SEO

5 Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google Sebagai Alternatif Terbaik

Source: Pexels.com
Rekomendasi Mesin Pencari selain Google

Tidak bisa dipungkiri bahwa Google telah menjadi mesin pencari paling dominan bagi pengguna internet di sebagian besar dunia. Melansir dari semrush.com, studi terbaru menunjukkan bahwa Google memiliki 92.2% pangsa pasar untuk pencarian desktop dan seluler di Indonesia. 

Google juga jadi mesin pencari utama bagi sebagian besar profesional SEO dan marketing. Dengan pangsa pasar melebihi angka 90%, membuat Google menjadi mesin pencari yang unggul dalam memberikan hasil pencarian yang lebih baik dari search engine manapun. 

Rekomendasi Mesin Pencari Selain Google

Namun jika kamu ingin mencari mesin pencari alternatif selain Google, inilah 7 rekomendasi terbaiknya untuk kamu.

1. Bing

Mesin Pencari Bing
Sumber: Google Play

 

Tidak dapat disangkal bahwa Bing merupakan mesin pencari selain Google yang terbaik dalam hal jumlah pengguna yang terlibat dengan platform tersebut. Di Indonesia sendiri, Bing memiliki pangsa pasar mencapai 0,52%. Apalagi mesin pencari ini menawarkan fitur-fitur yang sama pentingnya dengan Google.

Misalnya menerjemahkan, cuplikan kaya, kalkulator konversi, grafik pengetahuan untuk hotel dan penerbangan, dan lainnya. Selain itu, ada juga fitur yang lebih canggih yang kerap dianggap remeh. Bing menawarkan pendekatan yang jauh lebih visual untuk browsing

Berandanya didominasi oleh citra dan video dan menyediakan fitur-fitur canggih seperti prediksi pembelajaran mesin untuk hal-hal seperti skor olahraga dan pemilihan. Menariknya lagi, pencarian gambarnya jauh lebih maju daripada Google karena memiliki object-detection intelligence dalam fungsi pencarian gambar.

Baca Juga: Tips Memaksimalkan Google Trend Untuk Kebutuhan Bisnis

Kamu juga dapat menyimpan penelusuran sebagai ‘koleksi’, sehingga lebih mudah untuk kembali ke penelusuran tersebut di lain waktu. Karena fitur-fitur inilah tak heran jika Bing menjadi mesin pencari terpopuler dalam hal pencarian gambar, selain Google.

2. DuckDuckGo

Duckduckgo
Sumber: DuckDuckGo

DuckDuckGo dianggap sebagai salah satu mesin pencari terbaik untuk penjelajahan pribadi, dan karena alasan inilah DuckDuckGo mengalami peningkatan pangsa pasar dalam beberapa tahun terakhir. Antarmuka mesin pencari ini cukup bersih karena sedikit iklan, sehingga pengalaman pengguna pun jadi lebih efisien.

Dan salah satu fitur yang perlu diperhatikan yang ada di DuckDuckGo adalah pencarian ‘Bang’. Artinya kamu bisa menggunakan fungsi ini jika ingin mencari di platform lain seperti Wikipedia, eBay, Amazon, dan lain-lain. Jadi, kamu cukup klik ‘bang’, kemudian kamu akan diarahkan menuju situs pilihan Anda.

3. Ecosia

Mesin Pencari Ecosia
Sumber: Ecosia

Meskipun hanya memiliki 0,01% pangsa pasar pencarian Indonesia, Ecosia adalah mesin pencari yang popularitasnya berkembang pesat. Fokus Ecosia sebagai bisnis adalah untuk mendorong perubahan lingkungan yang positif dan menggunakan pendapatan perusahaan untuk menanam pohon di seluruh dunia.

Bing memperkuat hasil pencarian di Ecosia, jadi kamu tetap akan mendapatkan pengalaman pencarian yang menakjubkan seperti Bing. Ecosia juga membanggakan privasinya, dan pengguna dapat mematikan pelacakan hingga memastikan penggunanya mendapatkan pengalaman penelusuran yang lebih pribadi.

Makin populernya mesin pencari ini, Ecosia sekarang telah memiliki lebih dari 15 juta pengguna aktif. Yang artinya Ecosia telah membantu menanam lebih dari 100 juta pohon dengan menggunakan mesin pencari. 

Jadi, jika kamu mencari platform yang mampu melindungi data kamu sambil memberikan kebaikan kepada lingkungan, pastikan kamu menggunakan Ecosia.

4. OneSearch

Onesearch
Sumber: Indonesia OneSearch

Mesin pencari ini merupakan keluaran teknologi search engine baru dari Verizon. Sebagai mesin pencari selain Google yang recommended, OneSearch memiliki enam fitur inti yang berfokus pada privasi yang telah dibangun untuk mesin pencarinya. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Tidak ada cookies
  • Tidak ada pelacakan pengguna
  • Tidak ada riwayat pencarian
  • Hasil murni tanpa filter
  • Mudah dalam membagikan tautan
  • Enkripsi kata kunci

5. Startpage.com

Mesin pencari seain google - startpage.com
Sumber: Startpage.com

Mesin pencari yang satu ini berani mengklaim dirinya sebagai mesin pencari paling privasi di dunia. Klaim ini didukung oleh kebijakan ‘no-logs”, yang berarti bahwa mesin pencari ini tidak mengetahui siapa penggunanya serta tidak menyimpan IP address pencari atau menyimpan cookie pelacakan.

Baca Juga: Kupas Tuntas Cara Google Crawling dalam SEO

Jadi, jika kamu ingin mencari hasil yang relevan dengan mengutamakan privasi, Startpage.com adalah pilihan mesin pencari selain Google yang tepat buat kamu.

Nah, itulah beberapa rekomendasi mesin pencari Google sebagai alternatif search engine terbaik yang bisa kamu gunakan, terutama untuk upaya SEO dan pemasaran.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *