Marketing

Kenali 7 Fungsi Marketing dalam Perusahaan

Source: Signupgenius.com
Fungsi Marketing dalam perusahaan

Bagi Anda yang ingin memasuki bidang pemasaran, penting untuk memahami apa saja fungsi marketing dalam perusahaan. Setiap fungsi mewakili komponen kunci dari proses pemasaran yang membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis. Dengan memahami fungsi marketing, Anda juga akan lebih memahami industri perusahaan Anda.

Mulai dari metode mengembangkan kampanye pemasaran yang efektif hingga strategi mempromosikan merek Anda. Lalu, apa saja fungsi utama dari marketing dalam suatu perusahaan? Artikel ini akan mencantumkan tujuh fungsi pemasaran beserta alasan pentingnya marketing dalam perusahaan.

Baca Juga: Memahami Definisi Public Relation Marketing, Tujuan hingga Tolak Ukurnya

Apa Saja Fungsi Marketing dalam Perusahaan ?

Pada dasarnya, setiap fungsi marketing dalam perusahaan terdiri dari serangkaian proses merancang, mengatur, dan melaksanakan kampanye yang sukses. Ada tujuh fungsi pemasaran yang diterima secara luas yang berkontribusi pada keseluruhan dalam perusahaan. Ketujuh fungsi tersebut antara lain:

1.   Promosi

Fungsi utama marketing dalam perusahaan adalah untuk promosi yang bertujuan untuk membangun brand awareness dan meningkatkan profil perusahaan Anda. Promosi dinilai mampu menumbuhkan brand awareness sambil mengedukasi atau memprospek target audiens tentang produk atau layanan merek.

Selain itu, fungsi ini juga berfungsi untuk memperkenalkan brand Anda kepada calon konsumen potensial. Fungsi pemasaran ini bervariasi bentuknya, dan para profesional pemasaran menyesuaikan setiap bentuk untuk diaplikasikan pada produk, merek, atau target audiens tertentu. Beberapa metode promosi yang biasa digunakan antara lain:

  • E-mail marketing
  • Whatsapp marketing
  • Telegram marketing
  • Iklan media sosial
  • Website
  • Hubungan masyarakat
  • Iklan digital atau cetak
  • Content marketing
  • Kemitraan
  • Influencer marketing
  • Event

Masing-masing metode ini digunakan untuk membangun interaksi dengan konsumen tentang suatu produk atau layanan. Namun, promosi itu sendiri seringkali membutuhkan dukungan dari fungsi pemasaran lainnya agar hasilnya lebih maksimal.

Fungsi Marketing dalam Perusahaan yang cukup penting

2.   Penjualan

Penjualan adalah fungsi pemasaran yang terdiri dari komunikasi dengan pelanggan potensial dan mengejar prospek penjualan. Penting bagi Anda untuk mengejar prospek penjualan karena itu dapat membantu Anda membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Saat komunikasi dengan pelanggan potensial berlangsung, Anda dapat memperkenalkan produk mereka dengan senantiasa menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan terkait spesifikasi produk atau masalah yang dihadapi. Teknik penjualan yang efektif dapat membantu Anda membedakan merek Anda dari pesaing.

Pihak pemasar dan divisi penjualan dapat berkolaborasi untuk menentukan cara terbaik dalam memposisikan produk mereka di pasar dan menjualnya kepada pelanggan potensial. Strategi penjualan tidak harus melulu tentang berjualan, karena hal tersebut justru bisa membuat konsumen merasa jengah dan bosan.

Anda dapat menyiasatinya dengan memberikan informasi penting atau games ringan yang relevan dengn produk atau layanan yang Anda tawarkan. Hal itu supaya konsumen tidak merasa bahwa satu-satunya tujuan Anda adalah membuat orang membeli produk atau jasa dari Anda.

Idealnya, memang tujuan utama dari pekerjaan setiap pemasar menjual produk mereka kepada konsumen, namun ada kalanya juga Anda perlu melakukan metode penjualan lain dengan lebih banyak nuansa.

Setiap strategi pemasaran, mulai dari brand awareness hingga tema kampanye Anda, harus mendukung tujuan akhir untuk meningkatkan penjualan. Setelah Anda menarik perhatian calon konsumen, Anda harus berupaya untuk memelihara prospek itu dan membimbing mereka melalui saluran penjualan.

Dengan begitu, calon konsumen cenderung akan melakukan proses pembelian. Cobalah untuk membuat konten-konten edukasi seperti tips, ilmu pengetahuan, atau permainan untuk merek Anda dan secara bertahap memasukkan lebih banyak poin pembicaraan yang berpusat pada produk dalam komunikasi pemasaran Anda.

3.   Manajemen Produk

Fungsi marketing dalam perusahaan selanjutnya adalah manajemen produk. Ini mencakup pengembangan, desain, dan peningkatan produk atau layanan. Peran pemasar dalam manajemen produk adalah untuk memastikan bahwa produk jadi dapat mncukupi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Tak terkecuali memeriksa keseluruhan visual produk, kegunaannya, dan cara penyampaiannya. Beberapa strategi manajemen produk meliputi:

  • Menganalisis kompetitor, yakni meneliti dan menganalisis pesaing Anda dengan mengumpulkan data dan informasi untuk mengembangkan produk yang menyaingi atau melampaui produk mereka.
  • Berkomunikasi dengan konsumen, yaitu strategi manajemen produk yang bertujuan untuk memberikan wawasan yang bermanfaat tentang produk atau layanan Anda.
  • Menerapkan umpan balik, yakni strategi mengumpulkan masukan, saran, atau ulasan dari beberapa area, baik di dalam maupun di luar perusahaan, untuk meningkatkan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Melakukan riset pasar, yakni meneliti produk serupa di pasaran dan menentukan apa yang diinginkan konsumen serta bagaimana cara memperoleh kepuasan mereka.
  • Berkoordinasi dengan departemen lain guna mempersiapkan perusahaan Anda untuk merilis produk, menghasilkan ide untuk distribusi, dan mengirimkan produk dengan baik dan lancar.

4.   Penentu Harga

Riset pemasaran juga dapat menginformasikan bagaimana suatu brand dapat menetapkan harga suatu produk. Penetapan harga yang efektif adalah seni sekaligus sains dalam menilai barang atau jasa Anda. Harga yang ditetapkan harus sesuai dengan biaya produksi dan pengiriman serta memperhitungkan harga produk pesaing saat ini.

Nilai dan kualitas yang dirasakan dari merek Anda secara langsung memengaruhi strategi penetapan harga Anda. Contohnya, harga tas merk Hermes tentu harganya lebih mahal daripada tas-tas biasa karena nilai dan kualitasnya yang jauh lebih baik.

Dalam menetapkan harga untuk suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor biaya dan nilai. Idealnya, pemasar menemukan harga antara persepsi pelanggan tentang nilai produk dan biaya produksinya. Faktor lainnya ialah harga yang ditetapkan pesaing Anda dan jumlah yang mungkin dibayar pelanggan untuk produk Anda.

Sebaiknya, Anda mempertimbangkan elemen-elemen ini terlebih dahulu sebelum memutuskan bagaimana menentukan harga produk atau layanan tertentu. Mungkin sulit untuk menentukan harga produk Anda, tetapi menggunakan riset pasar yang mendalam dapat membantu Anda membuat keputusan yang tepat.

Berapa pun harga yang Anda pilih untuk produk Anda, promosi dan branding Anda harus sesuai dengan harganya.

5.   Manajemen Informasi Pemasaran

Anda dapat mengoptimalkan strategi pemasaran Anda ketika Anda fokus pada data dan informasi. Sangat penting untuk mengumpulkan dan menyimpan data, seperti preferensi pelanggan dan demografi.

Seringkali, data ini secara langsung berhubungan dengan audiens target Anda untuk produk dan layanan Anda. Ini juga dapat menginformasikan keputusan bisnis yang efektif untuk seluruh perusahaan, jadi pertimbangkan untuk membagikan data dan temuan Anda dengan departemen lain juga.

Anda dapat mengumpulkan informasi yang relevan dengan beberapa cara, seperti:

  • Survei
  • Wawancara
  • Ulasan balik
  • Keterlibatan media sosial
  • Laporan riset pasar

Setiap cara menghasilkan data yang berbeda dan pastinya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Misalnya, yang ingin diukur adalah efektivitas kampanye maka media sosial dapat sangat efektif untuk Anda.

Baca Juga: Mengenal Marketing Mix 7p dan Konsep Pemasaran Mix 7p Dalam Dunia Bisnis

6.   Pembiayaan

Pembiayaan adalah fungsi pemasaran yang melibatkan pengamanan persediaan dana atau pendanaan, baik secara internal maupun eksternal. Penting bagi divisi pemasaran untuk mengamankan dan mengontrol anggaran tahunan mereka untuk meningkatkan kampanye pemasaran menjadi lebih baik.

Sebagai divisi pemasaran saat pendapatan terus meningkat karena kampanye pemasaran yang berkualitas tinggi akan meningkatkan nilai tambah bagi perusahaannya. Dengan begitu tujuan perusahaan bisa segera terlaksana.

7.   Distribusi

Fungsi selanjutnya adalah distribusi, dimana distribusi dijabarkan sebagai proses perpindahan, pengiriman attau pengangkutan sebuah produk atau layanan dari perusahaan ke pelanggan. nilai tambah bagi perusahaannya jika

Pemasar sering memilih saluran distribusi yang paling sesuai dengan produk, merek, atau audiens target tertentu. Karena sangat penting untuk memilih lokasi untuk menjual produk Anda yang sering dikunjungi audiens atau niche pasar Anda. Ada beberapa saluran distribusi fisik dan digital, antara lain:

  • Toko online
  • Media Cetak seperti Katalog atau majalah
  • Panggilan penjualan
  • Toko ritel
  • Pedagang grosir

Distribusi adalah fungsi pemasaran yang membutuhkan kolaborasi lintas departemen untuk memastikan bahwa setiap produk mencapai konsumen Anda dengan aman sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *