Membuat konten dan mempostingnya di media sosial secara manual setiap hari merupakan salah satu hal yang cukup membuat stres. Buruknya lagi, Anda akan kelelahan sehingga memposting konten di platform media sosial tidak akan terasa menyenangkan lagi, bahkan berisiko membuat Anda berhenti memposting.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengetahui bagaimana melakukan scheduling post sosial media. Jadwal posting media sosial dapat membantu Anda dalam mengefisiensi waktu yang dihabiskan untuk membuat dan memposting konten media sosial.Â
Waktu yang Anda hemat tersebut bisa Anda gunakan untuk berinteraksi dengan audiens Anda. Nah, lantas bagaimana cara membuat jadwal post di sosial media untuk menyukseskan content marketing Anda?
Apa Itu Scheduling Post Sosial Media?

Sumber: Pexels.com
Scheduling post sosial media merupakan kegiatan yang memungkinkan Anda untuk merencanakan posting akun media sosial tertentu untuk ditayangkan pada waktu dan hari tertentu. Dengan sering memposting konten secara konsisten, Anda berkesempatan untuk menjangkau calon pelanggan.
Baca Juga: Mau Membuat Social Media Plan Untuk Bisnis? Ini Kiatnya!
Namun, ini bukan hanya tentang jumlah posting. Ketika Anda membuat posting media sosial dapat berdampak drastis pada seberapa baik kinerjanya. Berbagai organisasi telah melakukan penelitian untuk mengetahui waktu terbaik untuk memposting di setiap platform.
Misalnya, waktu terbaik untuk memposting di Twitter adalah hari kerja antara pukul 6 dan 9 pagi. Yang berarti frekuensi posting jelas merupakan sesuatu yang perlu dipertimbangkan ketika Anda merencanakan jadwal post sosial media Anda.
Bagaimana Melakukan Scheduling Post Sosial Media?

Sumber: Unsplash.com
Beberapa platform media sosial memiliki tools penjadwalan media sosial bawaan mereka sendiri. Akan tetapi, lebih mudah dan lebih efisien untuk menggunakan satu aplikasi, seperti Buffer, Everypost, dan lain-lain, untuk menjadwalkan semua posting media sosial Anda.
Namun, meskipun menggunakan tools, ada baiknya Anda memahami langkah-langkah dasar bagaimana melakukan scheduling post media sosial.
1. Rencanakan Waktu Posting Anda
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah Anda perlu memutuskan kapan Anda akan memposting di setiap channel media sosial. Pasalnya, waktu posting dan seberapa sering Anda memutuskan untuk posting konten di medsos sangat penting dan berdampak pada kinerjanya.Â
Sebagai contoh, jika ingin memposting di Instagram, idealnya antara 3 – 7 kali posting dalam seminggu, Facebook sebanyak 1 – 2 kali perhari, dan TikTok sebanyak 1 -4 kali per hari. Cara terbaik untuk merencanakan waktu posting Anda adalah dengan membuka Google Calendar dan membuat event untuk setiap waktu posting.Â
Setel pengingat satu jam sebelum memposting, jadi Anda punya banyak waktu untuk login ke platform dan mempublikasikan konten. Ulangi proses ini sampai Anda memiliki semua waktu posting Anda untuk beberapa bulan ke depan yang dijadwalkan.
Baca Juga: 6 Jenis Konten Media Sosial yang Menarik dan Kreatif
2. Temukan dan Buat Konten untuk Ditambahkan ke Jadwal Anda
Sekarang setelah mengidentifikasi waktu posting Anda, saatnya untuk menemukan dan menambahkan konten ke kalender Anda. Pindai akun media sosial yang relevan dengan niche Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis katering, sebaiknya lihat halaman terkait bisnis katering lainnya untuk konten.
Dengan begit, Anda bisa menemukan konten yang dapat Anda bagikan di medsos Anda. Ini juga membuat Anda tetap up-to-date pada tren di industri Anda sehingga Anda bisa membuat konten yang lebih baik.
3. Tetapkan Setiap Konten ke Hari dan Waktu Posting
Bagaimana melakukan scheduling post sosial media selanjutnya? Anda sekarang harus memasukkan list konten yang sudah Anda rencanakan ke Ms. Excel untuk dikirim ke akun media sosial Anda.
Pertama, buka cadangan Google Calendar Anda. Lalu, untuk setiap waktu pengeposan, salin dan tempel URL konten yang akan Anda bagikan ke bagian lampiran. Caranya, klik pada waktu posting yang Anda buat, salin URL-nya, kemudian buat posting media sosial dengan komentar dan tautan ke URL.
Lampirkan foto atau elemen visual ke postingan. Selanjutnya, bagikan postingan ke followers Anda. Karena Anda idealnya memposting ke akun media sosial Anda setiap hari, Anda harus mengulangi proses ini beberapa kali setiap hari.
4. Monitoring
Selanjutnya, Anda perlu memantau kesuksesan konten yang sudah Anda posting. Gunakan Facebook Insights, Twitter Analytics, atau tools lain untuk mengukur dampak setiap postingan.
Perhatikan jenis konten apa yang berkinerja baik di setiap channel medsos, kapan waktu posting yang paling berdampak, serta hari apa saja yang paling efektif untuk posting. Memantau metrik utama ini akan membantu Anda menyempurnakan strategi media sosial Anda dari waktu ke waktu.
Nah, demikianlah penjelasan tentang bagaimana melakukan scheduling post sosial media yang bisa Anda terapkan agar strategi marketing Anda berjalan lebih efektif. Semakin efektif jadwal posting konten, maka semakin meningkat pula engagement yang Anda peroleh.