Sosial Media

Mau Membuat Social Media Plan Untuk Bisnis? Ini Kiatnya!

Dalam membuat social media plan untuk kebutuhan sebuah bisnis, setiap pengusaha atau pebisnis memang memerlukan waktu yang tidak sedikit. Tak hanya itu saja, para pelaku bisnis juga harus memiliki kreatifitas dalam mengeksekusi setiap perencanaannya tersebut.

Tidak bisa dipungkiri jika strategi pemasaran saat ini memang sudah banyak yang beralih ke ranah digital atau sosial media. Oleh sebab itu, mau tidak mau para pelaku usaha pun harus cepat beradaptasi dengan yang namanya perkembangan dunia digital. Bagaimanapun juga, sosial media menjadi tempat untuk melakukan pemasaran sekaligus promosi produk dan jasa paling yang efektif saat ini.

Lalu, apa saja hal-hal penting yang harus diperhatikan dalam membuat social media plan ini? Yuk, mari kita bahas satu persatu lewat ulasan berikut ini.

Mengenal Brand Kamu Sendiri

Branding adalah langkah penting yang tak boleh terlewatkan dalam mempromosikan usaha kamu. Merk atau brand sebuah perusahaan tentu akan menjadi icon utama di mata setiap pelanggan.

Jika usaha yang kamu jalankan adalah usaha kuliner maka cobalah melakukan branding makanan yang beda dari bisnis makanan yang lainnya. Tak hanya itu saja, bahan-bahan utama dalam pembuatan makanan tersebut juga perlu kamu pertimbangkan matang-matang. Akan lebih baik jika bisnis kamu bisa bekerja sama dengan para petani lokal. Selain turut membantu produk dalam negeri, hal ini tentu juga akan menambah nilai plus pada branding perusahaan yang kamu jalankan.

Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba

Mengenal Audiens Dan Trend Digital

Sebelum membuat social media plan, Kamu harus mengenal audiens

Ketika membuat social media plan maka kamu juga perlu mempertimbangkan target audiens. Mulai dari profesi, usia, pendapatan hingga berbagai jenis sosial media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Oleh sebab itu, sebuah perusahaan ada baiknya tak hanya memiliki satu jenis akun sosial media saja. Cobalah untuk melebarkan sayap ke platform lainnya seperti Twitter dan juga TikTok yang semakin trend oleh banyak kalangan hari ini.

Kemudian, kamu juga harus fokus pada setiap konten ataupun postingan yang telah dibuat. Analisalah postingan mana yang paling banyak disukai followers hingga jenis postingan apa yang paling banyak dikunjungi oleh audiens. Untuk meningkatkan engagement akun sosial media bisnis kamu, maka kamu memang perlu mempelajari berbagai teknik pemasaran digital lewat sosial media.

Pastikan kamu juga memiliki jadwal rutin untuk memposting setiap postingan di semua sosial media bisnis kamu. Perlu kamu ingat juga, postingan tak hanya sekedar memasukkan foto saja, lebih dari itu kamu juga harus pandai membuat caption yang menarik untuk para followers kamu.

Ya, pada dasarnya memang tidak mudah menjalankan sebuah akun bisnis di sosial media. Bahkan banyak para pebisnis yang secara perlahan mulai menutup akun sosial media mereka dan beralih ke jenis sosial media lain yang lebih populer. Dunia digital memang selalu memaksa setiap pelaku usaha untuk terus beradaptasi dengan perkembangan era teknologi digital hari ini. Oleh sebab itu, teruslah belajar dan meningkatkan skill digital marketing  kamu agar tetap bisa mempertahankan pelanggan dan audiens di platform yang kamu miliki.

Melakukan Analisis Kompetitif

Melakukan analisis kompetitif juga menjadi bagian penting dalam social media plan. Analisis kompetitif ini akan membantu kamu dalam melihat banyaknya kompetitor bisnis kamu. Tak hanya itu saja, langkah yang satu ini juga menjadi salah satu strategi kamu dalam melihat trik-trik yang dilakukan oleh para kompetitor sehingga mampu mendapatkan banyak pelanggan.

Mengatur (Setup) & Optimalkan Akun Yang Digunakan

Selanjutnya, optimalkanlah setiap sosial media maupun website bisnis yang kamu gunakan. Manfaatkanlah setiap fitur yang tersedia di dalamnya. Perbaharui info kontak, riwayat perusahaan, informasi perusahaan, deskripsi produk dan layanan, hingga penggunaan foto maupun video pada setiap postingan. Jangan lupa juga untuk melakukan verifikasi akun di setiap sosial media bisnis kamu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya akun palsu yang dapat merugikan kamu dan bisnis kamu sendiri.

Baca Juga: Tips and Trick Meningkatkan Engagement Instagram

Membuat Mission Statements

Dalam membuat social media plan juga diperlukan adanya mission statements di setiap halaman sosial media bisnis. Langkah ini dapat membantu usaha kamu dalam menentukan siapa pelanggan ideal yang membutuhkan produk ataupun jasa yang kamu pasarkan.

Pada umumnya terdapat sembilan hal yang perlu kamu perhatikan dalam melakukan mission statements ini, beberapa di antaranya ialah sebagai berikut.

  • Melakukan branding awareness
  • Mendukung lalu lintas ke situs web bisnis kamu
  • Memiliki petunjuk penjualan
  • Terdapatan pendapatan
  • Melakukan interaksi antar pelanggan atau audiens
  • Meningkatkan layanan kepada followers
  • Melakukan kerja sama dengan mitra lainnya seperti majalah, portal berita dan lainnya
  • Mengumpulkan feedback

Selain sembilan poin penting di atas, hal penting lainnya yang perlu kamu lakukan ialah untuk tetap konsisten terhadap misi yang kamu jalankan tersebut. Pastikan setiap interaksi yang terjadi di sosial media tidak tercampur dengan urusan di luar bisnis kamu.

Menyiapkan Metrik

Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang memanfaatkan metrik untuk mengukur sejauh mana keberhasilan penjualan dan promosi mereka. Kamu pun seharusnya juga sudah menyiapkan fitur metrik ini untuk menganalisa perkembangan penjualan yang telah kamu lakukan.  Beberapa metrik penting tersebut di antaranya ialah seperti tingkat konversi, waktu yang dihabiskan pada situs web, reach, brand mentions, sentiment hingga total shares.

Jadwalkan Konten yang Menarik

Memiliki kalender atau jadwal posting di sosial media maupun di blog menjadi langkah penting lainnya yang harus dilakukan untuk kesuksesan bisnis kamu. Meskipun kamu memiliki segudang rencana yang cemerlang akan tetapi tanpa adanya eksekusi tentu hal tersebut hanyalah sia-sia belaka bukan?

Oleh sebab itu, pastikan setiap konten yang telah kamu rencanakan bisa dieksekusi sesuai target yang ingin dicapai. Beberapa tips pembagian jadwal posting sosial media ini di antaranya seperti membuat porsi 80/20. 80 persen difokuskan untuk pemberian informasi, pendidikan hingga hiburan serta 20 persen khusus untuk promosi dan penjualan. Kalau kamu ingin mengubah aturan porsi ini juga bisa kok, mau 70/30 hingga 50/50 juga bisa kamu terapkan. Yang terpenting ialah mengatur porsi tersebut sesuai kebutuhan postingan bisnis kamu.

Untuk mendapatkan banyak viewers pada setiap konten yang dibuat, kamu juga bisa memanfaatkan kerja sama dengan para influencers. Pastikan untuk memilih selebgram ataupun youtuber yang sesuai dengan bisnis kamu. Jika kamu memiliki produk berupa skincare maka kamu bisa bekerja sama dengan Suhay Salim ataupun beberapa beauty influencers ternama lainnya. Begitu halnya jika produk yang kamu jual adalah makanan maka cobalah mengajak collab chef ternama tanah air seperti Chef Arnold ataupun Chef Renata.

Baca Juga: Tips Menjalankan Facebook Ads Campaign Untuk Menarik Banyak Audiens

Beberapa pelaku usaha juga sering memanfaatkan tagar yang sedang viral di berbagai platform sosial media agar meningkatkan view konten mereka. Semakin banyak yang mengunjungi sosial media ataupun situs bisnis kamu maka tentu akan semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan keuntungan penjualan.

Penutup

Secara keseluruhan, proses membuat social media plan memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada proses panjang yang perlu dilakukan untuk mendapatkan target yang ingin dicapai. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik maka setiap pelaku usaha memang perlu beradaptasi terhadap dunia digital yang terus berkembang saat ini.

Kalau bisnis Anda sedang membutuhkan layanan sosial media marketing, tepat sekali jika Anda telah menemukan website Buzzup.id. Buzzup.id adalah creative digital agency yang akan membantu social media Anda lebih berkembang dan menjangkau lebih banyak customer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *