Faktanya, tahukah Anda bahwa keterlibatan pengguna Instagram dengan brand 84 kali lebih tinggi di Instagram daripada Twitter? Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif, kamu akan menemukan bahwa platform ini sangat bagus dalam menciptakan keterlibatan dengan audiens target bisnis kamu, tak terkecuali bisnis makanan.
Kamu akan menyadari bahwa Instagram tidak hanya membantu meningkatkan interaksi brand kamu dengan audiens, tetapi kamu juga berkesempatan untuk menarik beberapa pelanggan potensial. Nah, untuk membantu agar Instagram bisnis makanan kamu lebih menarik, berikut ini beberapa ide konten Instagram makanan yang bisa kamu gunakan:
Deretan Ide Konten Makanan
1. Posting Menu Hidangan
Sebagai pebisnis yang berkecimpung di industri kuliner, sudah pasti konten utama yang perlu diposting adalah menu hidangan, baik itu dalam bentuk foto atau video. Pamerkan signature dish kamu di feed maupun story Instagram untuk menarik pelanggan.
Baik itu dalam rangka launching menu baru atau menyoroti menu lama yang populer, tidak ada yang lebih menggoda pelanggan selain gambar atau video hidangan yang bagus dan menggugah selera. Kabar baiknya, kamu tidak memerlukan kamera profesional kok untuk mengambil gambar makanan yang berkualitas.
Baca Juga: Kumpulan Ide Konten Instagram Edukasi yang Informatif untuk Para Followers!
Kamu bisa manfaatkan kamera smartphone kamu dan teknik pengambilan gambar yang tepat untuk menghasilkan foto yang terlihat profesional dan berkualitas tinggi untuk Instagram. Berikut adalah beberapa praktik terbaik yang perlu dipertimbangkan saat memotret hidangan sebagai ide konten Instagram makanan kamu:
- Gunakan pencahayaan alami.
- Hindari menggunakan flash.
- Gunakan background yang bersih dan rapi.
- Bereksperimenlah dengan berbagai angle seperti flat lay, side shot, dan close-up.
- Perhatikan setting kameranya.
- Gunakan aplikasi pengeditan seperti Canva atau Adobe Spark untuk memperbaiki gambar.
2. Ide Konten Tutorial Memasak
Tahukah kamu bahwa tutorial cara adalah bentuk konten video Instagram yang paling populer? Kamu bisa manfaatkan ini untuk membagikan tutorial memasak cepat, tipa, dan hacks dengan pengikut kamu.
Misalnya jika bisnis kuliner kamu menyajikan niche makanan dessert, kamu bisa menyajikan konten tutorial memasak yang sederhana seperti teknik menguleni, tips memanggang, atau menghias dessert. Selain menarik, ide konten ini juga akan menunjukkan betapa profesionalnya kamu dalam menjalankan bisnis makanan kamu.
3. Konten Behind The Scene
Ide konten Instagram lain yang memanusiakan brand makanan adalah memposting konten behind the scene. Pasalnya, kebanyakan orang biasanya tertarik untuk melihat cerita atau hal-hal lain yang yang membuat bisnis kuliner kamu jadi seperti sekarang ini.
Kamu bisa membuat Instagram stories, boomerang, atau reels untuk memberitahu followers kamu gambaran sekilas tentang dapur kamu, rutinitas kebersihan yang kamu lakukan, atau bahkan untuk menyajikan kiat memasak yang menarik.
4. Adakan Kontes atau Giveaway
Mengadakan kontes dan giveaway adalah cara yang bagus untuk meningkatkan engagement dan menambah jumlah follower kamu. Yang penting adalah menjaga agar kontes tetap sederhana dan mengomunikasikan aturan dengan jelas kepada follower.
Pastikan aturan dibuat mudah untuk berpartisipasi dan tidak berlangsung terlalu lama karena orang mungkin kehilangan minat. Kamu bisa pertimbangkan ide hadiah seperti makanan gratis, kartu voucher, minuman gratis, atau hampers makanan.
Oh iya, jangan lupa buat tagar untuk kontes atau giveaway yang kamu adakan sehingga lebih mudah untuk melacak hasil, memperkuat jangkauan, dan meningkatkan peluang kamu untuk menjadi viral.
Baca Juga: 7 Ide Konten Instagram Bisnis untuk Meningkatkan Viewers
5. Bagikan Testimoni Positif
Sebagian konsumen pasti akan mempertimbangkan ulasan dari pelanggan lain sebelum membeli produk makanan. Dan salah satu sumber untuk mendapatkan informasi tentang ulasan tersebut adalah dari Instagram.
Maka dari itu, coba pertimbangkan untuk memperkuat ulasan para pelanggan sebelumnya sehingga orang-orang yang bahkan belum follow akun kamu bisa melihatnya. Susun ulasan dari review website dan platform pihak ketiga seperti Google My Business, TripAdvisor, Zomato, MANGAN, atau Foodierate.
Kamu bisa membuat template untuk menghemat waktu. Dengan begitu, setiap kali kamu ingin membagikan ulasan positif, kamu cukup meletakkannya di template.
Nah, itulah beberapa ide konten Instagram makanan yang paling banyak diminati dan pastinya bisa kamu terapkan dalam bisnis kuliner kamu. Ide-ide di atas bisa kamu kembangkan lagi jadi lebih unik dan kreatif, asalkan tetap sesuai dengan target pasar kamu, ya.