Instagram, kini sudah bukan lagi hanya sekedar media sosial untuk berbagi foto atau video saja. Tapi, Instagram pun sekarang sudah menjadi salah satu platform bisnis online. Agar kegiatan bisnis di Instagram ini bisa berjalan maksimal, maka para pemilik atau pelaku bisnis haruslah mengetahui beberapa Instagram tools terbaik untuk memudahkan kegiatan pemasaran.
1. Hootsuite
Tool pertama yang harus Anda gunakan adalah Hootsuite. Ini berguna untuk membantu Anda dalam menjadwal postingan di Instagram, baik itu foto, video ataupun stories. Fitur unggulan yang dimiliki Hootsuite adalah Anda akan mendapatkan notifikasi bila Hootsuite akan memposting konten yang sudah Anda jadwalkan sebelumnya. Jika Anda ingin mengedit konten, maka bisa dilakukan sebelum Hootsuite memposting konten tersebut.
Selain itu, Anda bisa menggunakan tool ini di desktop ataupun melalui smartphone. Untuk menggunakan Hootsuite, Anda bisa mencoba free trial selama 30 hari. Setelah itu, Anda akan dikenakan biaya $29 per bulan untuk Professional Plan.
Baca Juga: Mulai Dari Nett Hingga Caption, Istilah Jual Beli Di Instagram
2. Schedugram
Nah, kalau ingin tool penjadwalan konten yang gratis, Anda dapat mencoba Schedugram ini. Terutama untuk bisnis yang baru Anda mulai, dan belum memiliki budget besar ataupun karyawan yang banyak, maka tool ini akan sangat membantu Anda untuk menjadwalkan konten di Instagram bisnis Anda.
3. Later
Selain Hootsuite dan Schedugram, ada juga Later yang bisa jadi alat untuk membantu menjadwalkan konten postingan. Tapi fitur yang dimiliki Later bukan hanya itu saja, Later pun juga bisa membantu melakukan riset hashtag serta me-regram. Anda juga dapat melihat tampilan konten sebelum diterbitkan, sehingga Anda pun memiliki gambaran jelas mengenai tampilan feed Instagram Anda nanti.
Later bisa Anda gunakan secara gratis, namun hanya dapat menjadwalkan konten sebanyak 30 postingan per bulannya. Dan hanya berlaku untuk 1 akun Instagram saja. Sedangkan untuk penjadwalan video serta stories, Anda harus membeli versi Pro dari tool ini seharga $9 per bulan. Dengan versi berbayar ini, Anda bisa menjadwalkan postingan hingga 100 konten per bulannya.
Anda bisa gunakan Later di desktop ataupun melalui smartphone.
4. Sked
Instagram tools terbaik selanjutnya adalah Sked yang juga bisa digunakan sebagai alat penjadwalan konten, serta punya fitur untuk editing foto. Sked juga memudahkan Anda untuk posting massal. Jadi tidak perlu berkali-kali mengatur jadwal posting konten.
Anda dapat menggunakan Sked di desktop ataupun seluler, dengan free trial selama 7 hari, dan setelahnya Anda bisa membayar seharga $25 per bulan.
5. Buffer
Masih berkaitan dengan tool penjadwalan konten, namun yang membuat Buffer berbeda adalah karena alat ini bisa digunakan untuk menjadwal postingan di Instagram, Facebook dan Twitter, serta memiliki fitur analitik yang membantu untuk menganalisis performa konten yang Anda buat. namun fitur tersebut bisa Anda dapatkan bila membeli versi Pro atau Premium mereka.
Walaupun begitu, Anda tetap bisa menggunakan alat ini secara gratis melalui desktop dan seluler dengan maksimal penggunaan 3 akun serta bisa memposting sebanyak 10 konten.
Baca Juga: 20 Ide Feeds Instagram Terbaik dan Tergokil yang Harus Anda Coba
6. Socialblade
Yang satu ini adalah alat untuk melihat data statistik dari konten ataupun akun Instagram, baik Instagram kompetitor bisnis Anda ataupun Instagram orang yang akan Anda ajak bekerjasama dalam mempromosikan bisnis Anda.
Anda dapat menggunakan tool ini secara gratis. Kemudian Anda bisa memasukkan username Instagram bisnis Anda, bisnis kompetitor ataupun Instagram orang lain untuk melihat data statistik dari akun tersebut, seperti jumlah followers, tingkat engagement, rata-rata likes, dan juga komentar. Anda pun dapat melihat tren di Instagram di waktu tersebut. Dengan menggunakan tool ini, akan membantu Anda untuk membuat marketing plan yang sesuai.
7. Iconosquare
Dengan Iconosquare, Anda dapat menjadwalkan postingan konten, memonitor apa saja yang netizen di Instagram sedang bicarakan, dan juga menganalisis performa Instagram bisnis yang Anda miliki seperti engagement rate, impression, reach serta performa stories.
Bukan hanya itu saja, tool ini juga punya fitur untuk bisa memonitor hashtag serta kompetitor bisnis Anda. Dengan begitu Anda dapat selalu up to date serta bisa menyesuaikan strategi marketing yang sesuai dengan tren yang ada.
8. Instagram Insight
Kalau yang satu ini tentu saja sudah bawaan dari Instagram, yang otomatis bisa Anda gunakan ketika Anda memiliki akun Instagram bisnis. Walaupun gratis, fitur yang dimiliki pun tidak kalah lengkap.
Dengan Instagram Insights ini, Anda dapat mengetahui tentang data demografi audiens, postingan terpopuler, impression, reach, serta dapat membandingkan performa postingan konten biasa dengan konten Ads.
9. AutoHash
Untuk membuat konten menjangkau lebih banyak pengguna Instagram, Anda disarankan untuk menggunakan hashtag di setiap postingan Anda. Ini tentunya juga akan membantu menambah followers ataupun penjualan produk.
Nah, AutoHash ini bisa Anda manfaatkan untuk jalan termudah dalam menemukan hashtag yang sesuai dengan gambar yang Anda posting. AutoHash ini menggunakan AI untuk membantu mengenali objek dalam sebuah gambar, dan kemudian memberi rekomendasi hashtag apa saja yang sesuai berdasarkan objek tersebut.
AutoHash ini akan secara otomatis merekomendasikan hashtag sebanyak 30 buah dan tidak lebih, agar tidak melebihi batas ketentuan Instagram. Setelah memilih mana hashtag yang ingin Anda gunakan, Anda bisa menyalin dan meletakkan pada postingan konten Anda.
Anda dapat menggunakan tool ini di Android, dan bisa dipakai secara gratis.
10. Shorby
Untuk memudahkan calon pembeli yang melihat akun Instagram bisnis Anda untuk melakukan pembelian ataupun menghubungi bisnis Anda. Umumnya Anda membutuhkan link atau tautan di BIO Instagram Anda, yang berisi link ke kontak costumer service bisnis Anda, link e-commerce ataupun link website resmi bisnis Anda, yang bisa audiens klik bila membutuhkan.
Nah, Anda dapat menggunakan tool bernama Shorby ini untuk memasukkan beberapa link pada BIO Instagram Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan data seberapa banyak link tersebut di-klik, ataupun link mana yang paling banyak di-klik oleh audiens.
11. Canva
Instagram tools terbaik berikutnya adalah alat yang memudahkan Anda untuk editing, terutama editing stories Instagram. Canva ini menyediakan lebih dari 8 ribu template untuk beragam jenis konten visual, secara gratis. Dengan menggunakan tool ini, Anda bisa mengkostumisasi teks, menambahkan ikon atau ilustrasi, dan juga memilih background yang sesuai.
Baca Juga: Gampang Banget! 10 Langkah Saja Untuk Buat Reels IG
Anda bisa menggunakan Canva secara gratis ataupun premium untuk mendapatkan template-template premium yang tersedia.
12. HypeType
Aplikasi di iOS satu ini juga bisa Anda jadikan Instagram tools untuk membantu Anda membuat konten promosi yang menarik di Instagram. HypeType ini punya beragam koleksi font serta animasi. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk membuat caption dalam sebuah video, dan langsung mempostingnya di Instagram.
Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis, namun aka nada watermark dalam video Anda. Bila ingin menghilangkannya, maka Anda harus membeli aplikasi, dengan bonus banyak koleksi font tambahan yang menarik.
Instagram tools di atas bisa Anda maksimalkan penggunaannya untuk membantu promosi bisnis Anda di media sosial. Bahkan beberapa di antara Instagram tools terbaik yang disebutkan bisa digunakan secara gratis dengan fitur yang lengkap.
Jadi, mulai sekarang, para pemilik bisnis online harus mengetahui dan juga memahami tools di atas, sehingga kegiatan bisnis Anda pun bisa berjalan dengan lancar. Mau Sosial media Anda tampil lebih profesional? Coba diskusikan dengan tim Buzzup.id.