Sosial Media

8 Cara Promosi Di Instagram Secara Gratis Ataupun Berbayar

Source: Theindianware.com
Cara promosi di Instagram

Media sosial, khususnya Instagram, saat ini sedang menjadi salah satu lahan marketing yang paling menjanjikan. Bagi Anda yang memiliki bisnis, mempromosikan produk atau jasa yang Anda jual di Instagram, dapat membantu meningkatkan penjualan. Tapi bagaimanakah cara promosi di Instagram agar tujuan tersebut tercapai?

Instagram jadi salah satu platform yang terbukti efektif membuat besar sebuah brand dan tentunya meningkatkan penjualan mereka. Instagram dianggap punya jenis konten visual yang lebih menarik bagi audiens, sehingga hal ini membuat tingkat engagement pun lebih tinggi dibandingkan media sosial lainnya.

Selain itu, di tahun 2018 lalu, Instagram memiliki pengguna aktif hingga 1 milyar lebih. Bayangkan, berapa jumlah pengguna yang bertambah setiap tahunnya. Bisa dikatakan, Instagram ini merupakan salah satu media sosial terpopuler di seluruh dunia. Bahkan di tahun 2020, 75,3% bisnis di Amerika Serikat sudah memanfaatkan Instagram, dengan pengunjung Instagram Bisnis mereka sebanyak 200 juta pengguna setiap harinya.

Itulah kenapa, melakukan promosi di Instagram dianggap lebih efektif untuk mencapai tujuan, yaitu meningkatkan penjualan. Berikut ini adalah cara promosi di Instagram yang bisa Anda lakukan.

Cara Promosi di Instagram

1. Menggunakan akun bisnis

Cara Promosi di Instagram dengan membuat akun bisnis

Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah beralih dari akun personal ke akun bisnis. Akun bisnis yang dimiliki Instagram tentu lebih memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan Anda melakukan promosi dan juga mengembangkan bisnis Anda. Bila sebelumnya Anda sudah memiliki akun personal untuk bisnis Anda, Anda bisa melakukan peralihan akun ke akun bisnis dengan cara mengaturnya di menu Setting – Account – Switch to Business Account.

2. Melangkapi BIO Instagram

Melengkapi Bio Instagram dengan Baik

Mungkin bagi sebagian orang ini adalah hal yang sepele, dan tidak penting, Namun ternyata, cara satu ini bisa membangkitkan kepercayaan pelanggan atau pengguna Instagram pada bisnis Anda, lho. Pastikan Anda mengisi BIO Instagram Anda dengan lengkap dan jelas.

Ada beberapa cara agar Anda dapat membuat BIO Instagram terlihat lebih terpercaya yaitu dengan memakai username berupa nama brand Anda yang singkat, jelas, mudah diingat dan mudah dicari, menambahkan kata kunci, menggunakan profile picture terbaik seperti logo dari brand Anda, memberi deskripsi singkat mengenai bisnis ataupun produk/jasa yang Anda jual di bagian BIO, memasukkan kontak bisnis Anda, memasukkan kalimat call to action, dan juga memasukkan link website bila Anda memilikinya. Dengan begitu, calon pelanggan atau dalam hal ini pengguna Instagram pun akan lebih merasa ‘percaya’ pada bisnis Anda miliki.

3. Tentukan ciri khas feed Instagram

Tetapkan ciri khas di Instagram untuk promosi

Walaupun akun Instagram bisnis Anda berisikan beragam konten, seperti tips, games, promo dan lainnya, namun sebaiknya Anda memiliki ciri khas tersendiri di desain feed Instagram yang Anda miliki.

Konsistensi desain ciri khas inilah yang jadi kunci akun bisnis Anda jadi lebih menarik. Setelah mereka tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan mem-follow akun Anda, dan pada akhirnya melakukan pembelian produk atau jasa yang Anda jual.

Jangan lupa juga untuk memerhatikan warna, foto, pola dan juga waktu unggahan yang harus dilakukan secara konsisten. Pilihan warna atau tone untuk feeds Instagram bisa disesuaikan dengan ciri khas brand Anda.

4. Membuat konten yang menarik

Bikin konten menarik

Setelah menentukan ciri khas desain untuk feeds Instagram bisnis Anda, kemudian Anda juga harus memerhatikan pemilihan konten yang akan diunggah di Instagram Anda. Buatlah konten yang menarik secara visual ataupun secara isi informasinya. Pilih tema bahasan yang relevan dengan para target pasar Anda. Pertama-tama, ini dilakukan untuk meningkatkan engagement akun brand Anda dengan para audiens. Bila mereka sudah merasa ter-engage, bukan tidak mungkin mereka akan melakukan transaksi pembelian.

Selain itu, karena Instagram merupakan platform berbagi foto dan video, pastikan Anda membuat konten dengan foto dan video yang menarik. Pilih foto atau video yang dapat menggambarkan produk atau bisnis Anda, dan dukung dengan penulisan caption yang menarik juga.

Kemudian, posting konten secara konsisten agar akun atau konten Anda mudah dilihat followers. Ini akan menarik interaksi antar keduanya, dan diharapkan interaksi ini bisa terkonversi menjadi pembelian dari followers. Selain itu, dengan konsisten mengunggah konten, akan membuat brand Anda lebih dikenal banyak orang.

5. Menambahkan hashtag

Jangan melupakan hashtag saat melakukan cara-cara promosi di Instagram

Bila followers yang Anda miliki belum banyak, Anda dapat memanfaatkan penggunaan hashtag di Instagram. Namun pastikan hashtag yang digunakan sesuai dengan konten yang Anda unggah, agar tidak dinilai Instagram sebagai postingan yang melanggar.

Dengan penggunaan hashtag ini, pelanggan ataupun calon pelanggan bisa lebih mudah menemukan produk atau akun Instagram Anda dengan menggunakan fitur pencarian.

6. Memanfaatkan fitur InstaStory

Gunakan Instastory untuk membuat video singkat

Instagram punya banyak fitur menarik yang ternyata juga dapat membantu Anda melakukan promosi bisnis Anda. Cara promosi di Instagram Story yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan mem-posting konten promosi bisnis Anda, Anda juga dapat tag akun-akun yang bisa me-repost postingan tersebut, lalu post menjadi story.

InstaStory pada Instagram hanya akan bertahan selama 24 jam. Bila promosi yang Anda bagikan di story masih berlaku untuk beberapa waktu ke depan, ataupun konten yang Anda bagikan tersebut penting maka Anda bisa memasukkannya di Highlight, sehingga bisa kembali dilihat oleh pengunjung Instagram Anda.

7. Cara promosi di Instagram gratis

Cara promosi di Instagram dengan gratis

Yes, Anda bisa melakukan promosi di Instagram secara gratis melalui penawaran dari perusahaan digital. Ada banyak perusahaan digital yang menyediakan program seperti ini. Umumnya mereka hanya memberi syarat yang harus Anda ikuti, seperti mengikuti atau mention akun Instagram mereka. Lalu, Anda akan diminta mengirimkan informasi menarik seputar bisnis atau konten yang Anda miliki.

8. Cara promosi di Instagram melalui iklan

Gunakan Iklan

Anda dapat mencoba cara promosi di Instagram Ads, yang merupakan layanan iklan berbayar. Yang Anda butuhkan pertama kali adalah membuat akun Facebook bisnis Anda. Setelah itu, Anda bisa membuat iklan promosi brand Anda melalui aplikasi Instagram, Facebook Ads Manager, Facebook Power Editor, Facebook’s Marketing API ataupun Instagram Partners.

Bila Anda ingin yang sederhana, Anda bisa memilih Facebook Ads Manager. Pertama, Anda dapat menentukan tujuan dari campaign yang akan Anda buat, misalnya meningkatkan brand awareness, local awareness, reach, traffic, engagement, product catalog sales, dan lainnya. Agar Facebook bisa menentukan format iklan Anda, bidding options, dan juga auto-optimization agar dapat menyesuaikan dengan tujuan Anda.

Kemudian, Anda harus membuat judul untuk campaign tersebut, atur target audiensnya, atur penempatan iklan bisa di Facebook News Feed, sebelah kanan halaman Facebook, Instagram, Audience Network, Instant Articles ataupun In-Stream Video. Lalu tentukan biaya serta bidding iklan Instagram, pilih format Instagram Ads bisa berupa single image ads, Instagram carousel ads, Instagram video ads, Instagram story ads dan lainnya. Setelah itu isi detail iklan, seperti headline, teks, dan juga tombol call to action. Anda bisa melihat bagaimana Instagram Ads nantinya akan muncul dengan menekan Ad Preview Tool. Lalu klik place order untuk mengirim iklan Anda untuk di-review dan dipublikasi Instagram.

Anda dapat memilih cara promosi di Instagram sesuai dengan tujuan yang ingin Anda dapat. Namun Anda bisa melakukan seluruh langkah di atas untuk memaksimalkan usaha Anda untuk mempromosikan brand atau bisnis Anda, sehingga akhirnya penjualan pun akan meningkat.

Mau promosi di Instagram tapi tidak memiliki tim? Jangan khawatir, Buzzup.id akan membantu Anda dalam membuatkan strategi promosi Instagram dan sosial media lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *