memastikan profil Tiktok dibuat dengan baik karena menjadi kesan pertama bagi pelanggan. Buatlah bio secara singkat namun menarik. Pilih URL secara hati-hati. Pastikan apakah URL tersebut mengarah ke toko online Anda, profil media sosial lainnya, landing page, atau postingan blog terbaru sesuai tujuan Anda.

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Ini 7 Cara Menambah Followers Tiktok Secara Organik

Menghadirkan Konten yang Menghibur

Konten menjadi modal utama untuk menarik perhatian warga Tiktok. Walaupun tujuannya adalah promosi, namun promosi tersebut perlu dibuat semenarik mungkin dan dapat mengibur sesuai dengan segmen yang disasar. Atau jika Anda kesulitan,

Anda dapat berkolaborasi dengan influencer. Saat ini sebagian besar konsumen lebih percaya terhadap rekomendasi dari influencer daripada promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha itu sendiri. Influencer mampu mengubah brand formal menjadi konten yang menarik dan menghibur karena mereka memahami platform dan trennya.

Tiktok saat ini juga sudah mempunyai platform untuk kolaborasi creator dan brand melalui Tiktok Creator Marketplace. Jadi Anda dapat menemukan mitra pembuat konten yang sesuai dengan melihat statistic kinerja waktu nyata mereka, metrik keterlibatan, demografi audiens, dll

Demikian beberapa tips untuk melakukan Tiktok Marketing. Proses pemasaran melalui media sosial ini memang sedang menjadi trend yang menjanjikan untuk meningkatkan penjualan usaha Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *