Beberapa tahun terakhir ini, bisa dibilang TikTok menjadi salah satu media sosial yang populer digunakan banyak orang. TikTok sendiri merupakan sebuah platform berbagi video pendek. Karena kepopulerannya inilah, semakin banyak pebisnis yang akhirnya menggunakan TikTok sebagai tempat mempromosikan produk ataupun jasa yang mereka jual. Nah, ingin tau strategi marketing TikTok yang sukses untuk bisnis Anda?
Kunci sukses dari keberhasilan marketing di TikTok adalah membuat strategi konten dengan baik. Secara algoritme pun, TikTok masih mengedepankan bagaimana Anda mempostingan video secara konsisten. Untuk itulah, Anda sebagai pebisnis ataupun digital marketer harus mengetahui beberapa rahasia strategi marketing TikTok berikut ini:
-
Tentukan niche dan target audiens
Niche sendiri diartikan sebagai fokus pembahasan atau topik. Sedangkan target audiens adalah pengguna TikTok yang ingin dijadikan sasar pasar bisnis Anda. Kedua hal ini sangat penting dalam membangun strategi pemasaran yang sukses di TikTok.
Dengan topik dan sasaran audiens yang sudah ditentukan, maka audiens akan lebih mudah tertarik pada konten promosi Anda di TikTok, yang mana ini akan meningkatkan jangkauan serta engagement, bahkan meningkatkan jumlah penjualan.
-
Buat konten yang menarik
Kebanyakan orang menggunakan TikTok untuk mencari hiburan dari melihat beragam jenis video yang tersedia di TikTok. Karena itulah, bila Anda ingin konten promosi Anda dapat menarik perhatian audiens, maka buatlah konten yang kreatif dan menghibur. Hindari konten promosi yang terlalu serius dan membosankan.
Anda dapat membuat konten original, seperti hastag challenge yang relevan dengan brand atau bisnis Anda, ataupun dance cover dan lain sebagainya. Konten lain seperti me-repost konten buatan pengguna terkait brand Anda pun juga bisa menjadi ide konten TikTok yang menarik.
Baca Juga: Daftar 10 Top Influencer TikTok Di Indonesia
-
Memahami TikTok Analytics
TikTok Analytics berguna untuk melihat bagaimana algoritme TikTok berjalan. Menurut laman analisa.io, algoritma TikTok terdiri dari kombinasi faktor yang tidak sederhana, namun punya tujuan yang sederhana yaitu menunjukkan kepada pengguna TikTok konten mana yang paling mereka minati berdasar engagement TikTok sebelumnya.
Lebih lanjut dijelaskan beberapa faktor yang dapat memengaruhi algoritma TikTok, yaitu:
- Konten yang disukai, dibagikan, dikomentari, ditonton ulang dan diselesaikan audiens.
- Hashtag dan teks yang dimasukkan pada konten untuk diikuti audiens TikTok.
- Topik yang mungkin dicari audiens TikTok Anda.
- Audio yang sedang tren
- Pengaturan akun, misalnya preferensi bahasa, lokasi posting serta jenis perangkat.
- Konten yang Anda tandai sebagai ‘tidak tertarik/not interested’.
Penting sekali bagi para digital marketer ataupun pebisnis untuk menggunakan TikTok Analytics, untuk memberi tau Anda mengenai data-data yang dibutuhkan untuk memahami cara kerja algoritma TikTok. Dengan begini, Anda dapat memahami bagaimana konten Anda bisa masuk halaman ‘FYP’ di TikTok.
Anda juga dapat melakukan evaluasi terkait engagement konten Anda dengan TikTok Analytics. Juga untuk melihat data-data tentang apa saja yang diminati target audiens Anda, agar dapat Anda terapkan pada konten promosi bisnis Anda.
-
Bekerjasama dengan influencer TikTok
Memanfaatkan jasa influencer pun juga jadi cara ampuh untuk meningkatkan engagement serta membangun brand awareness bahkan meningkatkan penjualan bisnis Anda.
Penting bagi pemilik bisnis ataupun digital marketer untuk memilih influencer yang diajak bekerjasama, yang mampu untuk membangun pesan dan citra brand yang sesuai dengan bisnis atau brand Anda, dengan cara yang kreatif dan disukai banyak audiens.
Anda pun dapat bekerjasama dengan para influencer TikTok, yang dianggap memiliki target pasar dari bisnis atau brand Anda, dengan begitu, konten yang dibuat oleh Influencer pun dapat tepat sasaran dan lebih efektif.
Baca Juga: 7 Musik Populer di Tiktok yang Bisa Buat Videomu FYP
Fitur-fitur yang ada pada TikTok dapat Anda manfaatkan untuk menunjang strategi marketing TikTok yang sukses untuk bisnis atau brand Anda. Ini tentu juga akan memudahkan Anda untuk membuat konten menarik secara rutin dan mempostingnya dengan konsisten. Yang mana ini akan berkaitan dengan peningkatan brand awareness bisnis Anda, bahkan peningkatan jumlah penjualan.
TikTok sendiri dapat menjadi media yang tepat untuk Anda menggaet target pasar yang berasal dari generasi milenial ataupun gen Z. Serta TikTok pun mampu menjadi sarana untuk promosi secara soft selling, yang mana akan lebih mudah viral di TikTok.