Digital Marketing

Kenali Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan dan Strateginya

Semakin berkembangnya dunia digital, membuat segala aspek pun mau tidak mau mengikuti jaman dan menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi. Begitupun dalam hal bisnis. Perusahaan-perusahaan pun melebarkan usaha pemasarannya ke bagian digital. Hingga akhirnya muncul istilah digital marketing. Apa itu digital marketing? Fungsinya, kelebihannya, dan contoh strategi yang bisa diterapkan?

Apa Itu Digital Marketing?

Digital marketing, dalam dunia bisnis adalah suatu hal yang punya peran penting dalam kesuksesan bisnis tersebut. Digital marketing adalah salah satu metode pemasaran produk atau jasa, yang menggunakan media digital. Yang termasuk di dalamnya adalah media-media digital dan juga internet.

Tujuan digital marketing yaitu agar dapat menarik konsumen ataupun calon konsumen secara luas dan tentunya lebih cepat. Ini karena, akan lebih banyak orang yang terjangkau karena pemasaran jadi tidak terkendala waktu ataupun jarak.

Baca Juga: 11 Alasan Pentingnya Jasa Digital Marketing untuk Kembangkan Bisnis Masa Kini

Kelebihan Digital Marketing

Digital marketing jadi teknik pemasaran yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis, karena ada banyak manfaat dan kelebihan yang diperoleh, yaitu:

Penyebarannya cepat

Strategi marketing yang dilakukan dengan mengandalkan media digital dan internet ini tentu akan lebih cepat penyebarannya. Bahkan hasil yang didapatpun bisa diukur secara realtime dan tepat.

Mudah dalam evaluasi

Informasi atau data penting yang dibutuhkan perusahaan dalam hal riset ataupun evaluasi dapat diketahui secara langsung, seperti berapa banyak orang yang melihat produk Anda, dan juga seberapa besar penjualan yang terjadi dari iklan yang telah dibuat. Anda pun lebih mudah mengetahui data-data tentang target konsumen Anda, apakah sesuai atau tidak.

Jangkauan lebih luas

Karena tidak terkendala jarak, sehingga dengan menggunakan digital marketing, jangkauan pun jadi lebih luas. Sekalipun calon konsumen atau konsumen tetap bisnis Anda berada jauh di luar kota.

Membangun brand awareness

Bukan hanya akan membantu meningkatkan penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Tapi dengan digital marketing, Anda dapat membangun identitas brand Anda di mata konsumen tetap ataupun calon konsumen.

Baca Juga: Mengenal Funnel Digital Marketing dan Tahapnya dalam Memaksimalkan Keuntungan Bisnis

Strategi Digital Marketing

Ada beberapa contoh digital marketing yang bisa Anda terapkan untuk meraih tujuan bisnis Anda, yang pastinya salah satunya adalah meningkatkan penjualan.

1. Content Marketing

Merencanakan, membuat dan juga membagikan konten informatif, menarik, berkualitas dan original, yang berkaitan dengan bisnis atau perusahaan Anda, akan membuat calon konsumen lebih tertarik mengetahui tentang bisnis, serta tertarik pula untuk membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan. Biasanya, content marketing ini dibuat dalam bentuk konten di media sosial, artikel blog, e-book, ataupun brosur online.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Ini merupakan salah satu strategi digital marketing yang dilakukan dengan mengoptimasi website, agar bisa meraih peringkat teratas dalam hasil mesin pencarian. Untuk mendapatkan tujuan tersebut, Anda pun harus memahami apa saja yang harus dilakukan, salah satunya adalah dengan memasukkan keyword pencarian yang banyak dicari orang, dalam unggahan di website Anda.

3. Pay-Per-Click (PPC)

Pay-Per-Click adalah cara mengarahkan traffic ke website yang Anda miliki, dengan bayaran di setiap kliknya. Seperti misalnya pada Google AdWords, Anda akan membayar untuk mendapat slot teratas saat pencarian di Google, dan kemudian dikenakan biaya untuk setiap kliknya.

4. Iklan Media Digital

Iklan-iklan yang perusahaan Anda buat di televisi ataupun radio, juga termasuk dalam bagian digital marketing. Ini karena Anda memanfaatkan media digital sebagai sarana pemasaran produk atau jasa Anda.

5. SMS Marketing

Walaupun terbilang jenis pemasaran yang kuno, namun masih banyak yang melakukan hal ini. Pemasang iklan di SMS ini dapat memilih target penerima SMS, berdasar segmentasi tertentu, seperti usia, lokasi domisili, besarnya penghasilan dan lainnya.

6. E-mail Marketing

Seperti halnya SMS Marketing, namun E-mail Marketing ini menggunakan e-mail sebagai sarana promosinya. Isi e-mail yang dibagikan pun bisa beragam, seperti mengenalkan profil perusahaan, mengenalkan produk ataupun jasa yang dijual, dan lainnya.

Baca Juga: Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Karena digital marketing ini termasuk hal yang penting dalam kesuksesan bisnis, maka dari itu, hal-hal di atas seharusnya dimengerti oleh para pelaku usaha dan juga orang yang berkecimpung dalam dunia marketing, agar tujuan bisnis pun dapat tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *