Digital Marketing

Mengenal Apa itu Click Bait, Kelebihan dan Kekurangan Serta Cara Menggunakannya Dengan Baik

Apa itu Click Bait

Mungkin istilah click bait bukan lagi suatu hal yang asing. Apalagi di dunia serba digital seperti saat ini. Tapi apa itu click bait? Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan strategi untuk meningkatkan jumlah audiens untuk konten yang Anda miliki. Namun, tidak sedikit orang yang menganggap click bait ini adalah suatu hal yang negatif. Namun, bagaimanakah kebenarannya?

Apa Itu Click Bait?

Sebenarnya apa itu click bait? Click bait atau umpan klik adalah judul konten yang dibuat semenarik mungkin untuk memancing orang meng-klik konten tersebut. Semakin banyak orang yang meng-klik, maka menandakan judul click bait tersebut berhasil.

Click bait ini bisa kita temui di beragam konten, seperti berita, video YouTube, postingan blog dan lainnya. Ciri utama dari click bait ini adalah judulnya biasanya dibuat agar mengundang rasa penasaran orang yang melihatnya, judulnya pun cenderung melibatkan emosi audiens dan juga seringkali memuat gambar lucu serta mudah diingat.

Awalnya, penggunaan click bait ini ditujukan untuk meningkatkan jumlah klik dengan memberikan informasi yang relevan dan juga informatif. Namun semakin berjalannya waktu, click bait malah jadi fokus pada jumlah klik saja. Ini menyebabkan banyak munculnya judul-judul yang ‘berlebihan’ namun tidak sesuai dengan isi kontennya.

Nah, karena banyaknya kemunculan konten dengan judul yang dilebih-lebihkan, yang tidak sesuai isi konten inilah yang membuat audiens menjadi kesal dan menganggap bahwa click bait ini adalah hal yang negatif. Padahal, bila digunakan dengan benar, malah click bait ini dapat menjadi suatu hal yang positif dan menguntungkan, lho.

Baca Juga: Apa itu Click Through Rate Dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Kelebihan Click Bait

Apa itu Click Bait

Kenapa click bait sering dijadikan sebuah strategi untuk ‘memancing’ orang? Ya tentu saja karena beberapa kelebihan di bawah ini:

Menambah click trough rate (CTR)

Kelebihan yang pertama tentunya untuk meningkatkan jumlah orang yang akan tertarik untuk melakukan klik. Ini dikarenakan munculnya rasa penasaran dari audiens, dan mereka berharap bisa menemukan jawaban dari konten yang mereka klik tersebut. Karena ternyata, ada sekitar 8 dari 10 orang yang melakukan klik di judul clickbait, lho.

Saat semakin tinggi jumlah orang yang meng-klik di konten tersebut, maka rasio CTR pun akan jadi meningkat. CTR yang tinggi menunjukkan kalau konten tersebut relevan dengan kebutuhan dari audiens. Hingga akhirnya Google pun akan menempatkan konten tersebut di posisi yang baik dalam hasil pencarian atau related search.

Menambah pageviews

Pageviews adalah total halaman yang dilihat audiens. Nah, ketika Anda menggunakan strategi click bait ini, maka ini bisa membuat pageviews akan cenderung meningkat. Karena audiens tertarik untuk membaca atau menonton konten tersebut.

Ketika jumlah pageviews ini bertambah, maka konten akan dianggap bermanfaat untuk audiens, kemudian mesin pencari pun akan merekomendasikan konten tersebut di hasil pencarian.

Click bait ini juga banyak digunakan media-media online, untuk memudahkan mereka mendapatkan pemasang iklan. Sehingga penghasilan mereka pun bertambah dari penerapan strategi ini.

Memicu orang untuk membagikan konten

Bisa dibilang clickbait ini efektif untuk memicu orang untuk membagikan konten Anda ke orang lain. Karena, judul yang menimbulkan emosi seperti memunculkan rasa penasaran ataupun kaget, akan membuat orang cenderung terpicu untuk membagikannya ke orang lain.

Nah, social share ini yang akan membuat brand awareness Anda meningkat. Namun untuk menjaga reputasi Anda, ada baiknya buat judul clickbait yang memang relevan dan sesuai dengan isi konten di dalamnya.

Kekurangan Click Bait

Apa itu click bait dan kekurangannya

Selain memiliki kelebihan, strategi clickbait ini juga memiliki kekurangan, yaitu:

Meningkatkan bounce rate

Bounce rate ini adalah persentase pengunjung yang meninggalkan konten atau blog atau website Anda sesaat setelah membukanya. Nah, umumnya penggunaan clickbait ini dapat memicu peningkatan bounce rate, terutama bila judul click bait yang Anda buat tidak relevan dan tidak sesuai isi. Sehingga pengunjung atau audiens pun merasa dibohongin, dan akhirnya meninggalkan konten atau blog atau website Anda sesaat setelah mereka membukanya.

Padahal bounce rate yang tinggi menandakan ketidakberhasilan dari strategi yang dijalankan. Bounce rate yang tinggi ini pun mengindikasikan konten tidak relevan dengan pengguna, sehingga Google tidak akan merekomendasikan ke pengguna lain, sehingga peringkat pencarian pun jadi buruk.

Mendatangkan traffic yang tidak sesuai target

Bila Anda menggunakan strategi clickbait ini untuk mendatangkan banyak orang yang akan membeli produk ataupun jasa yang Anda jual, maka mungkin bisa saja ini tidak akan terjadi. Karena, sekalipun clickbait ini bisa mendatangkan trafik yang tinggi, namun bisa saja pengunjung atau audiensnya bukan target market dari bisnis Anda, sehingga mereka pun tidak akan melakukan pembelian produk ataupun jasa yang Anda tawarkan.

Merusak image

Bila Anda menggunakan judul clickbait untuk konten marketing yang tidak sesuai dengan isi di dalamnya, maka Anda bisa saja malah merusak brand image Anda sendiri. Bila konten seperti ini dilakukan berulang, bukan tidak mungkin kepercayaan audiens atau calon konsumen pun akan jadi menurun, karena reputasi brand Anda sudah dianggap tidak baik di mata audiens.

Baca Juga: 7 Jenis Digital Marketing untuk Strategi Digital

Merugikan audiens

Dari segi audiens atau pembaca ataupun penonton, judul click bait yang tidak dapat dipertanggungjawabkan tentunya akan merugikan. Mereka bukannya mendapat informasi bermanfaat yang mereka butuhkan, malah merasa tertipu dengan isi konten yang tidak sesuai dengan judul. Mereka pun tentunya merasa telah membuang-buang waktunya untuk sesuatu yang tidak penting.

Memahami apa itu click bait

Cara Menggunakan Click Bait yang Tepat

Setelah memahami apa itu click bait, beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda juga harus tau dan paham bagaimana penerapan strategi clickbait ini dengan baik dan bertanggungjawab. Berikut ini penjelasannya:

1. Buat judul yang sesuai isi konten

Kunci keberhasilan dari sebuah click bait adalah buat judul yang sama menariknya dengan isi konten yang dibuat. Ini dilakukan agar tidak merugikan audiens serta Anda pun tidak dianggap menyebarkan berita bohong. Maka dari itu, buat konten berkualitas dan sesuai dengan judul.

2. Melibatkan emosi audiens

Tips membuat click bait adalah ‘memanfaatkan’ emosi audiens. Namun pastikan ini tidak dilakukan secara berlebihan. Jadi, judul yang Anda buat harus dapat menjawab kebutuhan informasi audiens tanpa harus menyesatkan atau melebih-lebihkan yang sebenarnya tidak begitu.

3. Meletakkan kata kunci dalam judul

Sebelum membuat konten, Anda dapat melakukan riset di Google tentang kata kunci yang banyak dicari orang. Anda juga bisa memakai Google Trends untuk menentukan judul konten.

Menempatkan kata kunci dalam judul, di mana kata kunci tersebut adalah hal yang paling banyak dicari orang, tentu akan membuat konten Anda semakin banyak di-klik orang.

4. Tambahkan angka atau nomor dalam judul

Judul dengan penambahan angka atau nomor bisa dibilang masih jadi favorit para pembuat konten. Dan ternyata cara ini dinilai cukup efektif untuk menarik pembaca, lho. Ini karena audiens cenderung lebih menyukai segala hal yang dapat dipastikan. Selain itu, angka ini pun akan menunjukkan hal yang spesifik dari isi artikel.

5. Mencantumkan hal yang paling menarik

Sebelum membuat judul, baca atau tonton kembali konten tersebut, dan temukan bagian mana yang paling menarik. Anda dapat mencantumkan hal yang paling menarik dari konten Anda dalam judul. Ini akan membuat audiens tau kenapa mereka harus meng-klik konten Anda.

Itulah beberapa hal tentang click bait, mulai dari apa itu click bait, kelebihan dan kekurangannya, serta cara menggunakan click bait dengan tepat dan bertanggung jawab. Dengan mengetahui apa itu click bait serta hal penting lainnya, Anda pun jadi lebih mengerti bahwa seharusnya penggunaan click bait dilakukan dengan baik dan bertanggungjawab agar tidak merugikan Anda ataupun audiens.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *