Bisnis

Pengertian, Fungsi, Komponen dan Manfaat Customer Relationship Management (CRM) Bagi Bisnis

Manfaat CRM bagi bisnis

Di era teknologi seperti saat ini, ada banyak sekali strategi pemasaran bisnis yang berkembang dan seakan memenuhi kebutuhan para pengusaha. Setiap perusahaan pun tentu akan mencari cara terbaik untuk menarik pelanggan serta mempertahankannya, yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan mereka. Salah satunya adalah manfaat CRM bagi bisnis yang Anda jalankan.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai Customer Relationship Management (CRM), mulai dari pengertian, fungsi, manfaat dan komponen di dalamnya, simak artikel di bawah ini.

Manfaat CRM untuk bisnis

Pengertian Customer Relationship Management (CRM)

Di dalam bisnis ada istilah yang akan menggambarkan strategi pemasaran bisnis dalam mengelola hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Ini disebut Customer Relationship Management (CRM).

CRM adalah sebuah bentuk sistem yang mengelola hubungan antara dua pihak yaitu pihak perusahaan dengan pelanggan dalam bisnis. Sistem ini diharapkan bisa membantu memaksimalkan komunikasi dan juga pemasaran bisnis Anda. Perusahaan pun juga dapat mengenal pelanggan lebih jauh, sehingga hal ini pun bisa membantu perusahaan dalam meningkatkan penjualannya.

Baca Juga: 7 Orang Sukses Di Indonesia yang gak Lulus Sekolah

Dengan menerapkan CRM pada bisnis Anda, perusahaan pun bisa mengoptimalkan kebutuhan para pelanggan, dan bisa memberi solusi terbaik berdasar kebutuhan tersebut.

Apa saja bagian dari CRM dan manfaatnya untuk bisnis

Fungsi CRM

Customer Relationship Management atau CRM ini punya fungsi tertentu dalam bisnis Anda, seperti mengidentifikasi faktor penting untuk kebutuhan pelanggan, mengadopsi pengukuran berdasar sudut padang pelanggan, membangun proses pelayanan pada pelanggan dengan lebih maksimal, memberi dukungan pada pelanggan secara penuh, menangani keluhan dari pelanggan, dan juga membuat informasi terkait pusat pelayanan dan penjualan dari pelanggan.

Fungsi CRM

Komponen CRM

Dalam bahasa Indonesia, CRM berarti Manajemen Hubungan Pelanggan. Dalam CRM ada 3 komponen penting, yaitu:

Management

Komponen satu ini fokusnya adalah dalam sistem pengelolaan dan peningkatan hubungan dengan para pelanggan. Nantinya, ini akan berdampak pada kemajuan perusahaan dalam hal meningkatkan keunggulan dan lebih kompetitif.

Relationship

Perusahaan tentunya butuh komunikasi yang dilakukan dua arah. Dengan tujuan untuk memberi kepuasan pada pelanggan dalam jangka waktu yang lama.

Customer

Komponen yang terakhir adalah mereka yang akan, sedang dan pernah memakai jasa dari perusahaan, atau bisnis yang Anda jalani. Baik itu dalam hal saat melihat prosesnya, melakukan transaksi, ataupun melakukan perbaikan.

Manfaat CRM bagi Bisnis

Manfaat CRM Bagi Bisnis

Ada beberapa manfaat CRM bagi bisnis yang Anda jalani, yaitu:

1. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Dengan adanya CRM, ini akan memungkinkan perusahaan untuk bisa mendapat informasi dengan keseluruhan dari beragam sumber yang tentunya berkaitan langsung dengan pelanggan, seperti melalui call center, website, staf pemasaran dan juga pelayanan yang dilakaukan di lapangan.

2. Efisiensi kegiatan operasional

Saat proses penjualan dan juga pelayanan untuk pelanggan bisa dilakukan lebih mudah, maka ini bisa mengurangi risiko penurunan pelayanan dan juga beban dalam hal biaya operasional. Seperti contohnya adalah ketika perusahaan menggunakan call center dan website, maka Anda bisa mengurangi biaya, proses administratif ataupun birokrasi yang suatu saat bisa muncul.

3. Meninjau kinerja tenaga penjualan

Dengan penggunaan CRM atau Customer Relationship Management, perusahaan bisa lebih mudah untuk memonitor kinerja dari tim bagian penjualan. Anda pun bisa mengetahui status hal-hal yang ditangani para staf, tindakan yang mereka lakukan dan lainnya.

4. Memperkuat bisnis lewat kolaborasi tim

CRM akan memungkinkan bagian penjualan, pemasaran ataupun customer service untuk saling bekerjasama dan berkolaborasi mengelola data dalam satu sitem. Hal inilah yang akan membantu perusahaan Anda lebih berkembang.

5. Meningkatkan pendapatan perusahaan

Karena perusahaan punya pandangan yang menyeluruh mengenai prospek dan juga pelanggan, perusahaan pun jadi bisa melakukan up­­-selling dan cross-selling di waktu yang tepat, dengan tingkat keberhasilan yang tentunya lebih tinggi. Anda juga jadi bisa meningkatkan pendapatan perusahaan lewat peningkatan pelayanan dan juga kualitas dari produk yang Anda tawarkan sesuai kebutuhan dari pelanggan Anda.

Baca Juga: Begini Cara Membuat WhatsApp Bisnis dengan Fitur Menarik yang Dimilikinya

Untuk diketahui, sistem CRM ini bisa dengan mudah untuk disesuaikan dalam memenuhi kebutuhan spesifik dari bisnis Anda, seperti untuk meningkatkan penjualan, pemasaran dan juga mendukung pelanggan. Para UMKM, Business to Business (B2B), Business to Consumer (B2C) ataupun perusahaan berskala besar sekalipun tentu membutuhkan CRM ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *