Sosial Media

10 Instagram Tools Gratis dan Terbaik untuk Kembangkan Bisnis Anda

Source: Pexels.com
Instagram Tools Gratis

Apakah Anda mencari Instagram tools gratis yang dapat membantu Anda menumbuhkan pengikut dan meningkatkan presensi bisnis Anda di media sosial? Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan, Instagram bukan lagi sekedar jejaring sosial untuk menelusuri foto, gambar, meme, atau quotes.

Instagram kini berkembang menjadi jejaring sosial yang serius digunakan oleh influencer dan pebisnis untuk mendorong pendapatan yang signifikan. Dalam artikel kali ini, Anda akan menemukan berbagai Instagram tools gratis dan terbaik yang ternyata sangat berguna untuk memasarkan bisnis Anda secara online.

Ini termasuk Instagram tools untuk membantu Anda terkait manajemen komentar, scheduling, analitik, pelaporan, riset tagar, pertumbuhan pengikut organik, dan banyak lagi.

Instagram Tools Gratis untuk Mendesain Konten

Instagram Tools Gratis untuk Mendesain Konten
Sumber: Pexels

Baik itu content creator pemula maupun profesional pasti membutuhkan bantuan tools desain. Pasalnya, tools pembuatan konten ini akan membantu Anda tetap terinspirasi, membuat Anda tetap up to date dengan tren saat ini. 

1. Canva

Canva adalah platform desain grafis yang sangat populer di kalangan content creator karena keserbagunaannya. Website ini menyediakan berbagai jenis template dalam setiap format yang Anda butuhkan, termasuk Instagram feed dan stories

Canva juga didukung oleh fitur drag-and-drop sehingga sangat mudah digunakan. Menariknya lagi, Canva juga dilengkapi dengan perpustakaan stok dengan foto, animasi, musik, dan video yang berguna untuk membuat iklan dan reels.

Baca Juga: Pemilik Bisnis Wajib Tau 12 Instagram Tools Terbaik Ini!

2. VSCO

Instagram tools gratis kedua untuk membantu Anda menangani urusan pengeditan foto dan video selain Canva adalah VSCO. Sebelumnya tools ini dikenal sebagai VSCO Cam, yakni aplikasi fotografi seluler untuk perangkat iOS dan Android.

Preset vibe artistiknya merupakan salah satu kelebihan VSCO dibandingkan aplikasi editing lainnya. Anda juga dapat menautkannya ke akun Instagram Anda dan memposting langsung dari aplikasi, atau cukup mengunduh konten di ponsel Anda.

3. Adobe Creative Cloud Express

Tools ini adalah solusi Adobe untuk template media sosial yang dirancang dengan fitur drag-and-drop yang mudah digunakan. Adobe ini juga merupakan alternatif yang recommended untuk aplikasi pengeditan foto yang cukup profesional berkat fitur pengeditan dasarnya seperti resizing, penghapusan background, dan konversi dari JPG ke PNG atau dari PNG ke JPG.

Ada ribuan template yang tersedia di perpustakaan Adobe, selain font, musik, dan pilihan stok gambar limited. Instagram tools ini gratis, tetapi jika akses ke lebih banyak aset, musik, dan fitur desain, maka cobalah paket berbayarnya.

Instagram Tools Gratis untuk Menambah Followers

Instagram Tools Gratis untuk Menambah Followers
Sumber: Pexels

Dalam menjalankan bisnis online, tentunya presensi di Instagram sangat penting untuk meningkatkan engagement posting, mengarahkan trafik ke situs web Anda, dan memperluas basis pelanggan Anda. Nah, tools ini akan membantu Anda melakukannya:

4. Buffer

Buffer adalah aplikasi manajemen media sosial yang dirancang untuk membantu marketer dan pemilik usaha kecil untuk menjadwalkan posting untuk akun media sosial mereka di berbagai platform, termasuk Instagram.

Tools ini memungkinkan Anda merencanakan dan memantau kampanye media sosial, serta menanggapi komentar dan DM pengguna. Terlebih lagi, tools ini juga memberi Anda rekomendasi khusus untuk meningkatkan strategi pemasaran Instagram Anda.

5. Gleam

Salah satu cara untuk meningkatkan engagement audiens dan menambah followers di Instagram adalah dengan mengadakan event, kontes, maupun giveaway. Dan Gleam bisa jadi tools Instagram yang bisa membantu Anda mengelola kontes dan maupun giveaway yang bakal Anda adakan di Instagram.

Banyak pebisnis online yang mengandalkan aplikasi ini karena menawarkan paket gratis untuk menyelenggarakan kontes dalam jumlah tak terbatas.

Baca Juga: Perkembangan Instagram: Fitur-Fitur Terbaru dan Jumlah Penggunanya di Indonesia

6. Hashtag Expert

Untuk meningkatkan engagement posting, diperlukan juga pemilihan hashtag yang bagus dan relevan. Nah, untuk membantu Anda menemukan tagar terbaik untuk audiens Anda, Anda bisa gunakan tools Hashtag Expert. Cara menggunakannya pun sangat simpel.

Anda hanya perlu memasukkan satu hashtag, dan software berbasis AI ini akan menghasilkan sekelompok hashtag Instagram berkinerja tinggi serupa yang dapat Anda gunakan di posting Anda. Selanjutnya, Anda bisa meng-copy beberapa tagar sekaligus untuk diunggah secara berkelompok dalam caption.

Instagram Tools Gratis untuk Analitik

Instagram Tools Gratis untuk Analitik
Sumber: Pexels

Analitik merupakan salah satu faktor kunci untuk menyempurnakan strategi pemasaran Anda di Instagram. Dengan melakukan analitik secara berkala maka akan membantu Anda mengetahui seberapa besar keterlibatan pengguna dengan konten Anda serta performa konten mana yang baik dan kurang baik.

7. Instagram Insights

Instagram tools ini merupakan fitur analitik bawaan aplikasi untuk siapa saja yang memiliki akun bisnis Instagram. Melalui fitur ini, Anda bisa memantau beberapa metrik penting, seperti tingkat keterlibatan, pertumbuhan audiens, dan demografi pengikut.

Cara mengakses Instagram Insights juga tidak ribet. Pertama, loginlah ke akun Instagram bisnis Anda, lalu buka profil. Selanjutnya, tinggal cari menu Insight dan klik.

8. Buffer Analyze

Selain berguna merencanakan dan menjadwalkan konten media sosial, Buffer juga dilengkapi dengan tools analisis mendalam untuk membantu Anda memantau kinerja konten Anda. Tools ini mengatur setiap metrik utama yang ingin Anda ukur, termasuk jumlah like, komentar, share, tag, klik, jangkauan, dan lainnya.

Insight di aplikasi ini disajikan dalam grafik yang mudah dimengerti serta bisa Anda screenshot dan gunakan dalam pelaporan Anda. Aplikasi ini juga merupakan satu-satunya opsi gratis yang menawarkan insight tentang Instagram stories.

Instagram Tools Gratis untuk Marketing

Instagram Tools Gratis untuk Marketing
Sumber: Unsplash

Selain untuk keperluan membuat konten dan analitik, Anda juga perlu Instagram tools untuk membantu menyukseskan content marketing Anda di Instagram. Sejumlah tools ini akan membantu Anda untuk menjangkau lebih banyak audiens. 

9. Repost for Instagram

Instagram tools ini memungkinkan Anda merepost postingan Instagram orang lain di akun Anda hanya dengan beberapa klik sambil memberikan kredit kepada pemilik postingan. Sebelum Anda memposting ulang foto atau video apa pun milik akun Instagram orang lain, pastikan Anda mendapatkan izin dari pemilik postingan dan beri mereka kredit di keterangan Anda. 

Ini tidak hanya diwajibkan oleh persyaratan penggunaan Instagram, tetapi juga dilakukan berdasarkan etika. Untuk mendapatkan izin merepost, Anda dapat mengirim DM kepada pemilik postingan, mengomentari postingan, atau menghubunginya melalui email.

10. Yotpo

Tools ini menyediakan cara mudah untuk mendapatkan lebih banyak ulasan online, meningkatkan trafik, dan meningkatkan penjualan. Selain menyediakan berbagai tools pemasaran, seperti social marketing hingga email marketing, Yotpo juga menawarkan fitur untuk membantu Anda menjual, mengkurasi, dan menjalankan iklan di Instagram. 

Saat ini, Yotpo menyediakan free trial bagi Anda yang tertarik menggunakannya. Setelah free trial berakhir, ada sistem harga per jenjang dimana semakin banyak pesanan yang Anda terima setiap bulan, maka semakin tinggi pula harganya. 

Itu dia 10 instagram tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Tools manakah yang paling sering Anda gunakan?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *