Strategi pemasaran yang dapat sukses adalah tujuan yang ingin didapat dari setiap bisnis. Tanpa sebuah strategi marketing akan sedikit kemungkinan kalau bisnis Anda bisa dikenal bahkan mendapat pelanggan. Nah, di jaman yang semakin berkembang ini, salah satu strategi yang umumnya dilakukan adalah dengan content marketing bisnis.
Content marketing, saat ini menjadi salah satu bentuk marketing yang banyak dilakukan pelaku bisnis. Ini merupakan bagian dari digital marketing yang saat ini umum dilakukan untuk mencapai tujuan pemasaran dari bisnis Anda. Nah, ada beberapa hal tentang content marketing bisnis yang wajib diketahui oleh para pelaku bisnis. Di bawah ini, kami akan menjabarkan mengenai hal tersebut.
Apa Itu Content Marketing?
Content Marketing adalah strategi marketing atau pemasaran yang merencanakan, membuat dan juga mendistribusikan konten relevan, penting, menarik, berkualitas, konsisten dan melibatkan target konsumen dalam bisnis Anda. Tujuan akhir dari strategi ini adalah pastinya untuk menghasilkan keuntungan untuk bisnis.
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, konten yang dibuat haruslah memenuhi syarat yang sudah disebutkan, yaitu penting, relevan dengan bisnis yang Anda geluti dan juga konsisten. Anda tidak bisa sembarangan membuat konten.
Pertama, konten yang dibuat harus relevan dengan bisnis yang Anda jalani. Namun relevan bukan hanya satu-satunya syarat, karena konten Anda juga harus penting bagi target audiens Anda. Anda harus memastikan apakah target audiens butuh dan tertarik membaca konten tersebut. Dan yang terakhir adalah konten harus konsisten. Diperlukan banyak konten untuk Anda bisa melihat hasil dari strategi content marketing ini.
Selain itu, strategi content marketing juga harus dipastikan dapat mencapai tujuan bisnis Anda. Jadi, konten yang dibuat bukan hanya untuk menghibur, namun konten juga harus dipastikan dapat menarik audiens untuk menjadi pelanggan yaitu dengan membeli produk atau jasa yang Anda jual.
Baca Juga: Kenali Apa Itu Digital Marketing, Kelebihan dan Strateginya
Bentuk Content Marketing Untuk Bisnis
Ada beberapa contoh content marketing yang umumnya digunakan oleh para marketer untuk melakukan pemasaran:
Media sosial
Walaupun sebenarnya social media marketing punya bagian tersendiri dalam strategi digital marketing, namun bisa dibilang media sosial juga bisa masuk dalam cakupan content marketing. Karena Anda akan membuat konten di media sosial bisnis Anda untuk menarik audiens untuk menjadi pelanggan.
Blog
Blog adalah salah satu bentuk paling penting dari content marketing. Di Blog ini, Anda bisa menuangkan seluruh ide dan juga informasi lengkap pada satu artikel. Konten blog tersebut juga adalah investasi jangka panjang, yang ketahanannya terbilang paling tinggi dibanding jenis konten lain.
E-book
e-book ini bisa Anda manfaat bila dirasa Anda butuh media yang lebih panjang dibandingkan membuat artikel di blog. Selain itu, dengan e-book, Anda bisa membuat syarat-syarat tertentu untuk orang yang ingin mengunduh e-book tersebut, seperti harus memasukkan email mereka.
Video
Konten video juga jadi salah satu bentuk content marketing yang bisa Anda maksimalkan untuk menjadi bagian dari strategi pemasaran bisnis Anda. Dengan video ini, Anda bisa membuat pengunjung menghabiskan wkatu lebih lama di website Anda. Karena semakin lama waktu yang pengunjung habiskan di website, akan membuat rangking website Anda jadi lebih bagus di Google.
Email punya nilai efektivitas yang terbilang tinggi, bahkan 40 kali lipat lebih efektif, dibandingkan Facebook ataupun Twitter. Konten yang bisa dibuat pun dapat beragam, antara lain email promosi, newsletter, pengingat shopping chart, ataupun untuk promosi e-book.
Pentingnya Content Marketing Untuk Bisnis
Berikut adalah beberapa alasan kenapa content marketing ini adalah suatu hal yang penting bagi bisnis Anda:
1. Membangun dan meningkatkan brand awareness
Konten-konten yang Anda buat dan bagikan di berbagai platform, yang nantinya akan dilihat oleh audiens akan membuat nama dan identitas brand Anda jadi lebih dikenal. Semakin menarik, relevan, dan penting konten Anda menyasar audiens, maka bukan tidak mungkin cepat atau lambat mereka akan menjadi pelanggan dan membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.
2. Sebagai investasi jangka panjang
Content marketing ini jadi salah satu strategi yang bisa jadi investasi jangka panjang bagi bisnis atau perusahaan Anda. Berbeda dengan ads, yang waktunya terbilang singkat, namun content marketing ini bisa bertahan bertahun-tahun, selama konten tersebut masih relevan. Atau Anda juga bisa meng-update konten dan menyesuaikannya dengan tren yang ada.
3. Meningkatkan traffic
Membuat konten yang menarik akan menarik banyak audiens untuk berkunjung ke website Anda. Di sana, audiens juga bisa mendapatkan informasi detail mengenai produk atau jasa yang Anda jual.
4. Memperbaiki SEO (Search Engine Optimization)
Membuat dan membagikan konten seperti artikel akan membuat kualitas SEO website bisnis Anda bisa meningkat. Anda harus memerhatikan penggunakan keyword agar tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit, perhatikan penggunakan meta title atau description, pilih gambar yang sesuai, dan juga yang menarik untuk audiens Anda.
5. Konversi pelanggan
Selain mendatangkan traffic, konten yang Anda buat juga akan mengonversi pengunjung menjadi pelanggan bagi bisnis Anda.
6. Mendapat kepercayaan pelanggan
Rasa percaya pelanggan tidak akan datang begitu saja. Ini harus dibangun, salah satunya dengan menggunakan content marketing ini. Mereka umumnya akan melakukan riset dan mencari tau terlebih dulu sebelum akhirnya memutuskan membeli produk atau jasa. Nah, dengan content marketing ini, Anda bisa meyakinkan calon pelanggan Anda untuk membeli.
Baca Juga: Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing
Faktor yang Diperhatikan Sebelum Membuat Content Marketing
Sebelum membuat dan menjalankan strategi content marketing, ada baiknya Anda memerhatikan hal-hal berikut ini, yaitu:
Target audiens
Anda harus tau terlebih dulu siapa target audiens dari bisnis Anda yang ingin Anda jangkau. Tentunya, orang yang akan Anda temukan ada banyak ragamnya, mulai dari perbedaan usia, jenis kelamin, domisili dan lainnya. Bila Anda sudah menentukan target audiens Anda, Anda dapat membuat konten yang dirasa sesuai untuk target audiens tersebut. Anda juga bisa membuat beragam jenis konten yang akan menjangkau lebih banyak pembaca.
Keunikan produk atau jasa yang Anda tawarkan
Dalam bisnis, akan ada kompetitor dari bisnis Anda, di mana mereka juga memiliki produk atau jasa yang serupa dengan yang Anda tawarkan. Nah, untuk menggaet lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda, pastikan Anda menawarkan sesuatu yang berbeda, unik, dan dibutuhkan audiens.
Perhatikan masalah yang dihadapi target audiens
Secara idealnya, produk atau jasa yang Anda jual merupakan solusi dari masalah yang dimiliki target audiens. Begitupun dengan konten yang Anda buat. Buatlah konten yang mengedukasi, memberi informasi bagi audiens, yang membantu mereka ‘mengatasi’ masalah yang mereka hadapi.
Baca Juga: Tips Membangun Brand Awareness dan Manfaatnya Untuk Bisnis
Content Marketing Bisnis ini bukan hanya sekedar strategi yang bisa Anda pilih gunakan atau tidak digunakan. Namun, ini adalah strategi yang memang seharusnya Anda pakai, demi tercapainya tujuan bisnis Anda. Apalagi, semakin berkembangnya teknologi, sebenarnya memudahkan para pelaku bisnis untuk melakukan pemasaran yang lebih luas. Itulah mengapa, Anda sebagai pelaku bisnis, harus mengetahui hal-hal penting tentang content marketing ini, agar dapat menerapkannya dengan tepat.