Instagram adalah salah satu media sosial yang sering dijadikan sarana promosi suatu bisnis, lewat konten yang disajikan. Nah, untuk mengukur keberhasilan sebuah konten di Instagram, salah satu caranya adalah Anda dapat melihat indikator engagement pada konten yang di-posting tersebut. Untuk mendapatkan engagement yang tinggi, ada beberapa ide posting Instagram yang dapat Anda coba terapkan.
Di Instagram, konten yang disajikan suatu akun brand atau bisnis merupakan ‘jembatan’ antara bisnis tersebut dengan para customer atau calon customer mereka. Karena itulah, sebisa mungkin, para digital marketer harus mengerti konten seperti apa yang dapat menarik audience Instagram bisnis Anda untuk bertahan di akun tersebut, ikut berkomentar ataupun membagikan konten, hingga tertarik melakukan pembelian produk ataupun jasa yang Anda promosikan atau jual.
Nah, berikut ini adalah beberapa ide posting Instagram yang mampu meningkatkan engagement akun bisnis Anda:
-
Diversifikasi jenis konten
Konten yang dapat Anda bagikan di Instagram, tidak harus selalu berupa foto atau gambar dan teks saja. Namun, format konten lainnya seperti video, kuis interaktif ataupun diagram pun bisa jadi menarik perhatian audience, lho. Anda juga dapat membagikan konten berupa video, stories, infografis, posting-an carousel, voting dan lainnya.
Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba
Untuk itu, Anda harus dapat mengeksplor beragam jenis format konten lainnya sebagai sarana promosi bisnis atau brand Anda. Manfaatkan segala fitur yang Instagram berikan untuk dapat meningkatkan engagement akun dan juga brand awareness.
-
Konten edukasi
Akun bisnis atau brand juga dapat membuat konten yang berisikan edukasi ataupun mengungkapkan fakta-fakta. Tentunya, konten tersebut juga harus yang relevan dengan bisnis atau brand.
Misalnya ketika Anda mengelola sebuah akun brand kosmetik, maka Anda dapat membuat konten edukasi yang berisikan fakta tentang mitos mengenai kosmetik ataupun kandungan bahan tertentu. Hal ini tentu akan menarik lebih banyak audiens, karena akun yang Anda kelola mampu memberikan wawasan yang benar, yang mana banyak mitos yang keliru perihal tersebut.
-
Konten ‘before-after’
Dari sisi konsumen, tentu mereka akan lebih percaya untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa Anda, bila produk atau jasa tersebut terbukti ataupun dapat memberikan hasil yang dijanjikan atau diinginkan konsumen.
Salah satu cara yang dapat Anda gunakan adalah dengan menyajikan ide posting Instagram seperti konten ‘before-after’, yang mana konten ini memperlihatkan hasil kerja dari produk atau jasa yang Anda jual. Yang dapat menjadi bukti bagi para audiens kalau klaim atau janji yang diberikan bisnis Anda memang benar adanya.
Anda juga dapat menyajikan konten ‘before-after’ yang dibuat oleh konsumen Anda. Manfaatkan konten tersebut sebagai testimoni dari mereka yang telah menggunakan produk atau jasa Anda. Ataupun Anda juga dapat bekerjasama dengan para influencer, selebgram ataupun selebriti untuk membuat konten serupa, juga sebagai testimoni dari pengguna.
-
Konten Reels
Sekarang ini, Reels jadi salah satu fitur Instagram yang diyakini banyak disukai para pengguna, dan dapat menjadi salah satu sarana yang baik dalam mempromosikan bisnis. Reels juga mampu untuk membantu memperluas jangkauan konten serta meningkatkan engagement. Namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat konten Reels yang efektif:
- Membuat konten Reels tentang tutorial atau cara melakukan sesuatu, yang tentu harus relevan dengan bisnis Anda. Misalnya “cara menghilangkan komedo membandel”.
- Membuat Reels tentang list atau daftar, seperti “5 kandungan kosmetik yang baik untuk kulit berjerawat”.
- Membuat judul Reels yang dimulai dengan “(beberapa) tips…” Misalnya seperti “5 tips untuk si pemilik kulit berminyak”.
Baca Juga: Ukuran Feed Instagram Terbaru 2022, Untuk Foto, Video, Stories dan Reels
-
Konten carousel
Konten carousel dapat memudahkan Anda untuk menyajikan banyak foto atau video dalam sekali posting. Biasanya fitur ini dimanfaatkan untuk mengenalkan produk baru, berbagi video panjang ataupun tutorial.
Anda juga dapat menggunakan konten carousel ini sebagi postingan seri yang berkelanjutan. Yang mana konten seperti ini akan membuat audiens atau followers Anda akan menunggu konten selajutnya. Misalnya, Anda dapat posting konten seri ini tiap seminggu sekali, sehingga setiap minggunya followers akan menantikan konten tersebut.
Itulah beberapa ide posting Instagram yang dapat Anda terapkan pada akun Instagram bisnis atau brand yang Anda kelola. Dengan menerapkan ide ini, diharapkan dapat membuat akun Anda memiliki jangkauan dan engagement yang tinggi, sehingga Anda akan lebih mudah membangun brand awareness serta menjual produk atau jasa Anda.