Sosial Media

5 Fitur Instagram yang Dapat Maksimalkan Marketing Bisnis Anda!

Source: https://www.heroldmedien.de/
Fitur Instagram

Kepopuleran Instagram sebagai platform media sosial, memunculkan kesempatan bagi para pemilik usaha atau pebisnis untuk memperluas jangkauan marketing mereka lewat Instagram. Fitur Instagram pun banyak sekali yang dapat dimanfaatkan sebagai strategi digital marketing. Sehingga mampu membantu mengenalkan bisnis Anda ataupun meningkatkan jumlah penjualan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang dapat Anda maksimalkan penggunaannya, untuk marketing bisnis Anda:

1. Instagram Shopping

fitur Instagram Shopping

Membuat toko di Instagram dengan Instagram Shopping adalah salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenalkan produk yang Anda jual. Instagram Shopping sendiri adalah fitur yang memungkinkan pemilik usaha untuk membuat katalog produk bisnis mereka, sehingga pelanggan pun dapat membeli secara langsung lewat postingan di Instagram bisnis Anda.

Dengan Instagram Shopping ini, Anda dapat memberikan tag pada postingan Anda di Instagram, yang berisikan nama produk dan harga. Anda pun dapat memberikan deskripsi tentang produk serta link website tempat pembelian produk. Dengan fitur ini, pelanggan dapat mudah mengenali produk yang Anda jual, dan setelah menentukan yang ingin mereka beli, mereka dapat melanjutkan ke laman pembelian yang juga sudah tersedia.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Bisnis dengan Membuat Toko di Instagram. Begini Caranya!

2. Instagram Story

fitur instagram story

Fitur ini bisa dibilang salah satu yang paling sering digunakan untuk memasarkan produk. Cukup membuat stories yang menarik, yang akan menggugah rasa penasaran dan antusias dari pelanggan Anda tentang produk yang akan Anda jual.

Gunakan pula fitur pendukung lain seperti sticker, polling ataupun ask me questions, untuk meningkatkan engagement antara Anda dengan para followers atau pelanggan Anda.

Bukan hanya itu saja, stories pun dapat Anda gunakan sebagai alat untuk mengetahui keinginan ataupun minat dari pelanggan Anda. Dengan begini, Anda dapat menghasilkan produk yang bisa diterima oleh banyak orang, dan membuat bisnis Anda pun lebih dikenal dan semakin berkembang.

3. Instagram Live

fitur Instagram live

Sekarang ini, banyak sekali para pemilik bisnis atau brand yang memanfaatkan fitur Instagram Live ini untuk mengenalkan dan memasarkan produk mereka.

Lewat Instagram Live ini, Anda dapat me-review produk yang Anda jual secara detail, di mana pelanggan Anda pun bisa memberikan pertanyaan secara langsung. Ataupun Anda juga dapat mengisi Live dengan sharing hal-hal menarik atau yang sedang tren bersama narasumber. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda juga dapat memberikan hadiah untuk beberapa penonton Instagram Live tersebut.

Yang mana ini dilakukan agar awareness pada brand atau bisnis Anda menjadi semakin tinggi dan akhirnya akan ada lebih banyak calon pelanggan yang melakukan pembelian.

4. Instagram Reels

fitur Instagram Reels

Instagram Reels ini pun termasuk salah satu fitur Instagram yang sedang tren untuk dijadikan media untuk marketing bisnis ataupun meningkatkan engagement rate pada akun bisnis Anda. Anda dapat merekam video pendek berdurasi hingga 90 detik untuk mempromosikan produk Anda, membuat konten edukasi, give away, dan lainnya.

Biasanya, Reels inipun seringkali dimanfaatkan para konten kreator yang bekerjasama dengan suatu brand atau bisnis dalam mempromosikan produk tersebut, yang mana ini jadi salah satu strategi digital marketing yang terbilang ampuh untuk mengenalkan bisnis ataupun meningkatkan jumlah penjualan.

Selain itu, sekarang ini Reels pun memiliki fitur Insight, yang mana Anda dapat melihat efektivitas konten yang Anda buat, seperti jumlah likes, comments, shares, saves, plays dan juga jumlah reach. Dengan begitu Anda dapat mengevaluasi konten seperti apa yang punya daya tarik tinggi, dan mana yang tidak.

Baca Juga: Panduan Lengkap Cara Membuat Akun Bisnis Instagram

5. Instagram Ads

Membicarakan soal fitur yang dapat digunakan dalam digital marketing, tentu saja tidak boleh melupakan fitur Instagram Ads.

Dengan fitur ini akan memungkinkan terjadinya jangkauan audiens yang lebih luas, di mana Anda dapat menargetkan audiens berdasar usia, minat, demografi, hingga kebiasaan mereka.

Bahkan sekarang ini Instagram pun dapat menjadikan sebuah postingan organik menjadi postingan iklan, lho. Di mana ini semakin memudahkan para pemilik bisnis untuk dapat mempromosikan bisnis mereka.

Itulah beberapa fitur Instagram yang dapat Anda maksimalkan penggunaannya untuk membantu strategi marketing bisnis Anda. Dengan penerapan strategi yang tepat, tentunya akan membantu bisnis Anda jadi lebih banyak dikenal, meningkatkan kredibilitas dan hingga akhirnya juga meningkatkan penjualan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *