Sosial Media

Algoritma Reels Instagram: Cara Kerja dan Tips Meningkatkan Engagements

Algoritma Reels Instagram

Arus teknologi digital memang mengalir semakin deras. Para influencer dan content creator mau tidak mau harus terus menyesuaikan diri dengan perkembangan algoritma di berbagai platform digital. Begitu halnya dalam algoritma Reels Instagram, untuk mendapatkan engagements sebanyak-banyaknya Anda perlu memahami perkembangan algoritma di dalamnya.

Diperlukan beberapa tips dan startegi untuk bisa meraih viewers sebanyak-banyaknya sehingga konten-konten Anda pun bisa bersaing dengan para content creator lainnya.

Cara Kerja Algoritma Instagram Reels

Terdapat 3 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam memahami algoritma Reels di Instagram. Ketiga hal tersebut ialah sebagai berikut:

Who (Siapa)

Who atau siapa mengarah kepada konten siapa yang paling sering Anda ikuti. Jika Anda sering melakukan interaksi pada sebuah akun di Instagram maka besar kemungkinan akun tersebutlah yang akan terus muncul di feed Anda.

What (Apa)

Jenis konten seperti apakah yang sering muncul di feed Anda? Jika Anda sering menonton konten-konten kuliner maka algoritma Reels pun akan terus menampilkan beragam konten kuliner lainnya.

When (Kapan)

Bagian ini mengarah kepada kapan waktu posting konten di Reels. Waktu posting ini sangat berpengaruh terhadap relevansi konten yang ditampilan pada akun Anda. Apakah sesuai dengan Anda atau tidak.

Baca Juga: 5 Fitur Instagram yang Dapat Maksimalkan Marketing Bisnis Anda!

Tips Mengoptimalkan Postingan Instagram Reels

Algoritma Reels Instagram

Source: Sosiakita.com

Jika Anda sudah memahami cara kerja dari algoritma Reels Instagram, selanjutnya silahkan menerapkan beberapa strategi dan tips berikut untuk memaksimalkan konten-konten Reels Anda.

Buat Konten yang Menghibur dan Menyenangkan

Banyak orang menghabiskan waktu mereka berselancar di sosial media termasuk di Instagram, tak lain dan tak bukan ialah untuk menghibur diri. Oleh sebab itu, jenis konten yang menghibur dan menyenangkan mampu mendapatkan banyak engagements di antara jenis konten lainnya.

Jika Anda ingin membuat konten yang menghibur, cobalah melihat trending video yang sedang banyak ditonton saat ini. Anda juga bisa menggunakan sounds yang tengah viral untuk menaikkan viewers. Dengan menerapkan strategi ini, dijamin konten-konten Anda akan selalu dicari dan ditunggu oleh para followers.

Membuat Konten yang Kreatif

Agar bisa mendapatkan banyak engagements, Anda juga perlu menciptakan ide-ide konten yang fresh dan kreatif. Tak harus mengikuti tren perkembangan video yang sedang berlangsung, sekali-sekali cobalah menjadi trend

Konten yang fresh tentu akan menarik banyak viewers, terlebih jika Anda adalah pelopor dari konten kreatif terbaru tersebut. Namun, menciptakan tren yang fresh dan kreatif di tengah gempuran video-video viral lainnya memanglah tidak mudah. Oleh sebab itu, diperlukan yang namanya research dan analisis pasar lewat sosial media lebih dulu.

Gunakan Teks, Filter, dan Musik yang Sedang Viral

Filter-filter yang dihadirkan oleh Instagram Reels haruslah Anda manfaatkan dengan baik. Gunakan fitur teks, filter dan musik yang tengah banyak digunakan oleh para pengguna Instagram saat ini. Menerapkan strategi yang satu ini akan membuat konten Anda terus berkembang mengikuti tren yang sedang berlangsung.

Meskipun Reels Instagram fokus pada konten berupa video, akan tetapi Anda juga harus mengoptimalkan fitur teks di dalamnya. Teks ini akan membuat konten Anda lebih menarik dan tentu saja informatif. Perlu Anda tahu, pengguna Reels juga banyak dari kalangan tunarungu. Dengan menghadirkan fitur teks di dalam Reels Anda maka mereka pun tentu akan lebih mudah memahami maksud dan isi dari konten-konten Anda.

Jadi, pastikan untuk menambahkan fitur subtitle pada video maupun teks alternatif pada bagian deskripsi konten-konten Anda.

Baca Juga: Manfaat Instagram Reels untuk Bisnis dan Contoh Kontennya

Gunakan Video Vertikal dengan Durasi yang Tidak Terlalu Panjang

Algoritma Reels Instagram pada dasarnya lebih berfokus pada penyajian video-video yang dikemas dalam waktu singkat saja. Video dengan durasi pendek juga cenderung lebih disukai oleh banyak audiens dibandingkan video dengan durasi yang cukup lama.

Video singkat ini juga akan mendorong munculnya penayangan ulang sehingga konten Anda pun mampu mendapatkan rasio klik yang lebih banyak. Jangan lupa juga untuk menggunakan video vertikal (9:16) dengan durasi singkat untuk makin memaksimalkan engagements konten-konten Anda.

Bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan cara kerja algoritma Reels di Instagram? Jika iya, ayo segera buat konten sekreatif dan semenarik mungkin sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *