Bisnis

7 Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu dari Rumah

Source: Lucky13internship.com
Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu

Tidak diragukan lagi bahwasannya sepatu merupakan salah satu kebutuhan pribadi dasar yang paling dicari di seluruh dunia. Peluang ini menunjukkan betapa besar prospek bisnis ini ketika Anda memulai dan mengembangkan bisnis sepatu Anda sendiri.

Pasalnya, hampir semua orang dari berbagai penjuru dunia bisa menjadi pelanggan potensial Anda. Terlepas dari fungsinya untuk melindungi bagian kaki, sepatu juga mampu menunjang penampilan dan mode bagi si pemakai.

Selain itu, sepatu dipakai untuk tujuan berbeda, tergantung dari jenis dan modifikasi yang disesuaikan dengan tujuan pembuatan dan pemakaiannya. Nah, bagi Anda yang bingung mencari ide bisnis yang memiliki prospek menguntungkan, tidak ada salahnya untuk memulai dan mengembangkan bisnis sepatu.

Ditambah lagi, bisnis sepatu bisa Anda mulai dari rumah dengan cara yang mudah. Tapi, bagaimana caranya? Yuk, simak tips-tips berikut ini yang sayang untuk Anda lewatkan!

Cara Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai dan mengembangkan bisnis sepatu dengan brand Anda sendiri dari rumah, ada beberapa tips yang patut untuk Anda praktekkan. Berikut ini tips-tipsnya:

1. Pahami Industri

Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu dengan Memahami industri

Bisnis sepatu memliki pangsa pasar yang sangat luas, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Baik itu laki-laki maupun perempuan. Aneka jenis sepatu juga terjual laris di pasaran seperti sepatu karet, sepatu kets, safety boots, sandal rumah, sepatu olahraga, heels, dan masih banyak lagi.

Masing-masing jenis sepatu dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan dan situasinya, baik itu kasual, formal, ataupun kerja. Jika Anda berpikir bahwa untuk memulai dan mengembangkan bisnis sepatu perlu modal yang besar dan metode yang ribet. Kini dengan kecanggihan teknologi, Anda bisa membuka toko online untuk berbisnis sepatu.

Toko online dinilai lebih efektif, terutama bagi pemula, untuk memulai sebuah bisnis. Itu karena toko online lebih hemat biaya serta lebih menguntungkan. Anda dipermudah untuk menjalankan bisnis, terutama karena kemudahan mendirikan, mengoperasikan dan mengelola toko sepatu secara online daripada offline.

Meskipun mungkin ada banyak toko sepatu online yang berpotensi menjadi kompetitor bisnis Anda, hal tersebut tidak banyak berpengaruh terhadap laku atau tidaknya produk Anda karena pangsa pasarnya yang sangat luas.

Asalkan, selama ada sarana pengiriman barang yang efektif, kualitas produk yang baik dan pelayanan yang bagus, maka bisnis sepatu online Anda memiliki peluang besar untuk berkembang. Maka dari itulah, bisnis sepatu online cukup diminati calon pengusaha untuk dijadikan ladang cuan.

Baca Juga: Pentingnya Landing Page Untuk Bisnis

2. Demografi dan Psikografis Konsumen

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam hal menjual sepatu, memang ada berbagai macam pelanggan yang harus siap Anda layani. Intinya, target pasar Anda tidak bisa dibatasi hanya untuk sekelompok orang, tetapi semua yang aktif di dunia maya dan yang memiliki daya beli.

Statistik menunjukkan bahwa orang-orang yang berada dalam rentang usia 18 – 45 tahun lebih suka membeli pakaian dan aksesori fesyen lainnya secara online. Selain itu, penelitian terbaru yang dilakukan menunjukkan bahwa konsumen berusia antara 25 hingga 34 tahun cenderung lebih senang menggunakan ponsel untuk bertransaksi.

Mulai dari membandingkan harga, membaca ulasan, membeli produk, dan berinteraksi dengan penjual di media sosial daripada di toko fisik. Jadi, jika Anda ingin memulai toko sepatu online Anda sendiri, strategi pemasaran Anda harus diarahkan untuk menjangkau mereka yang berusia antara 18 dan 45 tahun. Mereka adalah pasar utama Anda.

3. Putuskan ceruk pasar yang akan dikonsentrasikan

Tips memulai dan mengembangkan bisnis sepatu dari rumah selanjutnya adalah putuskan jenis sepatu apa yang ingin Anda jual. Penting untuk diingat bahwa tidak ada area khusus untuk memulai bisnis sepatu online. Setiap pengusaha di lini bisnis ini bisa saja menjual berbagai macam sepatu.

Namun, di sisi lain, penting juga untuk dicatat bahwa ada baiknya jika Anda membuka bisnis sepatu online mungkin dengan mengkonsentrasikan jenis sepatu, terutama berdasarkan subjek pemakainya. Apakah itu sepatu wanita, pria, atau anak-anak, ataukah sepatu olahraga, sepatu santai, dan lainnya dari merek yang berbeda.

4. Cari Pemasok yang Tepat Sebelum Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu

Mencari supplier dan produsen untuk produk bisnis sepatu adalah proses yang unik tetapi itu adalah salah satu hal penting untuk memulai bisnis. Mencoba menemukan pemasok yang cocok adalah keputusan penting untuk bisnis Anda. Namun, mencari pemasok yang tepat bukanlah seuatu hal yang mudah untuk ditemukan.

Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bisa memilih supplier sepatu yang tepat via online. Yang pertama, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Misalnya, cari tahu apakah supplier yang Anda pilih mengakomodasi pesanan Anda, berapa minimal order, harga produk, hingga bagaimana kebijakan mereka jika ditemukan produk yang cacat.

5. Tentukan Harga Produk Anda

Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu dengan menentukan Harga Produk yang tepat

Langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual produk sepatu Anda. Sebagian besar supplier umumnya mematok harga eceran untuk produk mereka. Anda bisa memutuskan untuk menggunakan harga jual tersebut, atau hanya menggunakannya sebagai pedoman dan menambah harga jual untuk mengambil lebih banyak keuntungan.

Untuk bisa mendapatkan harga yang tepat, Anda harus memastikan bahwa selisih antara harga pokok dan harga jual cukup untuk menutupi semua biaya operasional Anda. Pertimbangkan juga berapa harga yang dikenakan pesaing Anda untuk produk sepatu yang serupa.saat menetapkan harga.

6. Tentukan Target Market Anda Sebelum Memulai dan Mengembangkan Bisnis Sepatu

Dengan menentukan riset market akan membantu Anda untuk mengidentifikasi celah di pasar dan jenis pelanggan yang dapat Anda targetkan. Dengan memahami target pasar, Anda dapat mempromosikan produk sepatu Anda secara lebih efektif kepada kelompok pelanggan yang tepat.

Cari tahu apakah pasar Anda cukup besar dan dapat diakses. Kemudian segmentasikan pasar ke dalam kelompok pembeli dengan preferensi dan kebiasaan membeli yang sama.

Misalnya, bisnis sepatu atletik dipecah menjadi beberapa kelompok yang tersegmentasi, pertama berdasarkan jenis kelamin, kemudian berdasarkan aktivitas atau jenis olahraga.

7. Beri Penawaran Khusus dan Diskon

Tujuan utama dari setiap bisnis adalah memperoleh laba, tak terkecuali bisnis sepatu. Potongan harga barang secara teratur dapat menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan bisnis sepatu Anda serta meningkatkan penjualan.

Dengan memberi diskon, Anda juga dapat memastikan stok Anda terus berjalan. Namun, penting untuk diingat bahwa jika periode diskon terlalu sering, pelanggan Anda kemungkinan besar hanya menunggu adanya penawaran harga khusus atau diskon daripada membeli sepatu dengan harga penuh.

Baca Juga: Pengertian Branding Bisnis, Unsur dan Manfaat Penerapannya

8. Kenali Pesaing Utama Anda

Di setiap industri, selalu ada bisnis sepatu online yang berkinerja lebih baik atau dianggap lebih baik oleh pelanggan dan masyarakat umum daripada yang lain. Untuk bisa membuat bisnis sepatu Anda lebih unggul dari kompetitor, Anda dituntut untuk tidak hanya dengan melihat produk sepatu Anda, melainkan juga mengevaluasi nilainya.

Misalnya, pada bisnis sepatu kets, Anda perlu tahu bahwa sepatu kets tidak hanya berfungsi untuk menutupi dan melindungi kaki, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan fashion. Untuk itu Anda juga harus mengevaluasi beberapa hal mulai dari daya tahan, kualitas bahan, komposisi warna, penggunaan, dan gaya.

Mau bisnis Anda lebih aktif secara digital? Anda bisa berkolaborasi dengan Buzzup.id. Temukan berbagai layanan digital dari Buzzup.id yang sesuai dengan bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *